Courtesy of CNBCIndonesia
Netflix Manfaatkan AI Generatif untuk Efek Visual dan Pengalaman Pengguna Baru
Menunjukkan bagaimana Netflix menggunakan kecerdasan buatan generatif untuk mempercepat dan menurunkan biaya produksi efek visual sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna dengan teknologi AI.
20 Jul 2025, 11.30 WIB
43 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Netflix mengintegrasikan kecerdasan buatan dalam produksi untuk meningkatkan efisiensi dan kreativitas.
- Penggunaan AI dapat mengurangi biaya produksi efek visual yang kompleks.
- AI generatif memiliki potensi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menemukan konten di platform streaming.
Buenos Aires, Argentina - Netflix baru-baru ini mengakui penggunaan teknologi kecerdasan buatan generatif dalam produksi efek visual serial originalnya. Hal ini pertama kali digunakan dalam serial fiksi ilmiah Argentina 'El Eternauta', khususnya untuk menciptakan efek visual bangunan yang runtuh di Buenos Aires. Penggunaan AI membantu mengatasi batasan anggaran dan waktu yang sering dihadapi dalam produksi VFX tradisional.
Co-CEO Netflix, Ted Sarandos, menyatakan bahwa AI bukan hanya solusi untuk menekan biaya, tapi juga peluang besar untuk meningkatkan kualitas film dan serial yang diproduksi. Efek visual yang dibuat dengan AI ini selesai hingga 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan teknik tradisional, sehingga memungkinkan produksi lebih efisien terutama untuk proyek dengan dana terbatas.
AI generatif sekarang menjadi perhatian utama di Hollywood, terutama setelah adanya kerusuhan buruh di industri film pada tahun 2023. Kekhawatiran utama adalah AI bisa menggantikan pekerjaan manusia. Oleh karena itu, industri film mulai membuat pedoman penggunaan AI agar teknologi ini dipakai secara etis dan bertanggung jawab dalam proses kreatif.
Selain produksi visual, Netflix juga berencana menggunakan AI generatif untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Misalnya, penonton dapat mencari konten dengan perintah suara yang lebih spesifik, seperti meminta film thriller psikologis dari tahun 80-an, yang sebelumnya sulit dilakukan dengan sistem pencarian biasa.
Penggunaan AI generatif juga dilihat sebagai peluang dalam bidang periklanan. Netflix yakin teknologi ini bisa membantu merek dan pemasar menciptakan konten iklan yang lebih menarik dan mudah dibuat. Dengan perkembangan tersebut, AI diharapkan bisa terus memperluas fungsinya di berbagai aspek industri hiburan.
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20250720091424-37-650610/netflix-akui-pakai-ai-agar-produksi-film-dan-serial-lebih-murah