Netflix Gandakan Iklan AI di Paket Murah, Bikin Iklan Lebih Personal dan Tidak Mengganggu
Courtesy of InterestingEngineering

Netflix Gandakan Iklan AI di Paket Murah, Bikin Iklan Lebih Personal dan Tidak Mengganggu

Menginformasikan perkembangan signifikan dalam strategi periklanan Netflix yang menggunakan AI untuk membuat iklan terasa lebih personal dan tidak mengganggu, serta pertumbuhan pengguna pada paket beriklan mereka.

16 Mei 2025, 06.45 WIB
28 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Netflix berfokus pada iklan berbasis AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
  • Tier berlangganan dengan iklan Netflix menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.
  • Kompetitor seperti Amazon dan YouTube juga berinovasi dengan iklan berbasis AI.
New York, United States - Netflix kini sedang memperluas penggunaan iklan yang didukung kecerdasan buatan (AI) di dalam platform streaming mereka. Hal ini dilakukan untuk membuat pengalaman menonton tetap nyaman meskipun ada iklan, dengan mempersonalisasi cara iklan muncul. Paket iklan dengan harga Rp 131.40 ribu ($7.99) telah menarik banyak pelanggan baru, dengan pertumbuhan yang sangat cepat.
Jumlah pengguna paket beriklan Netflix melonjak tajam dari 40 juta pada 2023 menjadi 94 juta pada akhir 2024. Pengguna muda berusia 18-34 tahun menjadi pasar utama yang memilih paket ini, bahkan melebihi jumlah penonton televisi kabel dan siaran. Ini menunjukkan tren perubahan kebiasaan menonton ke arah streaming dengan iklan yang lebih cerdas.
Pada event besar di New York, Netflix mengumumkan rencana peluncuran iklan generatif AI mulai 2026. Iklan ini akan menyesuaikan diri dengan konten yang ditonton, waktu, dan perilaku pengguna. Contohnya, iklan dapat berisi kode QR interaktif, posisi produk di layar, dan pesan yang disesuaikan dengan aktivitas online pengguna sebelumnya.
Netflix menegaskan bahwa pengguna paket iklan menonton rata-rata 41 jam konten tiap bulan, angka yang disebut lebih tinggi dibandingkan kompetitor lain. Perusahaan mulai mengoperasikan platform iklan sendiri di Amerika Serikat, dan berencana memperluas ke pasar global dengan fitur penargetan dan pengukuran yang canggih.
Tidak hanya Netflix, Amazon dengan Prime Video dan YouTube juga mengadopsi strategi iklan berbasis AI agar bisa menarik perhatian pengguna lebih efektif tanpa terlalu mengganggu pengalaman menonton. Meski begitu, ada kekhawatiran bahwa iklan yang semakin personal dan menyatu dengan konten bisa terasa terlalu invasif bagi sebagian orang.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang diumumkan Netflix di acara upfront kedua mereka?
A
Netflix mengumumkan format iklan baru, termasuk iklan mid-roll dan pause yang dihasilkan oleh AI, yang akan diluncurkan pada tahun 2026.
Q
Berapa jumlah pengguna di tier berlangganan dengan iklan Netflix saat ini?
A
Saat ini, ada 94 juta pengguna di tier berlangganan dengan iklan Netflix.
Q
Apa yang dimaksud dengan iklan yang dihasilkan oleh AI oleh Netflix?
A
Iklan yang dihasilkan oleh AI oleh Netflix akan menyesuaikan dengan konten dan perilaku penonton, membuatnya lebih interaktif dan kurang mengganggu.
Q
Mengapa Netflix menganggap iklan mid-roll mereka efektif?
A
Netflix mengklaim bahwa pengguna di tier beriklan memperhatikan iklan mid-roll sama seperti mereka memperhatikan acara dan film yang ditonton.
Q
Apa upaya kompetitor Netflix dalam hal iklan berbasis AI?
A
Amazon dan YouTube juga mengadopsi iklan berbasis AI dengan format baru untuk meningkatkan efektivitas periklanan.

Artikel Serupa

YouTube Luncurkan Iklan AI dan Fitur Baru untuk Maksimalkan Promosi 2025YahooFinance
Bisnis
6 hari lalu
109 dibaca

YouTube Luncurkan Iklan AI dan Fitur Baru untuk Maksimalkan Promosi 2025

Zuckerberg Ingin Meta Pimpin Revolusi Iklan AI OtomatisTechCrunch
Teknologi
14 hari lalu
43 dibaca

Zuckerberg Ingin Meta Pimpin Revolusi Iklan AI Otomatis

Netflix Luncurkan Pencarian Film Berbasis ChatGPT untuk Pengalaman PersonalTechCrunch
Teknologi
14 hari lalu
57 dibaca

Netflix Luncurkan Pencarian Film Berbasis ChatGPT untuk Pengalaman Personal

Netflix Uji Mesin Pencari Baru dengan OpenAI untuk Pengalaman Pengguna Lebih BaikTheVerge
Teknologi
1 bulan lalu
115 dibaca

Netflix Uji Mesin Pencari Baru dengan OpenAI untuk Pengalaman Pengguna Lebih Baik

AI search mulai membunuh 'sepuluh tautan biru' Google.TheVerge
Teknologi
2 bulan lalu
78 dibaca

AI search mulai membunuh 'sepuluh tautan biru' Google.

Super Bowl 2025: Iklan OpenAI, Google, dan Meta menunjukkan masa depan yang lebih fiksi daripada faktaInterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
165 dibaca

Super Bowl 2025: Iklan OpenAI, Google, dan Meta menunjukkan masa depan yang lebih fiksi daripada fakta