Courtesy of Forbes
Selama 24 bulan terakhir, pasar agensi menghadapi tantangan karena pengeluaran teknologi yang menurun di AS dan kinerja agensi yang tertekan secara global. Namun, tahun 2025 menunjukkan tanda-tanda optimisme dengan ekonomi AS yang kuat, aktivitas merger dan akuisisi agensi, serta meningkatnya pengeluaran merek. Agensi pemasaran juga berusaha untuk memperbarui sistem dan struktur lama mereka, yang akan menghasilkan penawaran dan jenis agensi baru untuk membantu pemasar melakukan lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit.
Prediksi menunjukkan bahwa pertumbuhan agensi internal akan melambat karena pemasar beralih ke solusi produksi konten yang lebih efisien dan berbasis AI dari mitra eksternal. Agensi yang memproduksi konten akan menawarkan pemasaran dengan biaya rendah dan dapat disesuaikan. Selain itu, agensi media digital akan menghubungkan tugas media kinerja dan merek, sementara agensi manajemen data akan bertransformasi menjadi agensi pengalaman pelanggan. Dengan perubahan ini, lanskap agensi pemasaran di tahun 2025 akan ditandai oleh model dan penawaran baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa tantangan utama yang dihadapi pasar agensi dalam 24 bulan terakhir?A
Pasar agensi menghadapi tantangan seperti pengeluaran teknologi yang rendah di AS dan kinerja agensi yang tertekan.Q
Apa yang diprediksi Forrester untuk tahun 2025 terkait agensi pemasaran?A
Forrester memprediksi pertumbuhan agensi in-house akan melambat dan ada peningkatan penggunaan solusi produksi konten berbasis AI oleh mitra eksternal.Q
Bagaimana penggunaan AI dalam produksi konten oleh agensi dibandingkan dengan agensi in-house?A
Saat ini, 61% agensi menggunakan AI dalam upaya pemasaran, dibandingkan dengan 17% agensi in-house.Q
Apa yang akan dilakukan agensi manajemen data untuk beradaptasi dengan perubahan pasar?A
Agensi manajemen data akan bertransformasi menjadi agensi pengalaman pelanggan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berubah.Q
Siapa penulis artikel ini dan apa perannya di Forrester?A
Penulis artikel ini adalah Jay Pattisall, yang merupakan Wakil Presiden dan Analis Utama di Forrester.