Keadaan XR di 2024, Bagian 2: Pemain Platform XR Tingkat Dua
Courtesy of Forbes

Keadaan XR di 2024, Bagian 2: Pemain Platform XR Tingkat Dua

Forbes
Dari Forbes
02 Des 2024, 19.06 WIB
85 dibaca
Share
Artikel ini membahas tentang beberapa perusahaan besar yang berperan penting dalam industri XR (Extended Reality) pada tahun 2024, meskipun mereka tidak sebesar perusahaan publik lainnya. Snap, Niantic, Magic Leap, dan Valve adalah contoh perusahaan yang memiliki tantangan dan pencapaian masing-masing. Snap, misalnya, telah meluncurkan kacamata AR generasi kedua, tetapi masih berjuang untuk menghadirkan produk konsumen yang sukses. Niantic, yang terkenal dengan permainan Pokémon Go, juga mengalami pemangkasan karyawan dan penutupan studio, meskipun mereka terus berinovasi dalam teknologi AR berbasis lokasi.
Magic Leap mengalami kesulitan dalam memasarkan headset AR-nya dan baru-baru ini diakuisisi oleh dana kekayaan negara Saudi setelah mengalami kerugian besar. Sementara itu, Valve, yang dikenal dengan platform Steam untuk permainan, lebih fokus pada pengembangan perangkat keras seperti Steam Deck dan aplikasi VR untuk headset Meta Quest. Meskipun industri XR masih dalam tahap perkembangan dan menghadapi banyak tantangan, ada harapan bahwa teknologi ini akan semakin berkembang dan dapat diakses oleh konsumen di masa depan.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang menjadi fokus utama Snap dalam pengembangan produk AR?
A
Snap fokus pada pengembangan kacamata pintar Spectacles dan aplikasi AR, meskipun mengalami kesulitan dalam peluncuran produk konsumen.
Q
Bagaimana Niantic berkontribusi pada industri AR?
A
Niantic berkontribusi dengan mengembangkan platform Lightship dan permainan AR seperti Pokémon Go, yang memiliki basis pengguna yang besar.
Q
Apa tantangan yang dihadapi Magic Leap dalam pengembangan headset-nya?
A
Magic Leap menghadapi tantangan dalam mengembangkan headset yang tepat sasaran dan mengalami kesulitan finansial yang mengarah pada pengurangan staf.
Q
Apa peran Valve dalam pasar VR dan game?
A
Valve berperan sebagai pengembang game dan penyedia platform Steam, serta terlibat dalam pengembangan perangkat keras VR seperti Valve Index.
Q
Mengapa industri XR masih dalam keadaan fluktuasi?
A
Industri XR masih dalam keadaan fluktuasi karena banyak perusahaan yang berjuang untuk menemukan model bisnis yang tepat dan menghadapi tantangan teknis.

Artikel Serupa

TikTok Masih Berjalan, Proyek Stargate Senilai Rp 8.22 quadriliun ($500 Miliar) , Google Membeli Teknologi VR HTCForbes
Teknologi
4 bulan lalu
144 dibaca

TikTok Masih Berjalan, Proyek Stargate Senilai Rp 8.22 quadriliun ($500 Miliar) , Google Membeli Teknologi VR HTC

Data Meta Quest 3S adalah peringatan tentang masa depan bagi penggemar VR.Forbes
Teknologi
5 bulan lalu
232 dibaca

Data Meta Quest 3S adalah peringatan tentang masa depan bagi penggemar VR.

CES 2025: Tahun Hype AI dan Evolusi yang TenangForbes
Teknologi
5 bulan lalu
165 dibaca

CES 2025: Tahun Hype AI dan Evolusi yang Tenang

CES 2025: AI, Perangkat Kesehatan Wearable, dan Kacamata Pintar Menjadi Sorotan UtamaForbes
Teknologi
5 bulan lalu
145 dibaca

CES 2025: AI, Perangkat Kesehatan Wearable, dan Kacamata Pintar Menjadi Sorotan Utama

OpenAI Dikecam, Backflip 3D Mengumpulkan Rp 493.35 miliar ($30 Juta) , Gemini AI Untuk XRForbes
Teknologi
5 bulan lalu
107 dibaca

OpenAI Dikecam, Backflip 3D Mengumpulkan Rp 493.35 miliar ($30 Juta) , Gemini AI Untuk XR

Apple Vision Pro: Terobosan Kreatif dengan Cakrawala yang BerkembangForbes
Teknologi
5 bulan lalu
85 dibaca

Apple Vision Pro: Terobosan Kreatif dengan Cakrawala yang Berkembang

Google Menggabungkan AI-nya dengan XR untuk Membangun Sistem Operasi Spatial Android XRForbes
Teknologi
6 bulan lalu
100 dibaca

Google Menggabungkan AI-nya dengan XR untuk Membangun Sistem Operasi Spatial Android XR