Duolingo membunuh maskot burung hantu kartunnya untuk sebuah stunt pemasaran 'gila' lainnya — kecuali di satu negara.
Courtesy of YahooFinance

Duolingo membunuh maskot burung hantu kartunnya untuk sebuah stunt pemasaran 'gila' lainnya — kecuali di satu negara.

28 Feb 2025, 14.55 WIB
39 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Duolingo menggunakan pemasaran yang tidak konvensional untuk menarik perhatian pengguna.
  • Kampanye pemasaran yang spesifik untuk negara dapat mempengaruhi respons publik.
  • Kampanye ini berhasil meningkatkan pengguna aktif dan pendapatan secara signifikan.
Duolingo, aplikasi pembelajaran bahasa, melakukan kampanye pemasaran yang unik dengan berpura-pura membunuh maskotnya, seekor burung hantu hijau bernama Duo, di hampir semua negara kecuali Jepang. CEO Duolingo, Luis von Ahn, menjelaskan bahwa di Jepang, bercanda tentang kematian tidak dianggap baik, jadi di sana Duo tidak "mati". Kampanye ini menarik perhatian banyak orang, termasuk penyanyi pop Dua Lipa, dan berhasil meningkatkan jumlah pengguna aktif harian sebesar 51% dan pendapatan sebesar 41% pada kuartal keempat.
Duolingo dikenal dengan pemasaran yang tidak biasa dan disesuaikan dengan budaya lokal. Mereka menggunakan konten yang relevan dengan tren dan berita di setiap negara, termasuk Jepang yang memiliki konten dalam bahasa Jepang dan seni bergaya anime. Pada kuartal terakhir, Duolingo juga menjadi perusahaan pertama yang menggunakan animasi untuk menyampaikan laporan keuangan, menunjukkan inovasi mereka dalam menggunakan kecerdasan buatan. Meskipun sahamnya turun setelah laporan tersebut, Duolingo tetap mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam jumlah pengguna dan pendapatan.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang terjadi dengan maskot Duolingo dalam kampanye pemasaran terbaru?
A
Maskot Duolingo, Duo, diumumkan telah 'meninggal' sebagai bagian dari kampanye pemasaran.
Q
Mengapa Jepang tidak ikut serta dalam kampanye kematian maskot?
A
Di Jepang, bercanda tentang kematian tidak dianggap pantas, sehingga Duo tidak 'meninggal' di sana.
Q
Apa dampak dari kampanye pemasaran ini terhadap pengguna dan pendapatan Duolingo?
A
Kampanye ini membantu meningkatkan pengguna aktif harian sebesar 51% dan pendapatan sebesar 41% pada kuartal keempat.
Q
Siapa yang mengomentari kampanye ini di media sosial?
A
Penyanyi Dua Lipa mengomentari kampanye ini dengan menyebutkan lelucon tentang Duo.
Q
Apa yang dilakukan Duolingo untuk menarik perhatian pengguna di berbagai negara?
A
Duolingo menggunakan konten lokal dan tren untuk menarik perhatian pengguna di berbagai negara.

Artikel Serupa

Duolingo Luncurkan 148 Kursus Bahasa Baru dengan AI, Hadapi Kritik PenggunaTechCrunch
Teknologi
1 bulan lalu
70 dibaca

Duolingo Luncurkan 148 Kursus Bahasa Baru dengan AI, Hadapi Kritik Pengguna

Duolingo Berfokus pada AI: Kecepatan Mengalahkan KesempurnaanYahooFinance
Teknologi
1 bulan lalu
58 dibaca

Duolingo Berfokus pada AI: Kecepatan Mengalahkan Kesempurnaan

Duolingo Beralih ke Strategi 'AI-First' untuk Meningkatkan EfisiensiTheVerge
Teknologi
1 bulan lalu
51 dibaca

Duolingo Beralih ke Strategi 'AI-First' untuk Meningkatkan Efisiensi

Duolingo, Inc. (DUOL): Para insider menjual saham pada Q1 2025.YahooFinance
Finansial
2 bulan lalu
84 dibaca

Duolingo, Inc. (DUOL): Para insider menjual saham pada Q1 2025.

3 Saham Turun 24% hingga 75% untuk Dibeli SekarangYahooFinance
Finansial
2 bulan lalu
67 dibaca

3 Saham Turun 24% hingga 75% untuk Dibeli Sekarang

Pengguna Duolingo yang belajar bahasa Inggris yang antusias akan bantuan AI membantu mendorong penjualan yang melebihi ekspektasi.YahooFinance
Finansial
3 bulan lalu
137 dibaca

Pengguna Duolingo yang belajar bahasa Inggris yang antusias akan bantuan AI membantu mendorong penjualan yang melebihi ekspektasi.