Teknologi Karet Daur Ulang Perpanjang Umur Rel Kereta di Sydney
Courtesy of InterestingEngineering

Teknologi Karet Daur Ulang Perpanjang Umur Rel Kereta di Sydney

Mengembangkan dan menguji teknologi lapisan bawah rel dari karet daur ulang untuk mengurangi degradasi ballast dan memperpanjang masa pakai infrastruktur rel dengan biaya rendah.

18 Jul 2025, 22.35 WIB
75 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Teknologi karet daur ulang dapat memperpanjang umur infrastruktur kereta.
  • Kolaborasi antara universitas dan industri menghasilkan inovasi yang dapat mengurangi biaya pemeliharaan.
  • Pengujian lebih lanjut akan mengkonfirmasi efektivitas teknologi ini di lingkungan yang lebih menantang.
Sydney, Australia - Penelitian selama dua tahun di Sydney, Australia, menguji inovasi lapisan bawah rel dari karet daur ulang yang mampu mengurangi kerusakan ballast dan menjaga kestabilan rel di jalur kereta barang yang sibuk.
Teknologi menggunakan sel-sel ban bekas yang diisi dengan limbah dan ditutup dengan kisi karet dari sabuk konveyor bekas, berfungsi sebagai peredam getaran dan penyebar beban yang memperlambat degradasi ballast.
Data lapangan menunjukkan penurunan signifikan dalam pemecahan batu ballast dan pergerakan rel yang lebih lambat dibandingkan dengan konstruksi ballast konvensional.
Manfaat langsung bagi pengelola kereta antara lain berkurangnya frekuensi penyetelan rel dan pengurangan waktu penutupan jalur untuk perbaikan, sehingga efisiensi operasional meningkat secara substansial.
Dengan dukungan dana penelitian tambahan, teknologi ini akan diuji di lingkungan rel yang lebih berat seperti area jembatan dan persimpangan, dengan potensi besar untuk diaplikasikan di berbagai jaringan kereta api dan memberikan manfaat lingkungan serta ekonomi.
--------------------
Analisis Kami: Inovasi penggunaan bahan karet daur ulang sebagai lapisan underlay ballast adalah langkah maju yang cerdas dalam perawatan infrastruktur rel, menggabungkan keberlanjutan dan efisiensi biaya. Namun, pengujian lanjutan harus fokus pada dampak jangka panjang terhadap performa keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api.
--------------------
Analisis Ahli:
Buddhima Indraratna: Teknologi ini secara efektif melindungi ballast dari kerusakan dan memperpanjang umur struktur rel secara keseluruhan.
Cholachat Rujikiatkamjorn: Underlay karet mengontrol distribusi beban ke tanah lunak di bawah rel, mencegah penurunan tanah yang berlebihan dan melemahnya struktur rel.
--------------------
What's next: Inovasi penggunaan bahan karet daur ulang sebagai lapisan underlay ballast adalah langkah maju yang cerdas dalam perawatan infrastruktur rel, menggabungkan keberlanjutan dan efisiensi biaya. Namun, pengujian lanjutan harus fokus pada dampak jangka panjang terhadap performa keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/innovation/recycled-tyre-underlay-extends-rail-life

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang ditunjukkan oleh percobaan lapangan mengenai penggunaan karet daur ulang pada rel kereta?
A
Percobaan lapangan menunjukkan bahwa karet daur ulang dapat mengurangi degradasi ballast dan menjaga kestabilan rel di bawah beban berat.
Q
Siapa yang terlibat dalam proyek penelitian ini?
A
Proyek ini melibatkan Universitas Teknologi Sydney, Sydney Trains, Transport for NSW, serta mitra industri seperti EcoFlex dan Bridgestone.
Q
Apa manfaat utama dari teknologi karet daur ulang ini bagi operator kereta?
A
Manfaat utama adalah mengurangi siklus pemadatan, memperpanjang umur ballast, dan mengurangi waktu penutupan jalur untuk perbaikan.
Q
Apa yang direncanakan untuk pengujian selanjutnya?
A
Pengujian selanjutnya akan berfokus pada lingkungan rel yang lebih keras, seperti pendekatan jembatan dan persimpangan.
Q
Mengapa teknologi ini penting dalam konteks infrastruktur kereta saat ini?
A
Teknologi ini penting karena membantu meningkatkan efisiensi pemeliharaan dan memperpanjang masa pakai infrastruktur kereta di tengah permintaan yang meningkat.

Artikel Serupa

Inovasi Bio-Beton dari Urine: Solusi Ramah Lingkungan untuk Bangunan Masa DepanInterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
57 dibaca

Inovasi Bio-Beton dari Urine: Solusi Ramah Lingkungan untuk Bangunan Masa Depan

Kemitraan Glīd dan Mendocino Railway: Inovasi Rel Hibrida dan Otonom di CaliforniaInterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
36 dibaca

Kemitraan Glīd dan Mendocino Railway: Inovasi Rel Hibrida dan Otonom di California

Instalasi Surya di Jalur Kereta: Inovasi Energi Terbarukan di SwissInterestingEngineering
Sains
3 bulan lalu
133 dibaca

Instalasi Surya di Jalur Kereta: Inovasi Energi Terbarukan di Swiss

Ilmuwan AS menghidupkan kembali ban mati menjadi bahan industri bernilai tinggi dalam 6 jam.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
91 dibaca

Ilmuwan AS menghidupkan kembali ban mati menjadi bahan industri bernilai tinggi dalam 6 jam.

80% semen daur ulang cocok dengan kekuatan semen Portland, mengurangi emisi sebesar 61%.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
169 dibaca

80% semen daur ulang cocok dengan kekuatan semen Portland, mengurangi emisi sebesar 61%.

Inggris memperkenalkan jalan pertama di dunia yang diperkuat dengan graphene untuk jalan yang lebih tahan lama.InterestingEngineering
Sains
5 bulan lalu
146 dibaca

Inggris memperkenalkan jalan pertama di dunia yang diperkuat dengan graphene untuk jalan yang lebih tahan lama.