Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Kemampuan untuk Mengemudikan Tanpa Pemutusan Sistem Robo Mempengaruhi Keterlibatan - Studi
Courtesy of Forbes
Teknologi
Robotika

Kemampuan untuk Mengemudikan Tanpa Pemutusan Sistem Robo Mempengaruhi Keterlibatan - Studi

26 Nov 2024, 18.25 WIB
133 dibaca
Share
Sebuah studi oleh Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) menunjukkan bahwa sistem otomatisasi kendaraan tidak selalu bereaksi sama ketika pengemudi mencoba mengemudikan secara manual dalam situasi berbahaya. Pengemudi yang menggunakan sistem yang mati jika mereka mengemudikan kendaraan cenderung lebih enggan untuk mengambil alih kemudi dalam situasi berbahaya. Sebaliknya, pengemudi yang menggunakan sistem otomatisasi parsial yang memungkinkan kontrol bersama pada kemudi lebih mungkin untuk tetap mengemudikan kendaraan dalam situasi yang membuat mereka cemas. Penelitian ini melibatkan 1.260 pemilik kendaraan dari berbagai merek yang dilengkapi dengan teknologi otomatisasi parsial.
Baca juga: Inovasi Mobil Otonom HKUST Tingkatkan Keselamatan dan Pengambilan Keputusan Etis
Hasil studi menunjukkan bahwa desain sistem yang berbeda dapat mempengaruhi kebiasaan pengemudi dalam mengambil tindakan yang lebih aman. Misalnya, pengemudi dengan sistem yang memungkinkan mereka melakukan penyesuaian kecil tanpa mematikan sistem lebih cenderung untuk mengemudikan kendaraan saat menghadapi situasi berbahaya. IIHS mendorong produsen mobil untuk mengembangkan sistem kemudi kooperatif yang dapat meningkatkan keselamatan berkendara. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun pengemudi merasa lebih nyaman dengan otomatisasi, hal itu tidak selalu berarti bahwa mereka lebih aman saat berkendara.--------------------
Baca juga: Kecelakaan Tesla FSD Terbaru Memperlihatkan Risiko Sistem Mengemudi Otomatis
Analisis Ahli:
Referensi:
[1] https://www.forbes.com/sites/edgarsten/2024/11/26/ability-to-steer-without-robo-system-shutoff-affects-engagement-study/

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang ditemukan dalam studi IIHS mengenai sistem otomatisasi kendaraan?
A
Studi IIHS menemukan bahwa sistem otomatisasi kendaraan yang mematikan fungsi saat pengemudi mengemudikan dapat membuat pengemudi kurang cenderung untuk mengambil alih kendali dalam situasi berbahaya.
Q
Bagaimana pengemudi bereaksi terhadap sistem yang mematikan otomatisasi saat mereka mengemudikan kendaraan?
A
Pengemudi yang menggunakan sistem yang mematikan otomatisasi saat mereka mengemudikan kendaraan cenderung merasa enggan untuk mengambil alih kendali karena harus mengaktifkan kembali sistem tersebut.
Q
Apa itu cooperative steering dan bagaimana pengaruhnya terhadap pengemudi?
A
Cooperative steering adalah sistem yang memungkinkan pengemudi melakukan penyesuaian kecil tanpa mematikan otomatisasi, yang dapat meningkatkan keinginan pengemudi untuk mengambil tindakan saat diperlukan.
Q
Siapa yang melakukan survei dalam penelitian ini dan berapa banyak responden yang terlibat?
A
Survei dilakukan oleh Alexandra Mueller dari IIHS dengan melibatkan 1.260 pemilik kendaraan dari berbagai merek yang dilengkapi dengan sistem otomatisasi parsial.
Q
Apa perbedaan antara sistem otomatisasi Tesla dan Ford dalam hal dukungan jalur?
A
Sistem otomatisasi Tesla cenderung mematikan dukungan jalur saat pengemudi melakukan penyesuaian, sementara Ford tetap memberikan dukungan meskipun pengemudi melakukan penyesuaian kecil.

