Courtesy of YahooFinance
British Airways Tolak Biaya Mahal Pembangunan Landasan Ketiga Heathrow
01 Mar 2025, 00.24 WIB
122 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- IAG menolak untuk mendanai landasan ketiga di Heathrow dengan model biaya saat ini.
- Gatwick memiliki potensi untuk meningkatkan kapasitas penumpang, tetapi tidak akan menjadi hub utama bagi BA.
- Permintaan untuk penerbangan premium tetap kuat, meskipun permintaan korporat belum pulih sepenuhnya.
Pemilik British Airways, International Airlines Group (IAG), menolak untuk mendanai pembangunan landasan ketiga di Heathrow yang diperkirakan memerlukan biaya £20 miliar. CEO IAG, Luis Gallego, mengatakan bahwa meskipun mereka mendukung ekspansi Heathrow, biaya yang sudah tinggi membuat investasi tersebut tidak terjangkau. Heathrow saat ini adalah bandara termahal di dunia, dan biaya yang dibayar oleh maskapai penerbangan di sana dua kali lipat dibandingkan dengan bandara di Amsterdam, Paris, atau Madrid. IAG bersama dengan Virgin Atlantic dan American Airlines meminta peninjauan terhadap model pendanaan Heathrow yang diatur oleh Otoritas Penerbangan Sipil.
Baca juga: Virgin Group Siapkan 700 Juta Pound untuk Bersaing dengan Eurostar Lewat Kereta Lintas Kanal
Gallego juga menunjukkan dukungannya untuk mengubah jalur pendaratan darurat di Gatwick menjadi landasan penuh waktu, yang dapat meningkatkan kapasitas penumpang dari 44 juta menjadi 80 juta. Namun, dia menekankan bahwa Gatwick bukanlah hub utama dan pengembangan harus tetap fokus di Heathrow. Meskipun ada tantangan seperti kebisingan pesawat dan masalah dengan mesin Rolls-Royce yang membatasi jumlah pesawat jarak jauh, IAG tetap berencana untuk memperluas rute penerbangan, terutama jika situasi di Ukraina membaik.
--------------------
Analisis Kami: Penolakan IAG terhadap model tarif Heathrow menandakan kegagalan regulasi yang terlalu menekan maskapai dan melemahkan daya saing bandara utama Inggris. Solusi jangka panjang harus melibatkan kolaborasi pemerintah dan industri untuk membangun struktur pembiayaan yang adil dan berkelanjutan agar ekspansi infrastruktur udara tidak terhambat.
--------------------
Analisis Ahli:
Luis Gallego: Ekspansi Heathrow harus dilakukan dengan model yang terjangkau supaya investasi bisa berhasil dan maskapai tetap kompetitif.
Sean Doyle: Strategi dual hub antara Heathrow dan Gatwick tidak berhasil dan perlu pendekatan pengembangan kapasitas yang realistis.
Rachel Reeves: Pendanaan perlu melalui kontribusi berkelanjutan dari maskapai untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur bandara.
--------------------
What's Next: Proyek pengembangan landasan ketiga di Heathrow kemungkinan akan mengalami penundaan panjang atau perubahan model pembiayaan, sementara peningkatan kapasitas di Gatwick menjadi alternatif yang lebih cepat dan lebih terjangkau.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/british-airways-owner-refuses-bankroll-172414004.html
[1] https://finance.yahoo.com/news/british-airways-owner-refuses-bankroll-172414004.html
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang dikatakan Luis Gallego tentang biaya Heathrow?A
Luis Gallego menyatakan bahwa Heathrow adalah bandara termahal di dunia dan biaya yang dikenakan kepada maskapai sudah terlalu tinggi.Q
Mengapa IAG dan maskapai lain meminta tinjauan terhadap model pendanaan Heathrow?A
IAG dan maskapai lain meminta tinjauan terhadap model pendanaan Heathrow karena biaya yang tinggi membuat investasi untuk landasan baru tidak terjangkau.Q
Apa pendapat Sean Doyle tentang Gatwick sebagai hub penerbangan?A
Sean Doyle berpendapat bahwa Gatwick bukanlah hub dan meskipun ada kapasitas tambahan, pengembangan utama harus tetap di Heathrow.Q
Apa yang diharapkan IAG terkait dengan penerbangan ke Asia?A
IAG berharap dapat menambah penerbangan ke beberapa tujuan di Asia jika perang di Ukraina berakhir dan mereka dapat terbang di atas Rusia.Q
Apa yang sedang diuji oleh BA terkait aplikasi penjualan?A
BA sedang menguji aplikasi penjualan baru yang diharapkan dapat diluncurkan pada kuartal kedua sebagai bagian dari upaya modernisasi platform digital mereka.