EV dapat menyimpan energi matahari di siang hari untuk memberi daya pada rumah di malam hari dengan sistem baru.
Courtesy of InterestingEngineering

Rangkuman Berita: EV dapat menyimpan energi matahari di siang hari untuk memberi daya pada rumah di malam hari dengan sistem baru.

InterestingEngineering
Dari InterestingEngineering
29 Desember 2024 pukul 21.44 WIB
98 dibaca
Share
Sebuah lembaga penelitian Jerman, Fraunhofer Institute, melakukan studi tentang dampak penggunaan mobil listrik (EV) sebagai baterai penyimpanan di rumah. Dengan teknologi pengisian dua arah, studi ini menunjukkan bahwa negara-negara Eropa seperti Jerman dan Prancis bisa mendapatkan banyak manfaat jika teknologi ini diadopsi secara luas. Mobil listrik biasanya hanya digunakan sekitar satu jam sehari, sehingga selama 23 jam sisanya, mobil tersebut bisa berfungsi sebagai baterai sementara untuk membantu menstabilkan permintaan energi dari jaringan listrik. Ini juga bisa membuat energi terbarukan seperti tenaga surya dan angin lebih menarik, karena EV dapat menyimpan energi saat produksi tinggi dan mengeluarkannya saat permintaan meningkat.
Studi ini memperkirakan bahwa penggunaan EV sebagai baterai rumah dapat menghemat hingga €22 miliar setiap tahun di Eropa dan memenuhi 9% hingga 20% kebutuhan listrik Uni Eropa. Dengan potensi global yang besar, diharapkan ada 1,5 miliar EV di seluruh dunia pada tahun 2050. Di Prancis, misalnya, ada insentif bagi pemilik mobil baru untuk menawarkan mobil mereka sebagai baterai sementara untuk jaringan listrik. Sebuah survei menunjukkan bahwa banyak orang bersedia menggunakan teknologi pengisian dua arah ini untuk mendukung kebutuhan listrik mereka.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang ditemukan oleh Fraunhofer Institute tentang kendaraan listrik?
A
Fraunhofer Institute menemukan bahwa kendaraan listrik dapat digunakan sebagai baterai penyimpanan rumah dengan teknologi pengisian dua arah.
Q
Bagaimana kendaraan listrik dapat berfungsi sebagai baterai penyimpanan?
A
Kendaraan listrik dapat memberi daya ke jaringan saat tidak digunakan, membantu menstabilkan permintaan energi.
Q
Apa manfaat dari pengisian dua arah bagi pemilik kendaraan listrik?
A
Pemilik kendaraan listrik dapat menghemat antara €31 hingga €780 per tahun dengan berbagi daya baterai mereka.
Q
Negara mana yang sudah memberikan insentif untuk pengisian dua arah?
A
Negara seperti Prancis sudah memberikan insentif untuk mendorong penggunaan pengisian dua arah.
Q
Apa potensi penghematan yang diestimasi oleh Transport & Environment?
A
Transport & Environment memperkirakan bahwa penggunaan kendaraan listrik sebagai baterai penyimpanan dapat menghemat hingga €22 miliar per tahun.

Rangkuman Berita Serupa

Bagaimana Bisnis Eropa Menulis Ulang Aturan Daur Ulang BateraiForbes
Teknologi
2 bulan lalu
55 dibaca

Bagaimana Bisnis Eropa Menulis Ulang Aturan Daur Ulang Baterai

Penyimpanan Baterai Menggerakkan Super Bowl, Dan Ini Akan Menjadi Energi Masa DepanForbes
Sains
2 bulan lalu
80 dibaca

Penyimpanan Baterai Menggerakkan Super Bowl, Dan Ini Akan Menjadi Energi Masa Depan

Penjualan EV di Eropa Diperkirakan Akan Meningkat, Namun Mandat 2030 Terlihat MustahilForbes
Teknologi
3 bulan lalu
156 dibaca

Penjualan EV di Eropa Diperkirakan Akan Meningkat, Namun Mandat 2030 Terlihat Mustahil

Jaringan DC Bertujuan Mengisi Kekosongan Daya Pengisian EVForbes
Sains
4 bulan lalu
81 dibaca

Jaringan DC Bertujuan Mengisi Kekosongan Daya Pengisian EV

7 cerita EV yang wajib dibaca di tahun 2024 — Teknik MenarikInterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
76 dibaca

7 cerita EV yang wajib dibaca di tahun 2024 — Teknik Menarik

Baterai EV bisa bertahan 40% lebih lama dari yang diharapkan, studi Stanford mengejutkan.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
118 dibaca

Baterai EV bisa bertahan 40% lebih lama dari yang diharapkan, studi Stanford mengejutkan.