Blue Marlin: Kapal Angkut Pertama Bertenaga Surya untuk Transportasi Ramah Lingkungan
Courtesy of InterestingEngineering

Blue Marlin: Kapal Angkut Pertama Bertenaga Surya untuk Transportasi Ramah Lingkungan

Meluncurkan kapal angkutan sungai dengan tenaga hibrida surya-diesel untuk mengurangi emisi karbon dan meningkatkan efisiensi transportasi alat berat, khususnya untuk mengangkut besi dan material industri secara ramah lingkungan.

08 Jul 2025, 22.05 WIB
19 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Kapal Blue Marlin adalah inovasi penting dalam transportasi air ramah lingkungan.
  • Kolaborasi antara Wattlab dan HGK Shipping menunjukkan potensi teknologi solar dalam industri logistik.
  • Proyek ini diharapkan dapat mengurangi emisi karbon dan meningkatkan keberlanjutan dalam rantai pasokan.
Hamburg, Jerman - Wattlab dari Belanda dan HGK Shipping dari Jerman bekerja sama untuk menciptakan Blue Marlin, kapal kargo hibrida yang menggunakan tenaga surya dan diesel. Kapal ini dirancang khusus untuk mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi transportasi di jalur sungai.
Blue Marlin memiliki kapasitas angkut besar dengan kemampuan beroperasi di perairan dangkal. Kapal ini dilengkapi dengan 192 panel surya yang mampu menghasilkan listrik besar untuk membantu mesin utama bekerja, sekaligus mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.
Kapal ini menggunakan teknologi canggih seperti sistem propulsi diesel-listrik yang siap dengan bahan bakar masa depan dan navigasi remote control sehingga operasi kapal menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan.
Sistem manajemen energi otomatis mengatur distribusi listrik dari tenaga surya dan generator diesel untuk kebutuhan mesin dan operasional kapal. Hal ini memungkinkan pengurangan emisi karbon tahunan yang signifikan serta penghematan bahan bakar.
Blue Marlin diharapkan menjadi simbol kemajuan teknologi hijau dalam logistik dan transportasi, mendukung perusahaan seperti Salzgitter AG dalam memperbaiki jejak karbon mereka dan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.
Sumber: https://interestingengineering.com/innovation/worlds-first-solar-powered-cargo-vessel

Pertanyaan Terkait

Q
Apa nama kapal hibrida pertama yang menggunakan tenaga solar?
A
Nama kapal hibrida pertama yang menggunakan tenaga solar adalah Blue Marlin.
Q
Siapa yang mengembangkan kapal Blue Marlin?
A
Kapal Blue Marlin dikembangkan oleh Wattlab dan HGK Shipping.
Q
Apa tujuan utama dari proyek Blue Marlin?
A
Tujuan utama dari proyek Blue Marlin adalah untuk mendekarbonisasi transportasi air dan mengurangi emisi CO2.
Q
Bagaimana sistem propulsi kapal Blue Marlin bekerja?
A
Sistem propulsi kapal Blue Marlin menggabungkan tenaga solar dan generator diesel untuk meningkatkan efisiensi.
Q
Apa dampak lingkungan dari penggunaan kapal Blue Marlin?
A
Penggunaan kapal Blue Marlin diharapkan dapat mengurangi emisi CO2 hingga 36.000 kilogram per tahun.

Artikel Serupa

Feri Listrik Terbesar di Dunia Siap Sambut Era Transportasi Maritim Bebas EmisiInterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
92 dibaca

Feri Listrik Terbesar di Dunia Siap Sambut Era Transportasi Maritim Bebas Emisi

NYK Line Luncurkan Kapal Kerja Bertenaga Baterai Pertama untuk Kurangi EmisiInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
29 dibaca

NYK Line Luncurkan Kapal Kerja Bertenaga Baterai Pertama untuk Kurangi Emisi

Kapal Pengangkut CO2 Pertama di Eropa Dorong Revolusi Penangkapan KarbonInterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
122 dibaca

Kapal Pengangkut CO2 Pertama di Eropa Dorong Revolusi Penangkapan Karbon

Wärtsilä Perkenalkan Sistem Penangkap Karbon untuk Kurangi Emisi Kapal 70%InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
88 dibaca

Wärtsilä Perkenalkan Sistem Penangkap Karbon untuk Kurangi Emisi Kapal 70%

Wasaline Tingkatkan Kapasitas Baterai Aurora Botnia untuk Kurangi Emisi Gas Rumah KacaInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
40 dibaca

Wasaline Tingkatkan Kapasitas Baterai Aurora Botnia untuk Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Retrofit mesin hidrogen-diesel yang mutakhir dapat memberikan pengurangan bahan bakar sebesar 20% dalam pengiriman.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
109 dibaca

Retrofit mesin hidrogen-diesel yang mutakhir dapat memberikan pengurangan bahan bakar sebesar 20% dalam pengiriman.