Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Ilmuwan AS memecahkan kode baterai EV berenergi tinggi untuk mengatasi kecemasan jarak tempuh dan keselamatan.
Courtesy of InterestingEngineering
Teknologi
Kendaraan Listrik dan Baterai

Ilmuwan AS memecahkan kode baterai EV berenergi tinggi untuk mengatasi kecemasan jarak tempuh dan keselamatan.

13 Mar 2025, 19.24 WIB
73 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Penelitian ini memberikan analisis komprehensif tentang stabilitas termal katoda nikel tinggi.
  • Indeks stabilitas termal dapat membantu dalam pengembangan katoda yang lebih aman untuk baterai EV.
  • Kemajuan ini penting untuk membuat kendaraan listrik lebih menarik bagi konsumen.
Para peneliti dari Universitas Texas di Austin dan Laboratorium Nasional Argonne sedang berusaha untuk membuat baterai mobil listrik (EV) yang lebih aman dan efisien dengan menggunakan katoda berbasis nikel. Mereka melakukan lebih dari 500 pengukuran pada 15 bahan katoda nikel tinggi dan menemukan bahwa setiap katoda memiliki batas aman tertentu yang disebut "critical state of charge." Jika katoda melebihi batas ini, dapat terjadi kondisi berbahaya yang disebut thermal runaway, di mana suhu yang meningkat dapat menyebabkan kebakaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan ikatan logam-oksigen dan reaktivitas permukaan mempengaruhi batas aman ini. Para peneliti juga mengembangkan indeks stabilitas termal untuk membantu mengukur seberapa aman katoda tersebut. Temuan ini diharapkan dapat membantu industri dalam menciptakan baterai EV yang lebih aman dan menarik bagi konsumen, tanpa mengorbankan kepadatan energi yang tinggi. Selanjutnya, mereka akan melanjutkan penelitian dengan memasukkan elektrolit ke dalam studi mereka.
Sumber: https://interestingengineering.com/transportation/nickel-based-cathodes-produce-ev-battery

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang ditemukan oleh peneliti mengenai katoda nikel tinggi?
A
Peneliti menemukan bahwa setiap katoda memiliki keadaan pengisian kritis yang menentukan batas pengoperasiannya yang aman.
Q
Mengapa katoda nikel tinggi dianggap berpotensi merevolusi pasar EV?
A
Katoda nikel tinggi dapat memberikan rentang berkendara yang lebih lama untuk kendaraan listrik.
Q
Apa yang mempengaruhi stabilitas termal katoda?
A
Stabilitas termal katoda dipengaruhi oleh kekuatan ikatan logam-oksigen dan reaktivitas permukaan.
Q
Apa itu indeks stabilitas termal yang dikembangkan oleh peneliti?
A
Indeks stabilitas termal adalah ukuran yang dikembangkan untuk mengkuantifikasi reaktivitas katoda selama kejadian kecelakaan termal.
Q
Apa langkah selanjutnya yang akan diambil oleh peneliti setelah penelitian ini?
A
Peneliti akan melanjutkan penelitian mereka dengan memasukkan elektrolit ke dalam perhitungan.

Artikel Serupa

Teknologi Nano-CT NREL Bantu Memperbaiki Baterai EV Bekas dengan Presisi Tinggi
Teknologi Nano-CT NREL Bantu Memperbaiki Baterai EV Bekas dengan Presisi Tinggi
Dari InterestingEngineering
Terobosan AI dalam Mengembangkan Baterai Solid-State untuk Kendaraan Listrik
Terobosan AI dalam Mengembangkan Baterai Solid-State untuk Kendaraan Listrik
Dari InterestingEngineering
Ilmuwan Korea menangani baterai yang meledak, menjanjikan jangkauan 997.79 km (620 mil) untuk EV masa depan.
Ilmuwan Korea menangani baterai yang meledak, menjanjikan jangkauan 997.79 km (620 mil) untuk EV masa depan.
Dari InterestingEngineering
Baterai EV yang bertenaga mencapai 570 Wh/kg energi, tetap 78% kuat setelah 1.000 pengisian.
Baterai EV yang bertenaga mencapai 570 Wh/kg energi, tetap 78% kuat setelah 1.000 pengisian.
Dari InterestingEngineering
Terobosan baterai EV generasi berikutnya mengemas 30% lebih banyak daya dengan penemuan yang mengejutkan.
Terobosan baterai EV generasi berikutnya mengemas 30% lebih banyak daya dengan penemuan yang mengejutkan.
Dari InterestingEngineering
Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.
Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.
Dari InterestingEngineering
Teknologi Nano-CT NREL Bantu Memperbaiki Baterai EV Bekas dengan Presisi TinggiInterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
35 dibaca

Teknologi Nano-CT NREL Bantu Memperbaiki Baterai EV Bekas dengan Presisi Tinggi

Terobosan AI dalam Mengembangkan Baterai Solid-State untuk Kendaraan ListrikInterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
80 dibaca

Terobosan AI dalam Mengembangkan Baterai Solid-State untuk Kendaraan Listrik

Ilmuwan Korea menangani baterai yang meledak, menjanjikan jangkauan 997.79 km (620 mil) untuk EV masa depan.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
142 dibaca

Ilmuwan Korea menangani baterai yang meledak, menjanjikan jangkauan 997.79 km (620 mil) untuk EV masa depan.

Baterai EV yang bertenaga mencapai 570 Wh/kg energi, tetap 78% kuat setelah 1.000 pengisian.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
52 dibaca

Baterai EV yang bertenaga mencapai 570 Wh/kg energi, tetap 78% kuat setelah 1.000 pengisian.

Terobosan baterai EV generasi berikutnya mengemas 30% lebih banyak daya dengan penemuan yang mengejutkan.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
147 dibaca

Terobosan baterai EV generasi berikutnya mengemas 30% lebih banyak daya dengan penemuan yang mengejutkan.

Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
77 dibaca

Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.