Courtesy of YahooFinance
MercadoLibre Perkuat Dominasi di Iklan Digital dengan Pertumbuhan Pesat Mercado Ads
Menggambarkan ekspansi dan potensi pertumbuhan Mercado Ads sebagai mesin utama pertumbuhan MercadoLibre di pasar iklan digital Amerika Latin, serta menggambarkan persaingan yang ada.
27 Jun 2025, 22.18 WIB
103 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Mercado Ads menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dan menjadi mesin pertumbuhan baru untuk MercadoLibre.
- Peluncuran Mercado Play memperluas jangkauan iklan digital dengan memberikan konten gratis kepada pengguna.
- Tantangan dari Amazon dan Sea Limited menunjukkan bahwa MercadoLibre harus tetap inovatif untuk mempertahankan pangsa pasar iklannya.
Amerika Latin - MercadoLibre sedang memperkuat ekosistem digitalnya dengan menumbuhkan bisnis iklan digital, Mercado Ads, yang membantu penjual dan merek menjangkau jutaan pembeli menggunakan data yang sangat tepat sasaran. Produk iklan yang ditawarkan termasuk iklan produk, merek, display, dan video, di mana iklan display dan video juga ditayangkan di luar platform MercadoLibre.
Pertumbuhan iklan merek dan display melonjak setelah fitur baru seperti otomatisasi pembuatan iklan dan analitik yang lebih baik membuat alat iklan ini lebih efektif dan mudah diakses. Khususnya, iklan display tumbuh lebih dari 100% pada kuartal pertama tahun 2025, menandakan momentum yang kuat.
Langkah besar MercadoLibre adalah peluncuran Mercado Play, aplikasi streaming TV yang saat ini tersedia di lebih dari 70 juta smart TV. Dengan lebih dari 15.000 jam konten gratis, aplikasi ini membuka peluang baru untuk iklan video di wilayah Amerika Latin yang masih memiliki penetrasi layanan streaming yang rendah.
Bisnis iklan Mercado Ads sekarang menghasilkan lebih dari satu miliar dolar setahun dengan pertumbuhan hampir 50% tanpa pengaruh nilai tukar di kuartal pertama 2025. Pendapatan iklan display meningkat lebih dari dua kali lipat, persentase pendapatan iklan dari display meningkat 10 poin persen dari tahun ke tahun, dan penetrasi iklan makin meluas di Brazil, Meksiko, dan Argentina.
Namun, persaingan dari Amazon dan Sea Limited semakin ketat. Amazon mengembangkan bisnis iklannya di Brazil dan Meksiko, sementara Shopee dari Sea Limited menghadirkan alat iklan baru dengan harga rendah bagi penjual mobile-first dan sensitif terhadap harga. Meskipun demikian, saham MercadoLibre tetap menunjukkan performa unggul dibandingkan kompetitor dan sektor terkait.
Sumber: https://finance.yahoo.com/news/mercado-ads-scales-become-melis-151800139.html
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang menjadi fokus utama pertumbuhan MercadoLibre?A
Fokus utama pertumbuhan MercadoLibre adalah ekosistem iklan digital melalui Mercado Ads.Q
Bagaimana pertumbuhan Mercado Ads di kuartal pertama 2025?A
Pertumbuhan Mercado Ads di kuartal pertama 2025 mencapai hampir 50% secara year-over-year, dengan pendapatan iklan display meningkat lebih dari dua kali lipat.Q
Apa yang membedakan Mercado Play dari layanan streaming lainnya?A
Mercado Play menawarkan lebih dari 15.000 jam konten gratis dan diluncurkan di lebih dari 70 juta TV pintar, menargetkan pasar dengan penetrasi streaming yang rendah.Q
Apa tantangan yang dihadapi Mercado Ads di pasar iklan digital?A
Tantangan yang dihadapi Mercado Ads termasuk kompetisi yang semakin meningkat dari Amazon dan Sea Limited di pasar iklan digital Amerika Latin.Q
Bagaimana kinerja saham MELI dibandingkan dengan sektor lain?A
Saham MELI telah meningkat 50,6% tahun ini, mengungguli pertumbuhan sektor lain seperti Zacks Internet – Commerce dan Zacks Retail-Wholesale.