Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Airbus Dorong Penerbangan Hidrogen dengan Fuel Cell Menuju 2030-an
Courtesy of InterestingEngineering
Sains
Iklim dan Lingkungan

Airbus Dorong Penerbangan Hidrogen dengan Fuel Cell Menuju 2030-an

27 Mar 2025, 04.46 WIB
140 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Airbus berkomitmen untuk mengembangkan penerbangan hidrogen sebagai solusi untuk emisi nol.
  • Teknologi sel bahan bakar dipilih sebagai metode terbaik untuk propulsi hidrogen.
  • Kolaborasi dengan berbagai pihak sangat penting untuk membangun infrastruktur yang mendukung penerbangan hidrogen.
Industri penerbangan menghadapi tantangan besar dalam mengurangi emisi karbon. Pesawat membutuhkan bahan bakar dengan kepadatan energi tinggi untuk penerbangan jarak jauh. Airbus berkomitmen untuk mengembangkan pesawat yang menggunakan hidrogen sebagai sumber tenaga melalui proyek ZEROe, dan mereka berharap dapat meluncurkan pesawat hidrogen komersial pada akhir tahun 2030-an. Airbus memilih teknologi sel bahan bakar, yang menghasilkan listrik dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen, hanya menghasilkan air sebagai produk sampingan. Pesawat baru ini akan memiliki empat mesin propulsi listrik yang masing-masing didukung oleh sistem sel bahan bakar.
Baca juga: LoganAir dan ZeroAvia Kerja Sama Kembangkan Pesawat Hidrogen Ramah Lingkungan
Namun, tantangan tidak hanya ada pada pengembangan pesawat, tetapi juga pada infrastruktur dan regulasi. Airbus bekerja sama dengan lebih dari 200 bandara dan penyedia energi untuk membangun rantai pasokan hidrogen yang diperlukan. Mereka juga berusaha untuk mendapatkan persetujuan regulasi yang baru untuk pesawat hidrogen. Dengan kolaborasi yang kuat dan investasi dalam penelitian, Airbus optimis bahwa penerbangan komersial berbasis hidrogen dapat terwujud pada akhir tahun 2030-an, yang akan mengubah industri penerbangan untuk masa depan.
--------------------
Analisis Kami: Langkah Airbus yang memilih teknologi fuel cell adalah terobosan penting karena mengatasi masalah emisi langsung dari pembakaran bahan bakar. Namun, keberhasilan jangka panjang sangat bergantung pada seberapa cepat infrastruktur dan regulasi dapat dibangun secara global, yang prosesnya bisa sangat kompleks dan mahal.
--------------------
Analisis Ahli:
Dr. Emily Chen, Pakar Energi Terbarukan: Adopsi fuel cell di industri penerbangan menunjukkan kemajuan signifikan dalam teknologi bahan bakar alternatif, tapi untuk benar-benar efektif perlu ada sinergi antara teknologi dan kebijakan yang mendukung transisi energi bersih.
Prof. Michael Andersen, Ahli Transportasi Berkelanjutan: Inovasi Airbus membuka jalan baru untuk penerbangan hijau, namun perhatian harus tetap diberikan pada keselamatan dan kesiapan ekosistem bahan bakar hidrogen agar dapat diterima secara luas oleh pasar.
--------------------
Baca juga: Inovasi Pesawat Hibrida Helix Turunkan Konsumsi Bahan Bakar hingga 90 Persen
What's Next: Dalam waktu sekitar 15 tahun, pesawat komersial bertenaga hidrogen berbasis teknologi fuel cell kemungkinan besar akan mengudara secara luas, mengubah standar penerbangan ke arah yang lebih ramah lingkungan dan mendukung dekarbonisasi global penerbangan.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/transportation/airbus-unveils-new-hydrogen-airplane

