Courtesy of Forbes
Naoki Hamaguchi: Mengenal Tantangan dan Masa Depan Final Fantasy VII Remake
Membahas perkembangan dan tantangan dalam peluncuran Final Fantasy VII Remake di platform baru sekaligus memberikan klarifikasi dan rencana masa depan terkait konten dan pengalaman bermain yang disesuaikan berdasarkan umpan balik penggemar.
12 Nov 2025, 03.44 WIB
78 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Naoki Hamaguchi berfokus pada pengalaman karakter dalam pengembangan game.
- Pencahayaan dan optimisasi grafis menjadi prioritas penting untuk versi Switch 2.
- Square Enix berkomitmen untuk membawa game ke sebanyak mungkin platform untuk memenuhi permintaan penggemar.
London, Inggris - Final Fantasy VII Remake adalah reboot dari game klasik PlayStation 1997 yang penuh dengan penggemar setia. Naoki Hamaguchi, co-director Remake asli, kini menjadi direktur utama untuk seri ini dan menangani rilis di platform baru seperti Nintendo Switch 2 dan Xbox, memperluas aksesibilitas game.
Versi Nintendo Switch 2 Remake adalah port dari versi PS5 bernama Intergrade yang telah dioptimalkan agar berjalan lancar meski perangkat ini memiliki kemampuan hardware lebih rendah. Kunci pengembangan ada pada pencahayaan agar ekspresi karakter tetap hidup dan memuaskan penggemar.
Hamaguchi menegaskan bahwa performa game di Switch 2 stabil dengan framerate sekitar 30fps berkat optimasi khusus di area post-effects dan bayangan. Hal ini berdampak besar terhadap kualitas grafis dan kenyamanan bermain pengguna di platform baru tersebut.
Dalam memenuhi permintaan penggemar, tingkat kesulitan mendapatkan trophy di versi PlayStation akan diturunkan dibandingkan dengan yang ada di game Rebirth. Hal ini dilakukan demi memperkaya pengalaman bermain tanpa membuat frustrasi pemain.
Meski ada rumor tentang pemotongan konten di sekuel ketiga, Hamaguchi memastikan fokusnya adalah memperbaiki pacing agar cerita berjalan lebih lancar dan menarik, bukan mengurangi apa yang telah dirancang. Ini bertujuan agar pemain dapat tetap terhanyut dan menikmati pengalaman secara keseluruhan.
Referensi:
[1] https://www.forbes.com/sites/joshualamb/2025/11/11/final-fantasy-vii-remakes-director-on-the-switch-port-and-part-three/
[1] https://www.forbes.com/sites/joshualamb/2025/11/11/final-fantasy-vii-remakes-director-on-the-switch-port-and-part-three/
Analisis Ahli
Jason Schreier
"Pengalihan platform yang strategis membantu memperluas audiens dan memperkuat brand, namun tantangan utama adalah menjaga kualitas tanpa kompromi yang terlalu besar."
Gamasutra Analyst
"Memprioritaskan pacing berdasarkan feedback penggemar adalah langkah yang krusial untuk mempertahankan engagement dan loyalitas dalam game episodik."
Analisis Kami
"Kebijakan Square Enix untuk menghadirkan Final Fantasy VII Remake ke platform yang lebih luas menunjukkan respons yang tepat terhadap tuntutan pasar modern yang semakin mengutamakan aksesibilitas. Prioritas mereka dalam mengutamakan pengalaman karakter melalui pencahayaan dan stabilitas performa menegaskan komitmen mereka terhadap kualitas narasi dan teknis, yang sangat penting dalam game bergaya sinematik seperti ini."
Prediksi Kami
Dengan peluncuran di berbagai platform dan penyesuaian berdasarkan umpan balik penggemar, Final Fantasy VII Remake diperkirakan akan mendapatkan basis pemain yang lebih luas dan pengalaman yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan popularitas serta pendapatan seri ini di masa mendatang.
Pertanyaan Terkait
Q
Siapa Naoki Hamaguchi dan perannya dalam Final Fantasy VII?A
Naoki Hamaguchi adalah sutradara video game Jepang yang merupakan co-director dari Final Fantasy VII Remake dan sekarang menjadi sutradara tunggal untuk trilogi remake ini.Q
Apa yang menjadi fokus utama pengembangan versi Switch 2 dari Remake?A
Fokus utama pengembangan versi Switch 2 adalah pada pencahayaan dan optimisasi efek pasca untuk menjaga performa dan kualitas grafis.Q
Kapan Final Fantasy VII Remake dirilis untuk Switch 2 dan Xbox?A
Final Fantasy VII Remake untuk Switch 2 dan Xbox dijadwalkan rilis pada 22 Januari tahun depan.Q
Apa tanggapan Naoki Hamaguchi tentang durasi dan pacing game Rebirth?A
Naoki Hamaguchi menjelaskan bahwa dia tidak akan menghapus konten dari Rebirth, tetapi berusaha untuk meningkatkan pacing dan tempo cerita.Q
Bagaimana Square Enix berusaha memenuhi permintaan penggemar untuk platform yang berbeda?A
Square Enix berusaha memenuhi permintaan penggemar dengan membuat game tersedia di berbagai platform, termasuk Xbox dan Nintendo.