Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.
Courtesy of InterestingEngineering

Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.

13 Mar 2025, 20.41 WIB
76 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Baterai baru yang dikembangkan memiliki desain 'sandwich' yang meningkatkan efisiensi dan daya tahan.
  • Material LNMO yang digunakan dalam katoda lebih ramah lingkungan dibandingkan material baterai tradisional.
  • Proyek IntelLiGent berfokus pada pengembangan baterai yang dapat mengurangi jejak karbon individu.
Para ilmuwan sedang mengembangkan baterai mobil listrik (EV) generasi baru yang lebih efisien, ramah lingkungan, dan lebih murah. Nils Peter Wagner, seorang ilmuwan senior di SINTEF, memimpin proyek bernama IntelLiGent yang didanai oleh Uni Eropa. Baterai ini memiliki desain "sandwich" dengan lapisan katoda di atas dan lapisan anoda di bawah. Katoda terbuat dari LNMO, bahan yang lebih ramah lingkungan karena bebas kobalt dan menggunakan lebih sedikit litium dan nikel. Sementara itu, anoda terbuat dari komposit silikon-grafit yang meningkatkan kapasitas energi, meskipun ada tantangan seperti pembengkakan saat pengisian.
Untuk menjaga struktur baterai, peneliti menggunakan pengikat dan pemisah khusus yang dapat memperbaiki diri sendiri, sehingga memperpanjang umur baterai. Meskipun kemajuan telah dicapai, teknologi baterai ini masih dalam proses penyempurnaan sebelum diluncurkan ke pasar. Tim proyek memiliki rencana jelas untuk memperkenalkan produk ini, termasuk meningkatkan produksi elektroda dan membangun model demonstrasi untuk menguji kinerja dan keamanan baterai.
Sumber: https://interestingengineering.com/energy/sandwich-style-self-repairing-ev-battery-design-could-end-range-anxiety

Pertanyaan Terkait

Q
Siapa yang memimpin proyek IntelLiGent?
A
Proyek IntelLiGent dipimpin oleh Nils Peter Wagner.
Q
Apa tujuan dari proyek IntelLiGent?
A
Tujuan dari proyek IntelLiGent adalah untuk mengembangkan teknologi baterai baru yang lebih efisien dan ramah lingkungan.
Q
Material apa yang digunakan pada lapisan katoda baterai baru?
A
Lapisan katoda baterai baru menggunakan material LNMO (lithium-nickel-manganese oxide).
Q
Apa masalah yang dihadapi oleh anoda silikon dan bagaimana cara mengatasinya?
A
Masalah yang dihadapi oleh anoda silikon adalah pembengkakan dan kerusakan, yang diatasi dengan memanfaatkan stabilitas grafit.
Q
Apa fungsi dari binders dan separators dalam baterai?
A
Binders berfungsi untuk menjaga struktur elektroda, sementara separators membantu mencegah hubungan pendek antara elektroda.

Artikel Serupa

Terobosan Baterai EV: Isi Cepat, Ringan, dan Hemat Logam KritisInterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
43 dibaca

Terobosan Baterai EV: Isi Cepat, Ringan, dan Hemat Logam Kritis

Terobosan AI dalam Mengembangkan Baterai Solid-State untuk Kendaraan ListrikInterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
79 dibaca

Terobosan AI dalam Mengembangkan Baterai Solid-State untuk Kendaraan Listrik

Inovasi Baterai Cepat Isi Sebagian Besar Dalam 12 Menit dari Perusahaan SerbiaInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
101 dibaca

Inovasi Baterai Cepat Isi Sebagian Besar Dalam 12 Menit dari Perusahaan Serbia

Baterai EV yang bertenaga mencapai 570 Wh/kg energi, tetap 78% kuat setelah 1.000 pengisian.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
52 dibaca

Baterai EV yang bertenaga mencapai 570 Wh/kg energi, tetap 78% kuat setelah 1.000 pengisian.

Ilmuwan AS memecahkan kode baterai EV berenergi tinggi untuk mengatasi kecemasan jarak tempuh dan keselamatan.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
73 dibaca

Ilmuwan AS memecahkan kode baterai EV berenergi tinggi untuk mengatasi kecemasan jarak tempuh dan keselamatan.

Terobosan baterai EV perusahaan Inggris meningkatkan daya hingga 20% untuk memperpanjang jangkauan.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
124 dibaca

Terobosan baterai EV perusahaan Inggris meningkatkan daya hingga 20% untuk memperpanjang jangkauan.