Apple, Huawei, dan Xiaomi Jadi Merek Online Terpopuler di China
Courtesy of SCMP

Apple, Huawei, dan Xiaomi Jadi Merek Online Terpopuler di China

Menampilkan peringkat merek online konsumen domestik teratas di China berdasarkan perilaku pembelian daring untuk memberikan gambaran kompetisi dan pengaruh merek di pasar e-commerce dalam negeri.

22 Mei 2025, 20.00 WIB
97 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Apple, Huawei, dan Xiaomi adalah merek teratas di Tiongkok berdasarkan perilaku pembelian online.
  • Peringkat ini dilakukan oleh Peking University dengan dukungan dari Alibaba Group.
  • Merek domestik mendominasi daftar merek konsumen online, dengan 344 dari 500 merek.
Beijing, China - Peking University merilis daftar peringkat merek online teratas di China berdasarkan perilaku pembelian daring konsumen domestik. Laporan ini dibuat dengan dukungan e-commerce besar yakni Taobao dan Tmall yang berada di bawah Alibaba Group.
Dalam daftar tersebut, Apple mendapatkan skor tertinggi yaitu 100, diikuti oleh Huawei dan Xiaomi yang mendapat skor hampir serupa, yaitu di atas 95. Ini menunjukkan popularitas dan dominasi merek teknologi besar di pasar China.
Selain merek teknologi, beberapa merek home appliance besar asal China seperti Midea Group dan Haier juga masuk ke posisi teratas, bersama dengan Lenovo yang dikenal sebagai produsen komputer terbesar di dunia.
Merek minuman keras Kweichou Moutai dan merek sport populer seperti Nike, Li Ning, dan Adidas juga menduduki posisi tinggi, memperlihatkan keragaman produk yang diminati konsumen China secara online.
Hasil laporan juga menunjukkan bahwa sebagian besar merek yang tercantum adalah merek domestik, dengan 344 dari 500 merek, menandakan kekuatan merek lokal dalam menghadapi persaingan e-commerce di dalam negeri, terutama dalam kategori 3C dan alat rumah tangga.
Sumber: https://www.scmp.com/tech/tech-trends/article/3311381/apple-huawei-xiaomi-lead-chinas-top-500-ranking-consumer-brands-report-finds?module=top_story&pgtype=section

Pertanyaan Terkait

Q
Siapa yang menempati posisi teratas dalam peringkat merek konsumen online di Tiongkok?
A
Apple menempati posisi teratas dalam peringkat merek konsumen online di Tiongkok.
Q
Apa yang menjadi dasar dari peringkat merek ini?
A
Peringkat ini berdasarkan perilaku pembelian online konsumen domestik.
Q
Berapa skor yang diperoleh Apple dalam peringkat tersebut?
A
Apple memperoleh skor 100 dalam peringkat tersebut.
Q
Siapa saja merek lain yang masuk dalam daftar 10 besar?
A
Merek lain yang masuk dalam daftar 10 besar adalah Huawei, Xiaomi, Midea, Haier, Lenovo, Kweichou Moutai, Nike, Li Ning, dan Adidas.
Q
Apa yang ditemukan mengenai merek-merek yang kurang dikenal di pasar domestik?
A
Merek yang kurang dikenal dianggap tidak kompetitif di pasar domestik dibandingkan dengan merek-merek yang lebih dikenal oleh konsumen.

Artikel Serupa

Pertumbuhan Pesat Festival Belanja 618 di Tengah Pasar E-Commerce Tiongkok yang Meningkat DewasaSCMP
Bisnis
1 bulan lalu
99 dibaca

Pertumbuhan Pesat Festival Belanja 618 di Tengah Pasar E-Commerce Tiongkok yang Meningkat Dewasa

Subsidi Pemerintah Dorong Penjualan Elektronik di Festival Belanja 618SCMP
Bisnis
2 bulan lalu
116 dibaca

Subsidi Pemerintah Dorong Penjualan Elektronik di Festival Belanja 618

Alibaba.com Naik ke Puncak Aplikasi Belanja di AS di Tengah Kekhawatiran HargaSCMP
Bisnis
3 bulan lalu
125 dibaca

Alibaba.com Naik ke Puncak Aplikasi Belanja di AS di Tengah Kekhawatiran Harga

Penurunan Pengiriman iPhone Apple di China: Faktor dan DampaknyaSCMP
Bisnis
3 bulan lalu
239 dibaca

Penurunan Pengiriman iPhone Apple di China: Faktor dan Dampaknya

Lonjakan Popularitas Aplikasi Belanja China di AS Akibat Tarif Baru dan Video TikTokSCMP
Bisnis
3 bulan lalu
96 dibaca

Lonjakan Popularitas Aplikasi Belanja China di AS Akibat Tarif Baru dan Video TikTok

Kotak Fakta - Perusahaan Tiongkok dan Pendiri Mereka di Simposium XiYahooFinance
Bisnis
5 bulan lalu
96 dibaca

Kotak Fakta - Perusahaan Tiongkok dan Pendiri Mereka di Simposium Xi