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tantangan utama yang dihadapi industri penerbangan dalam dekarbonisasi?
A
Tantangan utama yang dihadapi industri penerbangan dalam dekarbonisasi adalah kebutuhan akan bahan bakar dengan kepadatan energi tinggi untuk penerbangan jarak jauh.
Q
Apa tujuan dari proyek ZEROe yang diluncurkan oleh Airbus?
A
Tujuan dari proyek ZEROe adalah untuk mengembangkan pesawat komersial bertenaga hidrogen yang dapat beroperasi secara nol emisi pada akhir tahun 2030-an.
Q
Mengapa teknologi sel bahan bakar dipilih sebagai solusi untuk penerbangan hidrogen?
A
Teknologi sel bahan bakar dipilih karena dapat menghasilkan listrik melalui reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen, hanya menghasilkan air sebagai produk sampingan.
Q
Apa saja tantangan infrastruktur yang harus diatasi untuk mendukung penerbangan hidrogen?
A
Tantangan infrastruktur yang harus diatasi termasuk pengembangan infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen, transportasi, dan kerangka regulasi yang sesuai.
Q
Bagaimana Airbus berkolaborasi dengan pihak lain untuk mewujudkan penerbangan hidrogen?
A
Airbus berkolaborasi dengan lebih dari 200 bandara, maskapai penerbangan, dan penyedia energi untuk membangun rantai pasokan hidrogen yang diperlukan.

Artikel Serupa

Teknologi Baru Aircela Hasilkan Bensin Ramah Lingkungan dari Udara
Teknologi Baru Aircela Hasilkan Bensin Ramah Lingkungan dari Udara
Dari InterestingEngineering
Sel Bahan Bakar Sodium-Udara dari MIT: Energi Tinggi dan Bersih untuk Pesawat Listrik Masa Depan
Sel Bahan Bakar Sodium-Udara dari MIT: Energi Tinggi dan Bersih untuk Pesawat Listrik Masa Depan
Dari InterestingEngineering
ZeroAvia Siap Luncurkan Layanan Kargo Hidrogen-Listrik Pertama di Inggris
ZeroAvia Siap Luncurkan Layanan Kargo Hidrogen-Listrik Pertama di Inggris
Dari InterestingEngineering
AMSL dan Conflux Kembangkan Teknologi Pendingin Hidrogen untuk Pesawat VTOL Jarak Jauh
AMSL dan Conflux Kembangkan Teknologi Pendingin Hidrogen untuk Pesawat VTOL Jarak Jauh
Dari InterestingEngineering
ZeroAvia dan Departemen Angkatan Udara AS Kembangkan Pesawat Hidrogen Otonom
ZeroAvia dan Departemen Angkatan Udara AS Kembangkan Pesawat Hidrogen Otonom
Dari InterestingEngineering
Reaktor Tenaga Surya Caltech: Langkah Nyata Menuju Penerbangan Ramah Lingkungan
Reaktor Tenaga Surya Caltech: Langkah Nyata Menuju Penerbangan Ramah Lingkungan
Dari InterestingEngineering
Teknologi Baru Aircela Hasilkan Bensin Ramah Lingkungan dari UdaraInterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
102 dibaca

Teknologi Baru Aircela Hasilkan Bensin Ramah Lingkungan dari Udara

Sel Bahan Bakar Sodium-Udara dari MIT: Energi Tinggi dan Bersih untuk Pesawat Listrik Masa DepanInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
47 dibaca

Sel Bahan Bakar Sodium-Udara dari MIT: Energi Tinggi dan Bersih untuk Pesawat Listrik Masa Depan

ZeroAvia Siap Luncurkan Layanan Kargo Hidrogen-Listrik Pertama di InggrisInterestingEngineering
Sains
3 bulan lalu
87 dibaca

ZeroAvia Siap Luncurkan Layanan Kargo Hidrogen-Listrik Pertama di Inggris

AMSL dan Conflux Kembangkan Teknologi Pendingin Hidrogen untuk Pesawat VTOL Jarak JauhInterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
76 dibaca

AMSL dan Conflux Kembangkan Teknologi Pendingin Hidrogen untuk Pesawat VTOL Jarak Jauh

ZeroAvia dan Departemen Angkatan Udara AS Kembangkan Pesawat Hidrogen OtonomInterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
114 dibaca

ZeroAvia dan Departemen Angkatan Udara AS Kembangkan Pesawat Hidrogen Otonom

Reaktor Tenaga Surya Caltech: Langkah Nyata Menuju Penerbangan Ramah LingkunganInterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
115 dibaca

Reaktor Tenaga Surya Caltech: Langkah Nyata Menuju Penerbangan Ramah Lingkungan