Nothing Spin Off CMF di India untuk Jadi Merek Teknologi Global Terjangkau
Courtesy of TheVerge

Nothing Spin Off CMF di India untuk Jadi Merek Teknologi Global Terjangkau

Membangun CMF sebagai merek teknologi konsumen global pertama yang berbasis di India dengan produk yang terjangkau dan menciptakan lapangan kerja serta investasi besar, sekaligus memperkuat posisi Nothing di pasar teknologi global.

25 Sep 2025, 14.58 WIB
199 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Nothing berencana mengembangkan CMF menjadi merek teknologi konsumen global di India.
  • Investasi lebih dari $100 juta akan menciptakan setidaknya 1.800 pekerjaan dalam tiga tahun ke depan.
  • Produk CMF ditujukan untuk pasar yang lebih terjangkau, dengan smartphone dan aksesori di bawah harga premium.
India - Nothing, perusahaan teknologi, mengumumkan rencana untuk memisahkan sub-merek CMF menjadi sebuah perusahaan mandiri yang berlokasi di India. Langkah ini bertujuan memperkuat CMF dalam mengembangkan produk teknologi konsumen seperti smartphone, earbud, dan perangkat wearable dengan harga terjangkau.
Pendiri dan CEO Nothing, Carl Pei, menyatakan bahwa mereka ingin membangun CMF menjadi merek teknologi konsumen global pertama dari India. Untuk mencapai hal ini, mereka bermitra dengan produsen lokal Optiemus dalam sebuah usaha patungan yang bertujuan produksi dan pengembangan CMF di India.
Nothing berencana menginvestasikan lebih dari Rp 1.64 triliun ($100 juta) selama tiga tahun ke depan dan menciptakan setidaknya 1.800 pekerjaan di India sebagai bagian dari ekspansi bisnis ini. Dana ini dimungkinkan berkat putaran pendanaan terbaru yang menghasilkan Rp 3.29 triliun ($200 juta) , dengan valuasi perusahaan mencapai Rp 21.38 triliun ($1,3 miliar) .
Saat ini, CMF sedang mempersiapkan peluncuran headphone over-ear pertamanya yang dijadwalkan pada tanggal 29 September. Sesuai dengan produk CMF lainnya, headphone ini akan dibanderol dengan harga terjangkau, mengikuti jejak smartphone Phone 2 Pro mereka yang harganya hanya Rp 4.59 juta ($279) di pasar beta AS.
Strategi untuk memperkenalkan produk berkualitas dengan harga rendah ke pasar global melalui basis produksi di India diharapkan dapat memperkuat posisi Nothing dan CMF di pasar teknologi, serta memberikan pilihan baru bagi konsumen di segmen harga terjangkau.
Referensi:
[1] https://theverge.com/news/785474/nothing-spins-off-budget-brand-cmf-india

Analisis Ahli

Anurag Gupta (Tech Industry Analyst)
"Langkah Nothing memisahkan CMF ke dalam perusahaan mandiri sangat strategis untuk memperluas jangkauan produk terjangkau dan menjangkau pasar India yang sangat besar dan berpotensi tinggi."

Analisis Kami

"Strategi pemisahan CMF sebagai entitas terpisah yang fokus pada produk terjangkau sangat tepat mengingat permintaan pasar di negara berkembang seperti India yang terus meningkat. Kolaborasi dengan Optiemus juga memperkuat posisi produksi lokal, namun tantangan tetap ada dari segi persaingan sengit di segmen harga murah yang padat pemain."

Prediksi Kami

Dengan investasi besar dan strategi lokal di India, CMF berpotensi menjadi merek teknologi konsumen yang sangat kompetitif tidak hanya di pasar India, tetapi juga di kancah global, menarik pelanggan yang mencari produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa rencana Nothing terkait CMF?
A
Nothing berencana untuk memisahkan sub-merek CMF menjadi anak perusahaan yang berdiri sendiri di India.
Q
Siapa pendiri dan CEO dari Nothing?
A
Pendiri dan CEO dari Nothing adalah Carl Pei.
Q
Apa produk yang akan diluncurkan oleh CMF pada 29 September?
A
CMF akan meluncurkan sepasang headphone over-ear yang terjangkau pada 29 September.
Q
Berapa banyak investasi yang direncanakan Nothing untuk CMF?
A
Nothing merencanakan investasi lebih dari $100 juta untuk CMF.
Q
Siapa mitra lokal Nothing dalam usaha bersama untuk CMF?
A
Mitra lokal Nothing dalam usaha bersama untuk CMF adalah Optiemus.