Courtesy of TheVerge
TikTok Perkenalkan Avatar AI untuk Iklan, Tantangan Baru bagi Influencer
Menginformasikan tentang penggunaan teknologi AI TikTok dalam iklan dengan avatar virtual yang menyerupai influencer manusia dan dampaknya terhadap industri influencer dan pemasaran.
16 Jun 2025, 15.00 WIB
72 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- TikTok memanfaatkan AI untuk meningkatkan efisiensi dalam iklan dan pemasaran.
- Konten yang dihasilkan AI dapat mengancam keberlangsungan pekerjaan influencer manusia.
- Pengiklan kini memiliki opsi untuk menggunakan avatar virtual sebagai pengganti influencer manusia.
tidak spesifik, global - Media sosial kini dipenuhi dengan banyak orang yang memasarkan produk melalui influencer marketing, yang mengubah iklan tradisional menjadi lebih personal dan skala besar. Influencer menjadi penjual dari ruang tamu yang mempengaruhi banyak orang sekaligus. Namun, perkembangan teknologi membuat iklan semakin otomatis, bahkan menggunakan avatar AI.
TikTok baru saja meluncurkan fitur baru di Symphony, platform iklan AI mereka yang memungkinkan pengiklan membuat video dengan avatar virtual yang bisa mencoba dan menampilkan produk seperti influencer manusia. Advertiser dapat mengunggah gambar dan teks, lalu menghasilkan video langsung tanpa harus merekam secara manual.
Dengan AI, pengiklan bisa memangkas biaya dan waktu produksi karena avatar digital tidak perlu dibayar atau punya persyaratan kontrak. Selain itu, AI juga membantu dalam menyusun ide konten, menargetkan audiens, dan menerjemahkan suara ke berbagai bahasa, membuat iklan lebih efisien dan luas jangkauannya.
Meski ada keuntungan, penggunaan AI dalam iklan menimbulkan kekhawatiran bagi influencer manusia karena ada potensi menggantikan pekerjaan mereka dan menurunkan nilai pasar jasa influencer. Disamping itu, muncul pertanyaan etis terkait apakah rekomendasi produk dari entitas yang tidak nyata dapat dipercaya oleh audiens.
TikTok menyatakan bahwa semua konten yang dibuat dengan AI akan diberi label khusus dan melewati pemeriksaan keselamatan berulang agar transparan dan aman. Langkah ini menandakan bahwa penggunaan AI dalam iklan di platform ini akan terus berkembang dan menjadi bagian penting dari pemasaran digital.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang diumumkan TikTok mengenai platform iklan AI-nya?A
TikTok mengumumkan penambahan kemampuan baru pada platform iklan AI-nya, Symphony.Q
Bagaimana fitur baru dari Symphony membantu pengiklan?A
Fitur baru memungkinkan pengiklan untuk mengunggah gambar dan teks untuk menghasilkan video dengan avatar virtual yang memodelkan produk.Q
Apa dampak potensial dari konten yang dihasilkan AI terhadap influencer manusia?A
Konten yang dihasilkan AI bisa menggantikan pekerjaan manusia dan menurunkan tarif bagi semua influencer.Q
Mengapa beberapa pengiklan bergerak lambat dalam mengadopsi konten yang dihasilkan AI?A
Beberapa pengiklan masih ragu atau menolak untuk menggunakan konten yang dihasilkan AI.Q
Apa yang dilakukan TikTok untuk memastikan keamanan konten yang dihasilkan AI?A
TikTok menyatakan bahwa semua konten yang dihasilkan AI akan diberi label dan melewati beberapa tahap tinjauan keamanan.