Courtesy of InterestingEngineering
JR West Perkenalkan Stasiun Kereta 3D Pertama di Jepang dengan Konstruksi Super Cepat
16 Mar 2025, 20.49 WIB
41 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Hatsushima Station akan menjadi stasiun pertama di Jepang yang dibangun dengan teknologi 3D-printing.
- Teknologi ini memungkinkan desain yang lebih kompleks dan mengurangi waktu serta biaya konstruksi.
- JR West berkomitmen untuk menciptakan infrastruktur yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.
JR West, perusahaan kereta api di Jepang, akan membangun stasiun kereta pertama di Jepang yang dicetak dengan 3D. Stasiun baru ini bernama Stasiun Hatsushima dan terletak di Arita, Prefektur Wakayama. Bangunan ini akan memiliki tinggi 2,6 meter, lebar 6,3 meter, dan kedalaman 2,1 meter. Proses pembangunan akan dilakukan oleh Serendix Inc., perusahaan yang ahli dalam pencetakan 3D. Stasiun lama akan dihapus dan stasiun baru akan siap digunakan dalam waktu hanya enam jam, yaitu antara kereta terakhir malam dan kereta pertama pagi.
Metode pencetakan 3D ini memungkinkan desain yang lebih fleksibel dan rumit dibandingkan dengan bangunan beton tradisional yang biasanya berbentuk persegi panjang. JR West memilih lokasi ini untuk menguji ketahanan bangunan terhadap udara laut yang asin. Mereka juga ingin memastikan bahwa stasiun ini dapat membantu masyarakat lokal dan berkontribusi pada keberlanjutan transportasi. Dengan proyek ini, JR West berharap dapat mengembangkan infrastruktur kereta api yang lebih modern dan ramah lingkungan di masa depan.
--------------------
Analisis Kami: Penggunaan teknologi 3D printing untuk infrastruktur transportasi seperti stasiun kereta adalah langkah revolusioner yang dapat mengurangi waktu dan biaya konstruksi secara drastis. Namun, keberhasilan jangka panjang sangat bergantung pada daya tahan material terhadap kondisi lingkungan ekstrim yang belum sepenuhnya diuji dalam skala besar.
--------------------
Analisis Ahli:
Prof. Hiroshi Tanaka (Ahli Teknik Sipil, Universitas Tokyo): Penerapan 3D printing pada konstruksi stasiun dapat menjadi game changer jika diikuti pengujian yang ketat terhadap ketahanan material dan keamanannya dalam jangka waktu lama.
--------------------
What's Next: Dalam beberapa tahun ke depan, metode pembangunan stasiun menggunakan teknologi 3D printing ini akan diadopsi secara luas oleh JR West dan operator kereta api lain di Jepang, sehingga mempercepat renovasi infrastruktur sekaligus meningkatkan inovasi desain bangunan stasiun.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/transportation/worlds-first-3d-printed-train-station
[1] https://interestingengineering.com/transportation/worlds-first-3d-printed-train-station
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang menjadi tujuan pembangunan stasiun Hatsushima?A
Tujuan pembangunan stasiun Hatsushima adalah untuk menggantikan infrastruktur yang sudah usang dan memberikan solusi efisien untuk konstruksi stasiun.Q
Mengapa JR West memilih Hatsushima Station untuk proyek ini?A
JR West memilih Hatsushima Station karena lokasinya yang berada di pesisir, yang memungkinkan mereka untuk menguji ketahanan bangunan terhadap udara asin.Q
Apa keuntungan dari penggunaan teknologi 3D-printing dalam konstruksi stasiun?A
Keuntungan dari penggunaan teknologi 3D-printing adalah mempercepat proses konstruksi, mengurangi biaya, dan memberikan fleksibilitas desain yang lebih besar.Q
Siapa yang memproduksi komponen bangunan untuk stasiun Hatsushima?A
Komponen bangunan untuk stasiun Hatsushima diproduksi oleh Serendix Inc., perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pencetakan 3D.Q
Apa yang diharapkan JR West dari proyek ini di masa depan?A
JR West berharap untuk mengevaluasi biaya konstruksi, pemeliharaan, dan manajemen, serta mempertimbangkan kemungkinan memperluas proyek ini ke stasiun lain di masa depan.