Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Pomodo
TwitterInstagram
Tentang
TeknologiKecerdasan BuatanKendaraan Listrik dan BateraiKeamanan SiberPengembangan SoftwareGadgets dan WearablePermainan Console, PC, Mobile dan VRRobotika
BisnisEkonomi MakroStartup dan KewirausahaanManajemen dan Strategi BisnisMarketing
SainsFisika dan KimiaMatematikaNeurosains and PsikologiKesehatan dan Obat-obatanIklim dan LingkunganAstronomi dan Penjelajahan Luar Angkasa
FinansialMata Uang KriptoInvestasi dan Pasar ModalPerencanaan KeuanganPerbankan dan Layanan KeuanganKebijakan Fiskal
YouTube Uji Papan Peringkat Gamifikasi untuk Tingkatkan Interaksi Livestream
Courtesy of YahooFinance
Teknologi
Permainan Console, PC, Mobile dan VR

YouTube Uji Papan Peringkat Gamifikasi untuk Tingkatkan Interaksi Livestream

YouTube ingin meningkatkan keterlibatan penonton selama livestream dengan fitur papan peringkat yang memotivasi interaksi melalui gamifikasi.

YahooFinance
Dari YahooFinance
02 Jun 2025, 02.51 WIB
89 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • YouTube menerapkan papan peringkat untuk meningkatkan interaksi dalam livestream.
  • Pengguna dapat memperoleh poin melalui berbagai bentuk keterlibatan, seperti komentar dan Super Chat.
  • Tiga pengguna teratas akan mendapatkan pengakuan khusus dalam bentuk lencana di livestream.
Tidak disebutkan - YouTube sedang mencoba fitur baru untuk meningkatkan keterlibatan penonton saat livestream. Mereka membuat papan peringkat yang menunjukkan pengguna paling aktif berdasarkan interaksi di chat, seperti mengirim komentar dan membeli fitur tambahan. Ini memberikan unsur kompetisi yang menyenangkan bagi penonton.
Baca juga: Instagram Buka Fitur Filter Komentar untuk Kreator dengan 100K Pengikut
Fitur ini memungkinkan penonton mendapatkan poin yang disebut XP yang dikalkulasikan dari aktivitas mereka selama livestream. Poin tersebut kemudian menjadi ukuran seberapa aktif seseorang, dan dipakai untuk memeringkat pemirsa di papan peringkat khusus yang bisa diakses langsung dari chat livestream.
Para pemirsa yang berada di peringkat teratas mendapat badge khusus yang akan terlihat di sebelah nama mereka selama livestream. Ini membuat para konten kreator lebih mudah mengenali mereka dan bisa jadi pengakuan bagi para penggemar paling setia selama siaran berlangsung.
YouTube menargetkan fitur ini untuk komunitas livestream gaming yang memang mayoritas penontonnya suka berkompetisi. Penambahan elemen permainan ini diharapkan tidak hanya menambah keseruan tapi juga interaksi yang lebih banyak, termasuk pembelian fitur tambahan di chat, sehingga menguntungkan semua pihak.
Baca juga: YouTube Luncurkan Iklan Side-by-Side di Livestream untuk Kreasi dan Penghasilan Lebih
Fitur ini masih dalam tahap percobaan bagi sejumlah kecil penonton, dan pengguna juga bisa memilih untuk tidak tampil di papan peringkat jika tidak ingin. Secara umum, ini adalah cara baru yang cukup simpel namun efektif untuk meningkatkan partisipasi dan interaksi di livestream YouTube.
(Sumber)

