Courtesy of TechCrunch
Google Uji Coba Iklan Terintegrasi di Pencarian AI Mode, Tantang Penerbit
Menginformasikan rencana dan implikasi pengenalan iklan dalam pengalaman pencarian berbasis AI Google, serta reaksi dan potensi dampaknya bagi pengguna dan penerbit konten.
21 Mei 2025, 23.00 WIB
24 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Google mulai memasukkan iklan ke dalam AI Mode di Google Search untuk meningkatkan pendapatan.
- Banyak pengguna merasa khawatir tentang penggunaan AI dalam iklan dan dampaknya terhadap keputusan membeli.
- Penerbit khawatir bahwa integrasi iklan dalam pengalaman AI dapat merugikan pendapatan mereka.
Amerika Serikat, Amerika Serikat - Google merencanakan untuk menampilkan iklan dalam fitur AI Mode di Google Search, di mana pengguna bisa mendapatkan jawaban AI dan melakukan pertanyaan lanjutan. Iklan akan muncul jika relevan di bawah atau dalam respons AI tersebut, menambah pengalaman interaktif dengan iklan yang membantu pengguna, misalnya untuk membangun situs web.
Pendapatan iklan adalah sumber utama pendapatan Google, tercatat mencapai 66,89 miliar dolar pada kuartal pertama 2025. Dengan strategi baru ini, Google mengizinkan pengiklan yang sudah menggunakan kampanye tertentu agar iklannya juga tampil dalam AI Mode. Namun, ini memicu kekhawatiran dari pengguna dan penerbit konten terkait keefektifan dan etika iklan berbasis AI.
Menurut survei CivicScience, sebanyak 36% orang dewasa di AS tidak percaya atau merasa khawatir menggunakan AI dalam iklan, bahkan ada yang mengurangi minat membeli produk yang diiklankan lewat AI. Beberapa pesaing Google juga sudah mengeksplorasi iklan dalam layanan AI mereka, seperti Perplexity dan Microsoft sebelumnya.
Google juga mengumumkan perluasan penempatan iklan di fitur AI Overviews, yang memberikan ringkasan hasil pencarian secara otomatis. Iklan ini diberi label "Sponsored" dan ditempatkan hanya jika relevan, pertama kali hadir di mobile AS sejak Oktober lalu, dan akan hadir segera juga di desktop serta negara lain yang menggunakan bahasa Inggris.
Namun, penerbit konten mengkhawatirkan bahwa fitur ini bisa mengurangi tampilan iklan di situs mereka, sehingga memicu potensi kerugian besar dalam pendapatan iklan. Google mengaku memperhatikan kekhawatiran ini saat mengembangkan produk AI dan iklan untuk menjaga keseimbangan antara pengalaman pengguna dan kepentingan penerbit.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa rencana Google terkait iklan di AI Mode?A
Google berencana untuk membawa iklan ke AI Mode, di mana iklan akan muncul 'di mana relevan' di bawah dan 'diintegrasikan' ke dalam respons AI Mode.Q
Berapa banyak pendapatan iklan yang diperoleh Google pada Q1 2025?A
$66,89 miliar adalah pendapatan iklan yang diperoleh Google pada Q1 2025.Q
Apa pandangan pengguna terhadap iklan yang menggunakan AI menurut CivicScience?A
Menurut CivicScience, 36% orang dewasa AS merasa khawatir tentang penggunaan AI dalam iklan dan mengatakan mereka akan kurang mungkin membeli dari merek yang menggunakan AI dalam iklan.Q
Iklan apa yang akan ditampilkan di AI Mode untuk pengguna di AS?A
Pengguna di AS akan melihat iklan pencarian dan belanja di AI Mode, baik di desktop maupun mobile.Q
Apa dampak yang dikhawatirkan oleh penerbit terkait iklan di AI Overviews?A
Penerbit khawatir bahwa iklan di AI Overviews dapat menyebabkan kerugian lebih dari $2 miliar karena penurunan jumlah tampilan iklan.