Courtesy of TheVerge
Perusahaan Game Besar Bersama Luncurkan Inisiatif Buat Fitur Aksesibilitas Lebih Jelas
21 Mar 2025, 02.15 WIB
194 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dalam permainan video.
- Lima perusahaan besar berkolaborasi untuk menggunakan tag aksesibilitas yang jelas.
- Tag aksesibilitas akan membantu pemain memahami fitur yang tersedia dalam permainan.
Lima perusahaan video game besar, termasuk Nintendo of America dan Microsoft, bergabung dalam inisiatif baru bernama "Accessible Games Initiative" yang dikelola oleh Entertainment Software Association (ESA). Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih jelas tentang fitur aksesibilitas dalam permainan mereka. Lima anggota pendiri, yaitu Electronic Arts, Google, Microsoft, Nintendo of America, dan Ubisoft, akan menggunakan 24 tag untuk menjelaskan fitur aksesibilitas, seperti "subtitle besar dan jelas" dan "menu yang dinarasikan."
Tag-tag ini akan ditampilkan di toko digital dan halaman produk game, mirip dengan informasi tentang jumlah pemain dan rating usia. Meskipun semua perusahaan berkomitmen untuk mengimplementasikan tag ini, waktu pelaksanaannya akan berbeda-beda tergantung pada masing-masing perusahaan. Beberapa perusahaan, seperti Ubisoft dan Microsoft, sudah merencanakan untuk segera menerapkan tag ini, sementara yang lain masih dalam proses perencanaan.
Referensi:
[1] https://theverge.com/news/633405/esa-accessible-games-initiative-nintendo-google-microsoft-ea-ubisoft
[1] https://theverge.com/news/633405/esa-accessible-games-initiative-nintendo-google-microsoft-ea-ubisoft
Analisis Kami
"Inisiatif ini merupakan langkah penting dalam menyetarakan hak akses bagi para gamer dengan berbagai kebutuhan. Namun, keberhasilan sebenarnya terletak pada konsistensi dan kecepatan implementasi dari masing-masing perusahaan, agar fitur ini benar-benar bermanfaat bagi komunitas luas."
Analisis Ahli
Aubrey Quinn
"Keberhasilan inisiatif ini bergantung pada kolaborasi internal masing-masing perusahaan dan adaptasi yang fleksibel terhadap kebutuhan konsumen."
Enid Brown Nelson
"Mewujudkan game yang inklusif memerlukan pengembangan berkelanjutan serta pengenalan fitur aksesibilitas yang nyata dan terukur dalam produk baru maupun lama."
Prediksi Kami
Dalam waktu dekat, semakin banyak game dengan informasi fitur aksesibilitas yang jelas pada toko digital, sehingga meningkatkan kesadaran dan penggunaan fitur ini oleh pemain dengan kebutuhan khusus.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa itu Inisiatif Permainan Aksesibilitas?A
Inisiatif Permainan Aksesibilitas adalah usaha lintas industri untuk memberikan informasi yang lebih jelas tentang fitur aksesibilitas dalam permainan.Q
Siapa saja anggota pendiri dari inisiatif ini?A
Anggota pendiri dari inisiatif ini adalah Electronic Arts, Google, Microsoft, Nintendo of America, dan Ubisoft.Q
Apa saja fitur aksesibilitas yang akan ditandai?A
Fitur aksesibilitas yang akan ditandai termasuk subtitle besar dan jelas, menu yang dinarasikan, dan berbagai fitur input.Q
Bagaimana perusahaan akan mengimplementasikan tag aksesibilitas?A
Perusahaan akan mengimplementasikan tag aksesibilitas di halaman produk dan toko digital mereka, dengan waktu implementasi yang bervariasi antar perusahaan.Q
Apa tujuan dari inisiatif ini?A
Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk membuat permainan lebih inklusif dan dapat diakses oleh semua orang.