Courtesy of YahooFinance
Ford Luncurkan Kampanye Global Baru, Fokus Utamakan Konsumen dan Komunitas
Mengenalkan kampanye global "Ready, Set, Ford" yang menampilkan Ford sebagai perusahaan yang menempatkan pelanggan dan komunitas sebagai prioritas utama, tidak hanya sekedar fokus pada penjualan produk kendaraan, dengan tujuan menginspirasi konsumen dan menyesuaikan diri dengan berbagai gaya hidup mereka.
10 Sep 2025, 11.01 WIB
289 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Ford meluncurkan kampanye pemasaran global baru yang berfokus pada konsumen dan komunitas.
- Kampanye ini menandai pergeseran dari pendekatan berbasis produk menjadi pendekatan yang lebih manusiawi.
- Ford berencana untuk menampilkan berbagai layanan dan pengalaman yang ditawarkan, bukan hanya produk mobil.
Dearborn, Amerika Serikat - Ford Motor Co. meluncurkan kampanye pemasaran global terbaru mereka yang diberi nama 'Ready, Set, Ford', yang merupakan kampanye pertama sejak 2012. Kampanye ini menandai perubahan fokus Ford dari sekadar menjual kendaraan menjadi menonjolkan bagaimana Ford sebagai perusahaan mengutamakan pelanggan dan komunitas mereka.
Iklan utama yang akan ditayangkan mulai 10 September di Amerika Serikat memperlihatkan rangkaian aktivitas seru yang melibatkan kendaraan Ford seperti Mustang, F-150, dan Bronco, dengan pesan inspirasi dari pendiri Ford, Henry Ford: 'Whether you think you can or think you can't, you're right.'
Kampanye akan berlanjut dengan memperkenalkan pesan yang lebih spesifik tentang kendaraan dan layanan Ford, termasuk fitur seperti G.O.A.T Mode yang memungkinkan kendaraan menyesuaikan diri dengan berbagai jenis medan dan Pro Power Onboard yang menyediakan tenaga listrik untuk berbagai kebutuhan saat beraktivitas.
Selain pemasaran, kampanye ini juga terintegrasi dengan kegiatan Ford Philanthropy melalui program 'Building Together', yang bertujuan menguatkan kerja sama antara karyawan, dealer, dan komunitas dalam respons terhadap krisis agar lebih efektif dan terkoordinasi.
Peluncuran kampanye ini datang di tengah tantangan industri otomotif, seperti tarif impor yang mengakibatkan biaya tambahan sekitar 2 miliar dolar dan ketidakpastian permintaan kendaraan listrik setelah berakhirnya insentif pajak federal, sehingga kampanye ini dianggap sebagai momentum penting bagi Ford untuk menegaskan posisi dan optimisme mereka di pasar.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/ford-launches-first-global-brand-040124622.html
[1] https://finance.yahoo.com/news/ford-launches-first-global-brand-040124622.html
Analisis Kami
"Langkah Ford meluncurkan kampanye global dengan fokus pada manusia dan komunitas adalah strategi yang tepat di era di mana konsumen mencari koneksi emosional dengan merek. Namun, kesuksesan kampanye ini sangat bergantung pada konsistensi implementasi pesan tersebut di semua kanal dan bagaimana Ford mampu mengintegrasikan teknologi serta layanan nyata untuk memenuhi janji itu."
Analisis Ahli
Lisa Materazzo
"Kampanye ini bukan sekadar iklan, tapi sebuah pergeseran strategi perusahaan untuk menonjolkan bagaimana Ford hadir dalam kehidupan konsumen lewat produk dan layanan yang relevan serta berorientasi manusia."
Prediksi Kami
Kampanye ini kemungkinan akan memperkuat citra Ford sebagai merek yang lebih humanis dan adaptif terhadap kebutuhan konsumen, yang dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan menarik konsumen baru di tengah tantangan pasar otomotif.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa nama kampanye pemasaran global baru yang diluncurkan Ford?A
Nama kampanye pemasaran global baru yang diluncurkan Ford adalah 'Ready, Set, Ford'.Q
Kapan iklan 'Anthem' mulai ditayangkan?A
Iklan 'Anthem' mulai ditayangkan pada 10 September.Q
Apa tujuan utama dari kampanye 'Ready, Set, Ford'?A
Tujuan utama dari kampanye 'Ready, Set, Ford' adalah untuk menunjukkan fokus Ford yang lebih besar pada konsumen dan komunitas.Q
Apa yang dimaksud dengan G.O.A.T. Mode?A
G.O.A.T. Mode adalah sistem pada kendaraan Ford Bronco yang memungkinkan pengemudi untuk memilih mode medan yang berbeda.Q
Siapa yang bertanggung jawab atas strategi pemasaran Ford?A
Lisa Materazzo adalah Chief Marketing Officer yang bertanggung jawab atas strategi pemasaran Ford.