Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Pendapatan Game China Melonjak Tahun 2024 Berkat Ekspansi Global
Courtesy of SCMP
Teknologi
Permainan Console, PC, Mobile dan VR

Pendapatan Game China Melonjak Tahun 2024 Berkat Ekspansi Global

Menggambarkan bagaimana perusahaan video game China semakin mengandalkan pasar ekspor untuk mendongkrak pendapatan di tengah perlambatan pasar domestik.

09 Mei 2025, 06.00 WIB
81 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Penjualan luar negeri permainan video China menunjukkan pertumbuhan yang signifikan pada tahun 2024.
  • Perusahaan-perusahaan seperti Tencent dan NetEase berinvestasi dalam judul-judul berkualitas tinggi untuk pasar internasional.
  • Saham Tencent mengalami peningkatan, sementara NetEase mengalami penurunan kecil pada hari perdagangan tertentu.
Shenzhen, Guangdong, China; Hangzhou, Zhejiang, China - Pada tahun 2024, penjualan game yang dikembangkan oleh perusahaan China di luar negeri meningkat cukup pesat. Pendapatan dari pasar internasional naik 13,4 persen menjadi USRp 305.88 triliun ($18,6 miliar) . Hal ini menunjukkan bahwa ekspor game menjadi faktor penting dalam bisnis para pengembang game China.
Baca juga: Dominasi Alibaba dan Pertumbuhan Pasar Cloud China Dorong Aktivitas AI
Pasar domestik video game di China mengalami pertumbuhan yang lambat, sehingga perusahaan-perusahaan game besar mencari peluang ekspansi ke pasar global agar bisa terus bertahan dan berkembang. Tencent dan NetEase adalah dua perusahaan utama yang paling aktif dalam memperluas jangkauan pasar mereka ke luar negeri.
Tencent mencatatkan keuntungan yang sangat besar pada tahun 2024, dengan laba naik 68 persen menjadi 194 miliar yuan. Sementara itu, pendapatan dari game internasional Tencent juga naik sebesar 9 persen. Salah satu game populer mereka, PUBG Mobile, sangat sukses di pasar global dan menjadi game dengan pendapatan luar negeri tertinggi kedua di dunia dari pengembang China.
NetEase juga mencatat peningkatan pendapatan video gaming sebesar 2,5 persen menjadi 83,6 miliar yuan, meskipun mereka tidak merinci berapa besar porsi pendapatan dari bisnis luar negeri. Kinerja saham Tencent dan NetEase cukup stabil pada akhir perdagangan, dengan Tencent naik dan NetEase sedikit turun.
Baca juga: NIP Group Manfaatkan Perbedaan Pasar Gaming China dan Barat untuk Perluas Bisnis Global
Menurut analis Zhang Shule dari CBJ Think Tank, perusahaan-perusahaan video game China sekarang ini semakin fokus membuat dan mengekspor game berkualitas tinggi ke pasar luar negeri. Strategi ekspor ini diharapkan dapat terus mendorong pertumbuhan industri game China meskipun pasar domestik tengah menurun.
Sumber: https://www.scmp.com/tech/big-tech/article/3309603/chinas-video-gaming-firms-bet-overseas-revenue-growth-amid-weak-home-market?module=top_story&pgtype=section

Pertanyaan Terkait

Q
Bagaimana pertumbuhan penjualan luar negeri permainan video China pada tahun 2024?
A
Penjualan luar negeri permainan video China meningkat 13,4 persen menjadi 18,6 miliar dolar AS pada tahun 2024.
Q
Apa yang menyebabkan perusahaan game China berfokus pada pasar internasional?
A
Perusahaan game China berfokus pada pasar internasional karena pertumbuhan yang lambat di pasar domestik.
Q
Siapa yang mencatatkan keuntungan tertinggi di antara perusahaan game China pada tahun 2024?
A
Tencent mencatatkan keuntungan tertinggi dengan peningkatan 68 persen menjadi 194 miliar yuan pada tahun 2024.
Q
Apa yang dilakukan Tencent untuk meningkatkan pendapatan dari permainan internasional?
A
Tencent meningkatkan pendapatan dari permainan internasional dengan mengekspor judul-judul berkualitas tinggi dan mengembangkan permainan populer seperti PUBG Mobile.
Q
Bagaimana kinerja saham Tencent dan NetEase pada hari Kamis?
A
Saham Tencent naik 1,67 persen menjadi HK$498, sementara saham NetEase sedikit turun 0,12 persen menjadi HK$165,90.

