Acara Baru Ajari Pendiri Startup Kelola Media Sosial Tanpa Biaya Mahal
Courtesy of TechCrunch

Acara Baru Ajari Pendiri Startup Kelola Media Sosial Tanpa Biaya Mahal

Membantu pendiri startup tahap awal belajar mengelola hubungan media dan media sosial secara efektif dengan biaya terjangkau tanpa harus membayar jasa PR mahal atau memberikan ekuitas.

24 Jul 2025, 00.50 WIB
283 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Acara To Do List Summit bertujuan untuk mendidik pengusaha awal tentang PR dan media sosial.
  • Media sosial dapat menjadi alat penting untuk viralitas dan pendanaan startup.
  • Y Combinator, meskipun mengalami pemecatan, tetap memiliki dampak besar pada komunitas startup di San Francisco.
San Francisco, Amerika Serikat - Baru-baru ini, beberapa mantan staf dari Y Combinator yang sebelumnya menangani acara dan PR meluncurkan sebuah acara bernama To Do List Summit. Acara ini bertujuan membantu pendiri startup tahap awal agar bisa belajar berhubungan dengan media dan mengelola media sosial mereka sendiri.
Y Combinator sebelumnya melakukan dua gelombang pemutusan hubungan kerja pada tim acara dan PR mereka yang cukup mengejutkan. Padahal, acara-acara mereka selama ini sangat populer dan berperan penting dalam mengembangkan komunitas startup AI di San Francisco.
Para penyelenggara acara ini prihatin karena banyak pendiri startup tahap awal merasa terpaksa harus membayar ratusan juta rupiah kepada agen PR dan media sosial untuk bisa dikenal. Mereka percaya cara seperti itu tidak harus dilakukan.
Dalam dunia startup saat ini, sebuah posting media sosial yang viral bisa sangat membantu mendapatkan pendanaan besar dan kesempatan penting. Contohnya, startup Rork bisa mendapatkan 2,8 juta dolar setelah posting viral, dan Theseus mendapatkan kontrak penting dan pendanaan juga dari viralitas di media sosial.
Dengan biaya hanya Rp 9.87 juta ($600) , acara ini berharap bisa membantu lebih banyak pendiri startup, tidak hanya dari Y Combinator, agar bisa sukses dengan cara mereka sendiri tanpa harus menyerahkan ekuitas atau membayar mahal.
Referensi:
[1] https://techcrunch.com/2025/07/23/former-y-combinator-a16z-experts-hold-invite-only-summit-for-founders/

Analisis Kami

"Inisiatif ini sangat tepat di waktu yang pas karena tren viral di media sosial jelas dapat menentukan nasib awal startup. Namun, tantangan terbesar adalah memastikan bahwa pengetahuan yang diberikan benar-benar aplikatif dan bisa langsung memberikan dampak nyata bagi para pendiri yang mungkin belum punya pengalaman PR sama sekali."

Analisis Ahli

Naval Ravikant
"Mengelola komunikasi sendiri adalah kunci untuk pendiri startup agar bisa mempertahankan kontrol penuh atas narasi perusahaan mereka tanpa harus menyerahkan ekuitas atau membebani anggaran awal."
Ben Horowitz
"Pengembangan kemampuan internal untuk PR dan media sosial akan membuat startup lebih tahan banting dan cepat beradaptasi dalam dunia yang sangat bergantung pada visibilitas dan viralitas."

Prediksi Kami

Acara seperti To Do List Summit akan semakin banyak diminati karena kebutuhan mendesak para startup untuk menguasai media sosial dan PR sendiri, serta akan mendorong model pembelajaran mandiri tanpa ketergantungan pada agensi besar.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan dari acara To Do List Summit?
A
Tujuan dari acara To Do List Summit adalah untuk mengajarkan pengusaha awal tentang cara bekerja dengan media dan mengelola media sosial mereka.
Q
Siapa yang mengorganisir acara tersebut?
A
Acara tersebut diorganisir oleh mantan staf acara dan PR Y Combinator serta mantan manajer media sosial Andreessen Horowitz.
Q
Mengapa Y Combinator melakukan pemecatan pada tim acara dan PR?
A
Y Combinator melakukan pemecatan pada tim acara dan PR karena adanya pengurangan karyawan yang mengejutkan, meskipun acara mereka selalu populer.
Q
Apa yang bisa dipelajari oleh pengusaha dari acara ini?
A
Pengusaha dapat belajar cara efektif untuk berkomunikasi dengan media dan menggunakan media sosial untuk meningkatkan visibilitas mereka.
Q
Bagaimana media sosial dapat mempengaruhi keberhasilan startup?
A
Media sosial dapat membuat sebuah startup menjadi viral, menarik perhatian besar, dan mendatangkan pendanaan yang signifikan.

Artikel Serupa

TechCrunch All Stage: Tempat Bertemu Langsung Investor dan Pendiri StartupTechCrunch
Bisnis
3 bulan lalu
295 dibaca

TechCrunch All Stage: Tempat Bertemu Langsung Investor dan Pendiri Startup

TechCrunch All Stage: Acara Efektif untuk Mempercepat Kemajuan Founder StartupTechCrunch
Bisnis
3 bulan lalu
61 dibaca

TechCrunch All Stage: Acara Efektif untuk Mempercepat Kemajuan Founder Startup

TechCrunch All Stage: Kesempatan Emas untuk Startup dan Investor di BostonTechCrunch
Bisnis
3 bulan lalu
269 dibaca

TechCrunch All Stage: Kesempatan Emas untuk Startup dan Investor di Boston

TechCrunch All Stage 2025: Konferensi Startup Fokus Jawaban Nyata di BostonTechCrunch
Bisnis
3 bulan lalu
52 dibaca

TechCrunch All Stage 2025: Konferensi Startup Fokus Jawaban Nyata di Boston

Startup dan Investasi Terus Bergulir Meski Pasar Global Sedang Tidak StabilTechCrunch
Bisnis
4 bulan lalu
144 dibaca

Startup dan Investasi Terus Bergulir Meski Pasar Global Sedang Tidak Stabil

TC All Stage 2024: Wadah Lengkap Pendiri Startup dari Pra-Benih hingga IPOTechCrunch
Bisnis
5 bulan lalu
234 dibaca

TC All Stage 2024: Wadah Lengkap Pendiri Startup dari Pra-Benih hingga IPO