Meta Hadirkan AssetGen 2.0 untuk Ciptakan Dunia VR Imersif Lewat Suara
Courtesy of YahooFinance

Meta Hadirkan AssetGen 2.0 untuk Ciptakan Dunia VR Imersif Lewat Suara

Memperkenalkan AssetGen 2.0 sebagai terobosan teknologi 3D generatif AI yang memungkinkan pengguna menciptakan lingkungan VR imersif dengan mudah melalui perintah suara dan teks.

YahooFinance
DariĀ YahooFinance
12 Mei 2025, 22.35 WIB
104 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • AssetGen memungkinkan pengguna untuk membuat lingkungan VR dengan mudah.
  • Meta terus berinovasi dalam teknologi VR untuk meningkatkan adopsi pengguna.
  • Tantangan seperti motion sickness masih menjadi perhatian dalam pengembangan VR.
tidak spesifik, global - Meta terus berinovasi dalam teknologi realitas virtual (VR) dengan memperkenalkan AssetGen 2.0, sebuah sistem yang memungkinkan pengguna menciptakan objek 3D kompleks hanya dengan perintah suara dan teks. Ini merupakan langkah besar dalam memudahkan penciptaan lingkungan VR tanpa memerlukan keahlian khusus.
Teknologi AssetGen 2.0 menggunakan model difusi 3D yang canggih untuk menghasilkan objek dengan detail tinggi dan kualitas tekstur yang bagus, sehingga lingkungan virtual yang dihasilkan tampak nyata dan siap digunakan dalam produksi.
Meskipun kemajuan ini menjanjikan kemudahan dalam pembuatan dunia VR, Meta masih menghadapi tantangan besar seperti harga headset VR yang mahal dan masalah mabuk gerak yang dialami sebagian pengguna saat memakai VR dalam waktu lama.
Untuk itu, Meta juga mengalihkan fokus sementara ke kacamata AR seperti Ray Ban yang lebih mudah dipakai dan didukung teknologi AI, sebagai jembatan menuju adopsi teknologi VR yang lebih luas di masa depan.
Secara keseluruhan, teknologi baru ini membawa Meta selangkah lebih dekat untuk mewujudkan visi metaverse, meski masih ada proses pembenahan agar pengalaman VR lebih nyaman dan dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang dimaksud dengan AssetGen?
A
AssetGen adalah model generasi aset VR yang memungkinkan pengguna untuk membuat objek 3D kompleks dengan perintah teks dan gambar.
Q
Bagaimana AssetGen 2.0 meningkatkan pengalaman VR?
A
AssetGen 2.0 meningkatkan pengalaman VR dengan menghasilkan mesh 3D yang lebih detail dan tekstur yang lebih berkualitas.
Q
Apa tantangan utama dalam adopsi VR menurut artikel?
A
Tantangan utama dalam adopsi VR adalah tingginya biaya headset dan masalah seperti motion sickness yang dialami pengguna.
Q
Bagaimana Meta berusaha meningkatkan penjualan headset Quest?
A
Meta berusaha meningkatkan penjualan headset Quest dengan menurunkan harga dan meningkatkan pengalaman konten yang tersedia.
Q
Apa hubungan antara Ray Bans dan pengalaman VR?
A
Ray Bans adalah kacamata pintar yang dianggap sebagai langkah awal Meta menuju pengalaman VR yang lebih luas.

Artikel Serupa

Bagaimana Nvidia, Apple, dan Meta Membentuk Masa Depan Besar Realitas VirtualYahooFinance
Teknologi
1 bulan lalu
17 dibaca

Bagaimana Nvidia, Apple, dan Meta Membentuk Masa Depan Besar Realitas Virtual

Meta Masih Percaya Pada 'Horizon Worlds,' Metaverse-nya, Tapi Kemungkinan Tidak Akan Lama LagiForbes
Teknologi
4 bulan lalu
223 dibaca

Meta Masih Percaya Pada 'Horizon Worlds,' Metaverse-nya, Tapi Kemungkinan Tidak Akan Lama Lagi

Ulasan Meta Quest 3: Realitas Campuran untuk KemenanganForbes
Teknologi
4 bulan lalu
150 dibaca

Ulasan Meta Quest 3: Realitas Campuran untuk Kemenangan

Di balik hype: Apakah Metaverse adalah kenyataan masa depan atau hanya ilusi teknologi?InterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
216 dibaca

Di balik hype: Apakah Metaverse adalah kenyataan masa depan atau hanya ilusi teknologi?

OpenAI Dikecam, Backflip 3D Mengumpulkan Rp 493.35 miliar ($30 Juta) , Gemini AI Untuk XRForbes
Teknologi
5 bulan lalu
107 dibaca

OpenAI Dikecam, Backflip 3D Mengumpulkan Rp 493.35 miliar ($30 Juta) , Gemini AI Untuk XR

Meta merilis model AI untuk meningkatkan pengalaman Metaverse.Reuters
Teknologi
6 bulan lalu
212 dibaca

Meta merilis model AI untuk meningkatkan pengalaman Metaverse.