Artikel Serupa

Tencent Capai Pendapatan Kuartal Tertinggi Berkat Investasi Kecerdasan Buatan dan Gaming
Tencent Capai Pendapatan Kuartal Tertinggi Berkat Investasi Kecerdasan Buatan dan Gaming
Dari SCMP
Tencent Mempercepat Pengeluaran AI Setelah Penjualan Tumbuh Paling Cepat dalam Beberapa Tahun.
Tencent Mempercepat Pengeluaran AI Setelah Penjualan Tumbuh Paling Cepat dalam Beberapa Tahun.
Dari YahooFinance
Laba kuartal keempat Tencent melonjak 90% karena taruhan AI membuahkan hasil.
Laba kuartal keempat Tencent melonjak 90% karena taruhan AI membuahkan hasil.
Dari SCMP
China menyetujui 110 permainan video domestik dan 3 permainan video impor pada bulan Februari.
China menyetujui 110 permainan video domestik dan 3 permainan video impor pada bulan Februari.
Dari SCMP
Apakah industri solar China dapat menemukan solusi sebelum terlambat? TSMC mulai memproduksi chip 4-nanometer di Arizona, kata Raimondo. China membatasi waktu bermain para gamer muda menjadi 15 jam sebulan selama liburan sekolah.
Apakah industri solar China dapat menemukan solusi sebelum terlambat? TSMC mulai memproduksi chip 4-nanometer di Arizona, kata Raimondo. China membatasi waktu bermain para gamer muda menjadi 15 jam sebulan selama liburan sekolah.
Dari SCMP
China membatasi waktu bermain game bagi pemain muda menjadi 15 jam sebulan selama liburan sekolah.
China membatasi waktu bermain game bagi pemain muda menjadi 15 jam sebulan selama liburan sekolah.
Dari SCMP
Tencent Capai Pendapatan Kuartal Tertinggi Berkat Investasi Kecerdasan Buatan dan GamingSCMP
Teknologi
2 bulan lalu
84 dibaca

Tencent Capai Pendapatan Kuartal Tertinggi Berkat Investasi Kecerdasan Buatan dan Gaming

Tencent Mempercepat Pengeluaran AI Setelah Penjualan Tumbuh Paling Cepat dalam Beberapa Tahun.YahooFinance
Teknologi
4 bulan lalu
116 dibaca

Tencent Mempercepat Pengeluaran AI Setelah Penjualan Tumbuh Paling Cepat dalam Beberapa Tahun.

Laba kuartal keempat Tencent melonjak 90% karena taruhan AI membuahkan hasil.SCMP
Teknologi
4 bulan lalu
95 dibaca

Laba kuartal keempat Tencent melonjak 90% karena taruhan AI membuahkan hasil.

China menyetujui 110 permainan video domestik dan 3 permainan video impor pada bulan Februari.SCMP
Teknologi
5 bulan lalu
115 dibaca

China menyetujui 110 permainan video domestik dan 3 permainan video impor pada bulan Februari.

Apakah industri solar China dapat menemukan solusi sebelum terlambat? TSMC mulai memproduksi chip 4-nanometer di Arizona, kata Raimondo. China membatasi waktu bermain para gamer muda menjadi 15 jam sebulan selama liburan sekolah.SCMP
Teknologi
6 bulan lalu
233 dibaca

Apakah industri solar China dapat menemukan solusi sebelum terlambat? TSMC mulai memproduksi chip 4-nanometer di Arizona, kata Raimondo. China membatasi waktu bermain para gamer muda menjadi 15 jam sebulan selama liburan sekolah.

China membatasi waktu bermain game bagi pemain muda menjadi 15 jam sebulan selama liburan sekolah.SCMP
Teknologi
6 bulan lalu
196 dibaca

China membatasi waktu bermain game bagi pemain muda menjadi 15 jam sebulan selama liburan sekolah.