Artikel Serupa

China Desak Produsen Mobil Tingkatkan Keselamatan Sistem Bantuan Pengemudi
China Desak Produsen Mobil Tingkatkan Keselamatan Sistem Bantuan Pengemudi
Dari SCMP
‘Jutaan pengemudi perlu dididik’ setelah kecelakaan fatal Xiaomi: analis
‘Jutaan pengemudi perlu dididik’ setelah kecelakaan fatal Xiaomi: analis
Dari SCMP
Teknologi Mengemudi Sendiri Gratis BYD Mungkin Tidak Sebaik yang Diperkirakan Setelah Semua
Teknologi Mengemudi Sendiri Gratis BYD Mungkin Tidak Sebaik yang Diperkirakan Setelah Semua
Dari Wired
Di Balik Layar Kendaraan Otonom
Di Balik Layar Kendaraan Otonom
Dari Forbes
Bagaimana Menilai Apakah Sebuah Robocar Benar-Benar Baik (Tesla Vs. Waymo)
Bagaimana Menilai Apakah Sebuah Robocar Benar-Benar Baik (Tesla Vs. Waymo)
Dari Forbes
Studi Menunjukkan Pengereman Darurat Otomatis Meningkat Saat Trump Berusaha Menghapus Mandat
Studi Menunjukkan Pengereman Darurat Otomatis Meningkat Saat Trump Berusaha Menghapus Mandat
Dari Forbes
Mengapa GM Meninggalkan Cruise Tanpa Pengemudi: Mobil Berbasis Perangkat Lunak Berarti Uang Besar
Mengapa GM Meninggalkan Cruise Tanpa Pengemudi: Mobil Berbasis Perangkat Lunak Berarti Uang Besar
Dari Forbes
China Desak Produsen Mobil Tingkatkan Keselamatan Sistem Bantuan PengemudiSCMP
Teknologi
3 bulan lalu
109 dibaca

China Desak Produsen Mobil Tingkatkan Keselamatan Sistem Bantuan Pengemudi

‘Jutaan pengemudi perlu dididik’ setelah kecelakaan fatal Xiaomi: analisSCMP
Teknologi
4 bulan lalu
90 dibaca

‘Jutaan pengemudi perlu dididik’ setelah kecelakaan fatal Xiaomi: analis

Teknologi Mengemudi Sendiri Gratis BYD Mungkin Tidak Sebaik yang Diperkirakan Setelah SemuaWired
Teknologi
5 bulan lalu
187 dibaca

Teknologi Mengemudi Sendiri Gratis BYD Mungkin Tidak Sebaik yang Diperkirakan Setelah Semua

Di Balik Layar Kendaraan OtonomForbes
Teknologi
5 bulan lalu
74 dibaca

Di Balik Layar Kendaraan Otonom

Bagaimana Menilai Apakah Sebuah Robocar Benar-Benar Baik (Tesla Vs. Waymo)Forbes
Teknologi
5 bulan lalu
235 dibaca

Bagaimana Menilai Apakah Sebuah Robocar Benar-Benar Baik (Tesla Vs. Waymo)

Studi Menunjukkan Pengereman Darurat Otomatis Meningkat Saat Trump Berusaha Menghapus MandatForbes
Teknologi
6 bulan lalu
128 dibaca

Studi Menunjukkan Pengereman Darurat Otomatis Meningkat Saat Trump Berusaha Menghapus Mandat

Mengapa GM Meninggalkan Cruise Tanpa Pengemudi: Mobil Berbasis Perangkat Lunak Berarti Uang BesarForbes
Teknologi
7 bulan lalu
115 dibaca

Mengapa GM Meninggalkan Cruise Tanpa Pengemudi: Mobil Berbasis Perangkat Lunak Berarti Uang Besar