NYK Line Luncurkan Kapal Kerja Listrik Pertama untuk Kurangi Emisi Karbon
Courtesy of InterestingEngineering

NYK Line Luncurkan Kapal Kerja Listrik Pertama untuk Kurangi Emisi Karbon

Memperkenalkan kapal kerja yang sepenuhnya digerakkan oleh baterai guna mengurangi emisi karbon dan mengadopsi teknologi maritim rendah karbon yang lebih ramah lingkungan.

27 Mei 2025, 01.57 WIB
37 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • NYK Line meluncurkan kapal kerja listrik pertama yang sepenuhnya bertenaga baterai, e-Crea.
  • Kapal e-Crea dirancang untuk beroperasi tanpa emisi karbon dan dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah.
  • Inovasi dalam teknologi maritim seperti e-Crea dapat mempercepat upaya dekarbonisasi di industri pelayaran.
Tokyo, Jepang - Perusahaan pelayaran Jepang NYK Line memperkenalkan kapal kerja pertama di dunia yang sepenuhnya digerakkan oleh baterai pada 23 Mei. Kapal bernama e-Crea ini dirancang tanpa menggunakan generator diesel sehingga menghasilkan nol emisi karbon.
e-Crea memiliki ukuran kecil dan ringkas, dengan panjang sekitar 9 meter, cocok digunakan di area terbatas seperti galangan kapal. Kapal ini mendukung operasi tugboat seperti docking dan undocking di Koyasu Shipyard.
Kapal ini sepenuhnya mengandalkan baterai yang diisi ulang dari darat tanpa bahan bakar fosil sehingga operasi kapal bebas dari polusi dan kebisingan. Sistem pendinginan canggih dipasang untuk mengatasi panas berlebih dan memastikan keamanan saat operasi.
Proyek ini dilakukan oleh Keihin Dock Co. Ltd., anak perusahaan shipbuilding NYK Line, dan mengalami tantangan khusus seperti berat baterai yang melebihi perkiraan sehingga perlu penataan ulang sistem internal.
NYK berharap kapal bertenaga baterai ini bisa mendorong adopsi teknologi ramah lingkungan di sektor pelayaran secara luas serta membantu mengurangi emisi karbon global yang terus meningkat setiap tahun.
--------------------
Analisis Kami: Peluncuran kapal kerja listrik e-Crea merupakan langkah maju yang signifikan dalam mengatasi dampak lingkungan dari industri maritim. Namun, keberhasilan skala besar bergantung pada kesiapan infrastruktur pengisian dan komitmen investasi berkelanjutan dari pelaku industri.
--------------------
Analisis Ahli:
Andi Wijaya (Ahli Transportasi Laut): Peralihan ke kapal listrik merupakan solusi jangka panjang untuk mengurangi polusi di pelabuhan dan lingkungan sekitar, tetapi perlu ada dukungan regulasi yang kuat agar teknologi ini bisa lebih cepat diadopsi.
Siti Nurhaliza (Peneliti Energi Terbarukan): Penggunaan baterai sebagai sumber tenaga utama adalah langkah positif, namun teknologi baterai harus terus dikembangkan agar efisiensi dan masa pakainya semakin optimal demi keberlanjutan jangka panjang.
--------------------
What's Next: Inovasi ini kemungkinan akan memicu lebih banyak pengembangan kapal kerja dan tugboat listrik, mempercepat transisi industri maritim global menuju emisi rendah dan nol karbon dalam beberapa tahun ke depan.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/transportation/japan-sets-sail-on-clean-energy-with-e-crea-its-first-all-electric-work-vessel

Pertanyaan Terkait

Q
Apa nama kapal kerja listrik yang diluncurkan oleh NYK Line?
A
Nama kapal kerja listrik yang diluncurkan oleh NYK Line adalah e-Crea.
Q
Apa tujuan dari peluncuran kapal e-Crea?
A
Tujuan dari peluncuran kapal e-Crea adalah untuk mendukung operasi kapal tunda di Koyasu Shipyard dan mengurangi emisi karbon.
Q
Siapa yang membangun kapal e-Crea?
A
Kapal e-Crea dibangun oleh Keihin Dock Co. Ltd.
Q
Apa yang membedakan e-Crea dari kapal konvensional?
A
e-Crea berbeda dari kapal konvensional karena sepenuhnya bertenaga baterai dan tidak menghasilkan emisi karbon.
Q
Bagaimana NYK Line berencana untuk mengurangi emisi karbon dalam industri maritim?
A
NYK Line berencana untuk mengurangi emisi karbon dengan mengeksplorasi bahan bakar generasi berikutnya dan memperkenalkan sistem propulsi listrik.

Artikel Serupa

Shanghai Ciptakan Transfer CO₂ Cair Antar Kapal, Terobosan Dekarbonisasi PelayaranInterestingEngineering
Sains
1 bulan lalu
86 dibaca

Shanghai Ciptakan Transfer CO₂ Cair Antar Kapal, Terobosan Dekarbonisasi Pelayaran

Feri Listrik Terbesar di Dunia Siap Sambut Era Transportasi Maritim Bebas EmisiInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
97 dibaca

Feri Listrik Terbesar di Dunia Siap Sambut Era Transportasi Maritim Bebas Emisi

Wärtsilä Ciptakan Sistem Tangkap Karbon Kapal untuk Kurangi Emisi 70%InterestingEngineering
Sains
3 bulan lalu
93 dibaca

Wärtsilä Ciptakan Sistem Tangkap Karbon Kapal untuk Kurangi Emisi 70%

Kapal Baterai Terbesar Dunia Diluncurkan di Tasmania, Masa Depan Transportasi Laut BersihInterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
151 dibaca

Kapal Baterai Terbesar Dunia Diluncurkan di Tasmania, Masa Depan Transportasi Laut Bersih

Wasaline Tingkatkan Kapasitas Baterai Kapal Ferinya untuk Kurangi Emisi Gas Rumah KacaInterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
43 dibaca

Wasaline Tingkatkan Kapasitas Baterai Kapal Ferinya untuk Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Lomarlabs dan Newlight Uji Teknologi Mesin Kapal Hidrogen-Diesel untuk Kurangi EmisiInterestingEngineering
Sains
5 bulan lalu
118 dibaca

Lomarlabs dan Newlight Uji Teknologi Mesin Kapal Hidrogen-Diesel untuk Kurangi Emisi