Courtesy of Forbes
Masalah Sistem Tier Loot Destiny 2 yang Mirip Gagalnya Crafting Lama
Membahas masalah yang muncul dari sistem loot baru Destiny 2 yang menggantikan crafting dengan sistem Tier, dan mengajak pembaca untuk merenungkan dampak kedua sistem tersebut terhadap pengalaman bermain dan keseruan mengejar loot.
19 Nov 2025, 22.42 WIB
152 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Sistem loot baru di Destiny 2 mengalami masalah yang mirip dengan sistem crafting.
- Tiers 1-3 menjadi tidak ada artinya dengan peningkatan level kekuatan.
- Penulis berpendapat bahwa Bungie perlu mengurangi jumlah tier dan meningkatkan keunikan loot yang didapat.
tidak disebutkan - Dalam Destiny 2, sistem crafting yang dulu kontroversial kini telah digantikan oleh sistem Tier baru yang mengelompokkan senjata dari Tier 1 hingga Tier 5. Awalnya crafting dianggap merusak tantangan karena memungkinkan pemain membuat senjata persis sesuai keinginan dengan mudah, menghilangkan sensasi bertualang dan berburu loot secara liar.
Kini, sistem baru juga menghadapi masalah berbeda namun serupa. Tier 1 dan Tier 2 nyaris tidak berguna karena power floor dinaikkan ke 300, dan saat pemain mencapai level 450, semua senjata yang jatuh adalah Tier 3 sampai 5. Hal ini membuat rasa pencapaian mengejar senjata langka dan kuat jadi berkurang drastis.
Tier 5 adalah senjata paling keren dan kuat, dengan tiga kolom perk lengkap dan mod yang ditingkatkan. Namun karena mudah didapat dari setiap drop pada level tinggi, semua senjata Tier 5 terasa biasa saja dan tidak istimewa lagi. Ini mengulangi masalah crafting dulu, dimana senjata sempurna bisa dengan cepat dibuat atau didapat.
Penulis mengusulkan sistem loot yang sederhana dengan 3-4 Tier saja dan menjadikan Tier tertinggi langka dan spesial, bukan sesuatu yang bisa didapat dalam jumlah banyak dan mudah setiap kali bermain. Hal ini akan mengembalikan rasa kebanggaan dan sensasi berburu senjata langka yang dirindukan banyak pemain.
Referensi:
[1] https://www.forbes.com/sites/paultassi/2025/11/19/was-destiny-2s-crafting-better-than-edge-of-fates-weapon-tiers/
[1] https://www.forbes.com/sites/paultassi/2025/11/19/was-destiny-2s-crafting-better-than-edge-of-fates-weapon-tiers/
Analisis Ahli
Analisis Kami
"Sistem loot yang terlalu sering memberi item dengan power maksimal akan merusak nilai dan eksklusivitas loot itu sendiri, seperti yang terjadi pada Tier 5. Bungie harus mencari keseimbangan antara menawarkan senjata yang memuaskan dan menjaga keseruan dalam proses pencarian loot agar pemain tetap merasa tertantang."
Prediksi Kami
Jika Bungie tidak mengubah sistem loot Tier, pemain akan semakin kehilangan semangat berburu senjata unik, yang bisa memperburuk pengalaman bermain dan menurunkan engagement pada Destiny 2.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang terjadi dengan sistem crafting di Destiny 2?A
Sistem crafting telah ditinggalkan di Destiny 2 setelah enam bulan penerapan sistem loot baru.Q
Apa masalah utama yang dihadapi dalam sistem Tier 1-5?A
Masalah utama adalah bahwa Tiers 1-3 menjadi tidak relevan dan Tiers 4-5 menjadi terlalu umum.Q
Mengapa penulis merasa sistem loot saat ini mirip dengan sistem crafting?A
Penulis merasa bahwa sistem loot saat ini mengurangi nilai pencarian loot, mirip dengan masalah yang dihadapi saat sistem crafting ada.Q
Apa yang diharapkan penulis dari sistem loot yang ideal?A
Penulis berharap sistem loot yang ideal mencakup banyak drop, peluang untuk 'shinies', dan mengurangi jumlah tier.Q
Bagaimana Bungie bisa memperbaiki masalah dalam sistem loot saat ini?A
Bungie bisa memperbaiki dengan mengurangi jumlah tier dan membuat Tier 5 lebih jarang serta lebih berharga.