Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Mengisi masa depan: Jet F-35 lepas landas dengan kompatibilitas bahan bakar sintetis 50%
Courtesy of InterestingEngineering
Teknologi
Kendaraan Listrik dan Baterai

Mengisi masa depan: Jet F-35 lepas landas dengan kompatibilitas bahan bakar sintetis 50%

18 Jan 2025, 18.21 WIB
239 dibaca
Share
Pesawat tempur F-35 Norwegia di Stasiun Udara Ørland baru saja menyelesaikan penerbangan pertama mereka menggunakan bahan bakar sintetis yang disebut Synthetic Aviation Turbine Fuels (SATFs). Ini adalah langkah penting karena menjadi penggunaan pertama bahan bakar ini untuk pesawat F-35, yang menunjukkan komitmen Norwegia untuk mengurangi emisi sambil memastikan kesiapan angkatan udaranya. Dengan menggunakan bahan bakar sintetis, pesawat ini dapat mengurangi ketergantungan pada pasokan bahan bakar tradisional, sehingga lebih mandiri dan cepat dalam merespons kebutuhan misi.
Baca juga: Northrop Grumman Percepat Produksi Inti Pesawat Tempur F-35 dengan Teknologi Canggih
Bahan bakar sintetis ini dibuat dari berbagai sumber, termasuk bahan baku fosil seperti batu bara dan gas alam, serta sumber terbarukan seperti limbah pertanian dan minyak bekas. Penggunaan SATFs diharapkan dapat meningkatkan fleksibilitas operasional F-35, bahkan saat terjadi gangguan pasokan bahan bakar. Dengan lebih dari 1.100 F-35 yang beroperasi di seluruh dunia, pesawat ini tetap menjadi aset penting dalam menjaga dominasi udara bagi Amerika Serikat dan sekutunya di masa depan.
Sumber: https://interestingengineering.com/military/f-35-gets-synthetic-fuel-compatibility

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang dicapai oleh jet tempur F-35 Norwegia di Ørland Air Station?
A
Jet tempur F-35 Norwegia telah menyelesaikan penerbangan pertama mereka menggunakan bahan bakar sintetis di Ørland Air Station.
Q
Siapa yang memproduksi F-35 dan apa peran mereka dalam penggunaan bahan bakar sintetis?
A
F-35 diproduksi oleh Lockheed Martin, yang mendukung penggunaan bahan bakar sintetis untuk meningkatkan kesiapan operasional pesawat.
Q
Apa manfaat dari penggunaan bahan bakar sintetis bagi F-35?
A
Penggunaan bahan bakar sintetis diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada rantai pasokan bahan bakar tradisional dan meningkatkan fleksibilitas operasional.
Q
Mengapa diversifikasi sumber bahan bakar penting menurut Chauncey McIntosh?
A
Diversifikasi sumber bahan bakar penting untuk meningkatkan keunggulan operasional dan kesiapan dalam menghadapi tantangan misi.
Q
Apa dampak dari penggunaan bahan bakar sintetis terhadap operasi militer secara keseluruhan?
A
Penggunaan bahan bakar sintetis dapat meningkatkan fleksibilitas operasional dan mengurangi dampak lingkungan dari operasi militer.

Artikel Serupa

Inovasi Perbaikan F-35: Pesawat Rusak Jadi Alat Latihan Teknik dan Hemat Biaya
Inovasi Perbaikan F-35: Pesawat Rusak Jadi Alat Latihan Teknik dan Hemat Biaya
Dari InterestingEngineering
F-35 tidak memiliki saklar pemutus: Lockheed meredakan kecemasan sekutu AS mengenai pejuang tersebut.
F-35 tidak memiliki saklar pemutus: Lockheed meredakan kecemasan sekutu AS mengenai pejuang tersebut.
Dari InterestingEngineering
Angkatan Udara AS's pesawat tempur generasi keenam NGAD mencapai tonggak penting dengan keberhasilan desain mesin.
Angkatan Udara AS's pesawat tempur generasi keenam NGAD mencapai tonggak penting dengan keberhasilan desain mesin.
Dari InterestingEngineering
Angkatan Udara AS memberikan dorongan mesin yang sangat dibutuhkan untuk F-22 guna membalikkan tingkat kesiapan yang rendah selama 20 tahun.
Angkatan Udara AS memberikan dorongan mesin yang sangat dibutuhkan untuk F-22 guna membalikkan tingkat kesiapan yang rendah selama 20 tahun.
Dari InterestingEngineering
Angkatan Udara AS membangun F-35A senilai Rp 1.32 triliun ($80 juta)  hanya dengan Rp 98.67 miliar ($6 juta)  dengan menggabungkan bagian dari dua pesawat yang jatuh.
Angkatan Udara AS membangun F-35A senilai Rp 1.32 triliun ($80 juta) hanya dengan Rp 98.67 miliar ($6 juta) dengan menggabungkan bagian dari dua pesawat yang jatuh.
Dari InterestingEngineering
F-35 mencetak sejarah: Penjatuhan ganda pertama kalinya bom panduan laser GBU-54 seberat 500 pon.
F-35 mencetak sejarah: Penjatuhan ganda pertama kalinya bom panduan laser GBU-54 seberat 500 pon.
Dari InterestingEngineering
Inovasi Perbaikan F-35: Pesawat Rusak Jadi Alat Latihan Teknik dan Hemat BiayaInterestingEngineering
Bisnis
2 bulan lalu
125 dibaca

Inovasi Perbaikan F-35: Pesawat Rusak Jadi Alat Latihan Teknik dan Hemat Biaya

F-35 tidak memiliki saklar pemutus: Lockheed meredakan kecemasan sekutu AS mengenai pejuang tersebut.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
127 dibaca

F-35 tidak memiliki saklar pemutus: Lockheed meredakan kecemasan sekutu AS mengenai pejuang tersebut.

Angkatan Udara AS's pesawat tempur generasi keenam NGAD mencapai tonggak penting dengan keberhasilan desain mesin.InterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
151 dibaca

Angkatan Udara AS's pesawat tempur generasi keenam NGAD mencapai tonggak penting dengan keberhasilan desain mesin.

Angkatan Udara AS memberikan dorongan mesin yang sangat dibutuhkan untuk F-22 guna membalikkan tingkat kesiapan yang rendah selama 20 tahun.InterestingEngineering
Bisnis
5 bulan lalu
101 dibaca

Angkatan Udara AS memberikan dorongan mesin yang sangat dibutuhkan untuk F-22 guna membalikkan tingkat kesiapan yang rendah selama 20 tahun.

Angkatan Udara AS membangun F-35A senilai Rp 1.32 triliun ($80 juta)  hanya dengan Rp 98.67 miliar ($6 juta)  dengan menggabungkan bagian dari dua pesawat yang jatuh.InterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
202 dibaca

Angkatan Udara AS membangun F-35A senilai Rp 1.32 triliun ($80 juta) hanya dengan Rp 98.67 miliar ($6 juta) dengan menggabungkan bagian dari dua pesawat yang jatuh.

F-35 mencetak sejarah: Penjatuhan ganda pertama kalinya bom panduan laser GBU-54 seberat 500 pon.InterestingEngineering
Teknologi
6 bulan lalu
191 dibaca

F-35 mencetak sejarah: Penjatuhan ganda pertama kalinya bom panduan laser GBU-54 seberat 500 pon.