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan YouTube menerapkan papan peringkat dalam livestream?
A
Tujuan YouTube menerapkan papan peringkat dalam livestream adalah untuk meningkatkan keterlibatan penonton melalui elemen gamifikasi.
Q
Bagaimana cara pengguna mendapatkan poin dalam papan peringkat?
A
Pengguna mendapatkan poin dengan berinteraksi dalam livestream, seperti mengirim komentar, Super Chat, Super Stickers, dan hadiah.
Q
Apa yang akan diterima oleh tiga pengguna teratas dalam papan peringkat?
A
Tiga pengguna teratas akan menerima lencana yang muncul di samping nama mereka dalam livestream.
Q
Siapa yang menjadi contoh dalam penerapan papan peringkat ini?
A
EXPOSUREEE adalah saluran YouTube yang menjadi contoh dalam penerapan papan peringkat ini.
Q
Apakah pengguna dapat memilih untuk tidak muncul dalam papan peringkat?
A
Ya, pengguna dapat memilih untuk tidak muncul dalam papan peringkat jika mereka ingin.

Artikel Serupa

LinkedIn Hadirkan Analitik Baru Untuk Tingkatkan Engagement dan Jaringan Pengguna
LinkedIn Hadirkan Analitik Baru Untuk Tingkatkan Engagement dan Jaringan Pengguna
Dari YahooFinance
X Originals: Tantangan dan Harapan X Jadi Platform Video Unggulan
X Originals: Tantangan dan Harapan X Jadi Platform Video Unggulan
Dari YahooFinance
Bluesky Uji Fitur Live-Stream dan Integrasi Konten NBA Untuk Saingi Platform Sosial Lain
Bluesky Uji Fitur Live-Stream dan Integrasi Konten NBA Untuk Saingi Platform Sosial Lain
Dari YahooFinance
YouTube Foundry Dukung Musisi Independen dengan Promosi dan Dana Baru
YouTube Foundry Dukung Musisi Independen dengan Promosi dan Dana Baru
Dari YahooFinance
YouTube Luncurkan Iklan AI dan Fitur Baru untuk Maksimalkan Promosi 2025
YouTube Luncurkan Iklan AI dan Fitur Baru untuk Maksimalkan Promosi 2025
Dari YahooFinance
YouTube Siarkan Gratis Pertandingan Pembuka NFL 2025, Gebrakan Baru Siaran Olahraga
YouTube Siarkan Gratis Pertandingan Pembuka NFL 2025, Gebrakan Baru Siaran Olahraga
Dari YahooFinance
LinkedIn Hadirkan Analitik Baru Untuk Tingkatkan Engagement dan Jaringan PenggunaYahooFinance
Bisnis
18 hari lalu
46 dibaca

LinkedIn Hadirkan Analitik Baru Untuk Tingkatkan Engagement dan Jaringan Pengguna

X Originals: Tantangan dan Harapan X Jadi Platform Video UnggulanYahooFinance
Bisnis
18 hari lalu
104 dibaca

X Originals: Tantangan dan Harapan X Jadi Platform Video Unggulan

Bluesky Uji Fitur Live-Stream dan Integrasi Konten NBA Untuk Saingi Platform Sosial LainYahooFinance
Bisnis
27 hari lalu
33 dibaca

Bluesky Uji Fitur Live-Stream dan Integrasi Konten NBA Untuk Saingi Platform Sosial Lain

YouTube Foundry Dukung Musisi Independen dengan Promosi dan Dana BaruYahooFinance
Bisnis
28 hari lalu
21 dibaca

YouTube Foundry Dukung Musisi Independen dengan Promosi dan Dana Baru

YouTube Luncurkan Iklan AI dan Fitur Baru untuk Maksimalkan Promosi 2025YahooFinance
Bisnis
1 bulan lalu
146 dibaca

YouTube Luncurkan Iklan AI dan Fitur Baru untuk Maksimalkan Promosi 2025

YouTube Siarkan Gratis Pertandingan Pembuka NFL 2025, Gebrakan Baru Siaran OlahragaYahooFinance
Bisnis
1 bulan lalu
93 dibaca

YouTube Siarkan Gratis Pertandingan Pembuka NFL 2025, Gebrakan Baru Siaran Olahraga