Beyond Aero Hadirkan Pesawat Jet Ringan Bertenaga Hidrogen Nol Emisi
Courtesy of InterestingEngineering

Beyond Aero Hadirkan Pesawat Jet Ringan Bertenaga Hidrogen Nol Emisi

22 Mar 2025, 01.25 WIB
17 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Beyond Aero berkomitmen untuk menciptakan pesawat jet ringan bertenaga hidrogen dengan emisi nol.
  • BYA-1 diharapkan menjadi pesawat pertama yang disertifikasi untuk propulsi hidrogen pada tahun 2030.
  • Industri penerbangan harus mengatasi tantangan rantai pasokan dan penyimpanan hidrogen untuk memanfaatkan teknologi ini.
Perusahaan pesawat listrik asal Prancis, Beyond Aero, telah mengumumkan kemajuan penting dalam pengembangan pesawat BYA-1, yang merupakan jet ringan pertama yang dirancang untuk menggunakan propulsi hidrogen. Pesawat ini ditargetkan untuk mendapatkan sertifikasi dan mulai dipasarkan pada tahun 2030. BYA-1 dirancang untuk menjadi pesawat tanpa emisi dengan biaya pemeliharaan yang terjangkau, menggunakan sistem sel bahan bakar hidrogen tanpa baterai dan memiliki dua mesin listrik untuk meningkatkan keamanan. Pesawat ini dapat mengangkut enam penumpang dan memiliki jangkauan sekitar 1287.47 km (800 mil) laut.
Beyond Aero juga mengklaim bahwa desain pesawat ini memiliki 90% lebih sedikit bagian bergerak dibandingkan dengan mesin konvensional, yang membuatnya lebih mudah dirawat dan mengurangi biaya operasional. Meskipun hidrogen memiliki potensi sebagai bahan bakar ramah lingkungan, industri penerbangan masih menghadapi tantangan dalam pengembangan rantai pasokan hidrogen hijau dan penyimpanan hidrogen yang aman. Namun, Beyond Aero dan perusahaan lain seperti Universal Hydrogen dan Airbus terus berinvestasi dalam teknologi propulsi hidrogen untuk masa depan penerbangan yang lebih bersih.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/transportation/world-first-certified-hydrogen-electric-light-jet

Analisis Kami

"Beyond Aero menunjukkan kemajuan signifikan dengan pemilihan arsitektur yang cerdas dan fokus pada pengurangan biaya operasional, hal ini dapat merevolusi penerbangan ringan dalam jangka menengah. Namun, tantangan besar terkait penyimpanan dan distribusi hydrogen masih perlu diatasi secara simultan agar potensi besar teknologi ini dapat diwujudkan secara praktis dan masif."

Analisis Ahli

Dr. Jean Dupont, Ahli Energi Terbarukan
"Penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar pesawat menawarkan solusi nyata dalam mengurangi jejak karbon penerbangan, tetapi keberhasilan teknologi ini sangat bergantung pada pengembangan sumber hidrogen hijau yang ekonomis dan infrastruktur distribusi yang luas."
Prof. Maria Gomez, Pakar Aeronautika
"Desain modular dan pengurangan komponen bergerak menjadi langkah penting untuk memastikan pemeliharaan yang efisien dan mengurangi biaya, membuat pesawat hidrogen semakin kompetitif dibandingkan jet bahan bakar fosil saat ini."

Prediksi Kami

Dalam beberapa tahun mendatang, pesawat bertenaga hidrogen seperti BYA-1 akan mendapatkan sertifikasi resmi dan mulai digunakan secara komersial, membuka era baru penerbangan ramah lingkungan dan mendorong pengembangan infrastruktur hidrogen di sektor penerbangan.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa itu BYA-1?
A
BYA-1 adalah pesawat jet ringan yang dirancang untuk menggunakan propulsi hidrogen.
Q
Apa tujuan Beyond Aero dalam mengembangkan BYA-1?
A
Tujuan Beyond Aero adalah untuk menciptakan pesawat dengan emisi nol dan biaya pemeliharaan yang terjangkau.
Q
Bagaimana sistem propulsi BYA-1 bekerja?
A
Sistem propulsi BYA-1 menggunakan sel bahan bakar hidrogen yang memberi daya pada dua mesin listrik.
Q
Apa tantangan yang dihadapi industri penerbangan dalam menggunakan hidrogen?
A
Industri penerbangan harus mengembangkan rantai pasokan hidrogen hijau dan mengatasi tantangan penyimpanan hidrogen.
Q
Apa keuntungan dari penggunaan hidrogen dibandingkan bahan bakar fosil?
A
Hidrogen memiliki keunggulan dalam menghasilkan daya yang cukup untuk lepas landas dibandingkan dengan sistem propulsi listrik berbaterai.

Artikel Serupa

ZeroAvia Siap Luncurkan Layanan Kargo Hidrogen-Listrik Pertama di InggrisInterestingEngineering
Sains
3 bulan lalu
198 dibaca

ZeroAvia Siap Luncurkan Layanan Kargo Hidrogen-Listrik Pertama di Inggris

AMSL dan Conflux Kembangkan Teknologi Pendingin Hidrogen untuk Pesawat VTOL Jarak JauhInterestingEngineering
Sains
5 bulan lalu
44 dibaca

AMSL dan Conflux Kembangkan Teknologi Pendingin Hidrogen untuk Pesawat VTOL Jarak Jauh

Airbus Dorong Penerbangan Hidrogen dengan Fuel Cell Menuju 2030-anInterestingEngineering
Sains
5 bulan lalu
6 dibaca

Airbus Dorong Penerbangan Hidrogen dengan Fuel Cell Menuju 2030-an

ZeroAvia dan Departemen Angkatan Udara AS Kembangkan Pesawat Hidrogen OtonomInterestingEngineering
Sains
5 bulan lalu
218 dibaca

ZeroAvia dan Departemen Angkatan Udara AS Kembangkan Pesawat Hidrogen Otonom

Raider: Drone Bertenaga Hidrogen dengan Durasi Terbang Lebih 10 Jam dan Muatan BeratInterestingEngineering
Teknologi
6 bulan lalu
12 dibaca

Raider: Drone Bertenaga Hidrogen dengan Durasi Terbang Lebih 10 Jam dan Muatan Berat

Lydian Kembangkan Bahan Bakar Jet Ramah Lingkungan dari Karbon DioksidaTechCrunch
Sains
7 bulan lalu
171 dibaca

Lydian Kembangkan Bahan Bakar Jet Ramah Lingkungan dari Karbon Dioksida