Courtesy of InterestingEngineering
Fabio Barone Memecahkan Rekor Kecepatan Mobil di Dek Kapal Induk Italia
Untuk mencatat kecepatan tertinggi yang pernah dicapai oleh mobil balap di dek kapal induk Angkatan Laut, sekaligus memecahkan rekor sebelumnya dengan cara yang aman dan terukur agar bisa diakui Guinness World Records.
19 Sep 2025, 20.45 WIB
315 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Fabio Barone berhasil mencetak rekor baru dengan kecepatan 164 kph di dek kapal induk.
- Kondisi dek yang kering sangat penting untuk keselamatan dan keberhasilan percobaan.
- Guinness World Records akan meninjau pencapaian tersebut untuk dimasukkan ke dalam catatan resmi.
Civitavecchia, Italia - Fabio Barone, pembalap asal Italia, menorehkan rekor baru kecepatan tertinggi mobil balap yang dijalankan di atas dek kapal induk Angkatan Laut Italia. Dalam sebuah sesi yang diadakan di kota Civitavecchia, dia berhasil mencapai kecepatan 164 kph dengan mobil Ferrari SF90 miliknya.
Sebelumnya, Barone telah menetapkan rekor di kapal induk Giuseppe Garibaldi dengan kecepatan 152 kph, dan kali ini dia berhasil melampaui rekor tersebut di kapal yang lebih besar, Nave Trieste. Proses ini dilakukan dengan persiapan matang, termasuk pengeringan dek kapal yang sempat basah karena cuaca malam sebelumnya.
Keunikan dari tantangan ini adalah keterbatasan jarak dan kondisi dek kapal yang tidak seperti lintasan balap biasa. Barone harus mengerem dengan tepat sebelum mencapai ujung dek yang memiliki ramp curam sehingga keselamatan menjadi faktor utama yang sangat diperhatikan.
Keberhasilan ini juga berkat performa tinggi mesin V8 dari Ferrari SF90 serta kemampuan Barone untuk mengendalikan mobil dengan koordinasi 'dua tangan dan dua kaki' seperti seorang pianis. Timnya sudah menyiapkan seluruh proses agar dapat memenuhi syarat pengukuran resmi Guinness World Records.
Kini hasil ini sedang menunggu verifikasi resmi dari Guinness, yang bila diterima akan mencatatkan rekor baru ini secara global. Keberhasilan ini menjadi bukti teknologi otomotif dan kemampuan pembalap dapat beradaptasi dalam kondisi yang sangat menantang dan berisiko.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/culture/ferrari-ev-100-mph-on-aircraft-deck
[1] https://interestingengineering.com/culture/ferrari-ev-100-mph-on-aircraft-deck
Analisis Ahli
Sebastian Vettel (mantan pembalap F1)
"Ini bukan hanya soal kecepatan maksimal, tapi juga tentang manajemen risiko dan ketepatan teknik pengereman yang luar biasa, yang sering diabaikan oleh banyak pengemudi."
Mario Andretti (Legenda balap dunia)
"Menguji mobil di lingkungan yang tidak biasa seperti dek kapal induk memacu inovasi dalam pengembangan mobil dan keterampilan pengemudi untuk kondisi ekstrim."
Analisis Kami
"Tantangan mengemudi di dek kapal induk memang menuntut keterampilan luar biasa dan kontrol presisi yang tidak hanya soal kecepatan, tapi juga keselamatan. Ini menunjukkan bahwa teknologi mobil balap modern seperti Ferrari SF90 sangat adaptif dan dapat dikendalikan di lingkungan non-tradisional dengan risiko tinggi."
Prediksi Kami
Kemungkinan besar akan ada peningkatan teknologi dan keselamatan untuk tantangan serupa di masa depan, serta lebih banyak rekor serupa yang dilakukan untuk menguji batas kecepatan dan keterampilan mengemudi di lingkungan ekstrem seperti dek kapal induk.
Pertanyaan Terkait
Q
Siapa yang mencetak rekor kecepatan di dek kapal induk?A
Fabio Barone mencetak rekor kecepatan di dek kapal induk.Q
Apa mobil yang digunakan Fabio Barone untuk mencetak rekor?A
Mobil yang digunakan adalah Ferrari SF90.Q
Berapa kecepatan yang dicapai Fabio Barone di kapal Nave Trieste?A
Fabio Barone mencapai kecepatan 164 kph di kapal Nave Trieste.Q
Apa yang dilakukan tim sebelum percobaan kecepatan?A
Tim mengeringkan dek yang basah sebelum percobaan kecepatan.Q
Mengapa kecepatan di dek kapal induk berisiko?A
Kecepatan di dek kapal induk berisiko karena adanya semprotan garam, cengkeraman yang bervariasi, dan batasan pengereman yang pendek.