Courtesy of Reuters
Amazon baru-baru ini memutuskan untuk meningkatkan iklan di platform media sosial X, yang dimiliki oleh Elon Musk. Sebelumnya, Amazon menarik banyak iklan dari platform tersebut karena kekhawatiran tentang ujaran kebencian. Pada tahun 2023, Apple juga menghentikan semua iklannya di X, tetapi kini sedang mempertimbangkan untuk kembali beriklan. Banyak perusahaan iklan dan media lainnya juga menghentikan iklan mereka setelah Musk mendukung sebuah postingan yang dianggap antisemitik.
Sejak Musk membeli X (yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter) pada Oktober 2022, pendapatan iklan bulanan di platform tersebut telah menurun lebih dari 55% setiap bulan. Musk mengakui bahwa jika para pengiklan terus memboikot, hal ini bisa membuat X bangkrut. Selain itu, Musk kini menjadi salah satu tokoh berpengaruh setelah pemilihan ulang Presiden Donald Trump dan memimpin Departemen Efisiensi Pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi pengeluaran pemerintah sebesar Rp 32.89 quadriliun ($2 triliun) .
Referensi:
[1] https://www.reuters.com/business/amazon-ramps-up-ad-spending-elon-musks-x-wsj-reports-2025-01-30/
[1] https://www.reuters.com/business/amazon-ramps-up-ad-spending-elon-musks-x-wsj-reports-2025-01-30/
Analisis Kami
"Kembalinya Amazon ke platform X menandakan bahwa perusahaan mungkin sudah mulai melihat potensi nilai besar dari audiens X meski risiko reputasi masih ada. Ini juga menunjukkan bahwa tekanan dari boikot iklan mungkin berkurang, atau para perusahaan menyesuaikan strategi pemasaran mereka untuk menggunakan platform yang masih penting bagi engagement sosial dan iklan digital."
Analisis Ahli
Philip Kotler
"Perubahan strategi Amazon ini menunjukkan pentingnya platform digital di era pemasaran modern, di mana perusahaan harus seimbang antara citra merek dan kebutuhan untuk menjangkau konsumen secara efektif."
Sheryl Sandberg
"Meskipun ada risiko dari konten negatif, banyak perusahaan besar mulai memanfaatkan kembali platform yang memiliki jangkauan luas untuk mendukung pertumbuhan iklan digital mereka."
Prediksi Kami
Kemungkinan besar, iklan di platform X akan mulai pulih secara bertahap dengan semakin banyak perusahaan seperti Amazon yang kembali beriklan, meskipun tantangan reputasi masih ada.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang dilakukan Amazon terkait iklan di platform X?A
Amazon meningkatkan iklan di platform X setelah sebelumnya menarik banyak iklan dari platform tersebut.Q
Mengapa Amazon menarik kembali iklan dari platform X sebelumnya?A
Amazon menarik kembali iklan karena kekhawatiran terhadap ujaran kebencian di platform X.Q
Siapa yang memiliki platform X saat ini?A
Platform X saat ini dimiliki oleh Elon Musk.Q
Apa dampak dari penarikan iklan oleh perusahaan besar seperti Apple dan Amazon?A
Penarikan iklan oleh perusahaan besar menyebabkan penurunan pendapatan iklan bulanan di platform X hingga 55%.Q
Apa tujuan dari Department of Government Efficiency yang dipimpin oleh Elon Musk?A
Tujuan dari Department of Government Efficiency adalah untuk mengurangi pengeluaran pemerintah sebesar $2 triliun.