Inovasi WindWings: Solusi Angin untuk Mengurangi Emisi di Kapal Tanker Kelas LR2
Courtesy of InterestingEngineering

Inovasi WindWings: Solusi Angin untuk Mengurangi Emisi di Kapal Tanker Kelas LR2

Memperkenalkan dan mengaplikasikan sistem propulsi angin WindWings pada kapal tanker LR2 dual-fuel untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi karbon secara signifikan sebagai langkah nyata dalam mendukung keberlanjutan maritim.

24 Jul 2025, 00.29 WIB
70 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Teknologi WindWings merupakan terobosan besar dalam propulsi berbasis angin untuk kapal tanker.
  • Kapal Suzuka dan Long Beach diharapkan dapat meningkatkan keberlanjutan dalam industri maritim.
  • Inisiatif ini mendukung pencapaian target pengurangan emisi gas rumah kaca oleh International Maritime Organization (IMO).
Portsmouth, Inggris; Shanghai, Cina - Perusahaan teknik kelautan Inggris, BAR Technologies, mengembangkan sistem WindWings yang revolusioner untuk mengurangi bahan bakar dan emisi karbon pada kapal tanker. Teknologi ini mengadopsi prinsip Bernoulli yang biasa digunakan dalam penerbangan untuk menghasilkan dorongan angin yang efektif.
Dua kapal tanker LR2 sepanjang 250 meter bernama Suzuka dan Long Beach akan dipasangi dua WindWings masing-masing berukuran 37,5 meter. Kapal-kapal ini dirancang oleh institusi desain kapal Shanghai dan dibangun di China dengan harapan mampu menghemat bahan bakar sebanyak tiga ton per hari.
Penerapan sistem tersebut merupakan langkah besar dalam menciptakan kapal yang lebih ramah lingkungan dan mendukung target IMO 2030 untuk pengurangan emisi gas rumah kaca. Selain itu, teknologi ini kini bukan lagi sekadar uji coba tetapi sudah siap digunakan secara praktis di lapangan.
Kapal-kapal yang dilengkapi WindWings akan berlayar di bawah bendera Republik Kepulauan Marshall dan diklasifikasi oleh Bureau Veritas, yang memastikan semuanya sesuai dengan standar keselamatan dan performa tertinggi. Ini penting agar teknologi baru dapat diterima secara luas oleh industri maritim.
Kolaborasi antara BAR Technologies dan CM Energy Tech dalam produksi sistem ini menghadirkan solusi yang canggih dan dapat diandalkan untuk mendukung keberlanjutan maritim di masa depan. Penerapan WindWings pada kapal tanker besar ini diharapkan mengubah standar industri ke arah yang lebih hijau.
Sumber: https://interestingengineering.com/innovation/wind-wings-to-power-820-foot-tankers

Pertanyaan Terkait

Q
Apa itu sistem propulsi WindWings?
A
Sistem propulsi WindWings adalah sistem inovatif yang menggunakan prinsip Bernoulli untuk membantu mengurangi penggunaan bahan bakar dan emisi pada kapal.
Q
Kapal apa yang akan dilengkapi dengan WindWings?
A
Kapal yang akan dilengkapi dengan WindWings adalah Suzuka dan Long Beach, dua kapal tanker LR2 baru.
Q
Apa tujuan dari implementasi teknologi WindWings?
A
Tujuan dari implementasi teknologi WindWings adalah untuk mendekarbonisasi industri pelayaran dan menjadikan propulsi angin sebagai standar dalam keberlanjutan maritim.
Q
Siapa yang merancang dan membangun kapal tanker tersebut?
A
Kapal tanker tersebut dirancang oleh Shanghai Merchant Ship Design and Research Institute (SDARI) dan dibangun oleh Xiamen Shipbuilding Industry (XSI).
Q
Apa dampak yang diharapkan dari penggunaan WindWings pada emisi karbon?
A
Dampak yang diharapkan adalah penghematan sekitar tiga ton bahan bakar per hari dan pengurangan emisi karbon dioksida tahunan yang setara dengan menghilangkan lebih dari 500 mobil penumpang dari jalan.

Artikel Serupa

Wärtsilä Perkenalkan Sistem Penangkap Karbon untuk Kurangi Emisi Kapal 70%InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
88 dibaca

Wärtsilä Perkenalkan Sistem Penangkap Karbon untuk Kurangi Emisi Kapal 70%

Retrofit mesin hidrogen-diesel yang mutakhir dapat memberikan pengurangan bahan bakar sebesar 20% dalam pengiriman.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
109 dibaca

Retrofit mesin hidrogen-diesel yang mutakhir dapat memberikan pengurangan bahan bakar sebesar 20% dalam pengiriman.

1.953 ton monster: Mesin kapal kargo berbahan bakar metanol terbesar di dunia debutInterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
98 dibaca

1.953 ton monster: Mesin kapal kargo berbahan bakar metanol terbesar di dunia debut

Kapal lepas pantai sepenuhnya listrik pertama di dunia dengan baterai 25MWh akan diluncurkan pada tahun 2027.InterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
149 dibaca

Kapal lepas pantai sepenuhnya listrik pertama di dunia dengan baterai 25MWh akan diluncurkan pada tahun 2027.

Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.InterestingEngineering
Sains
5 bulan lalu
172 dibaca

Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.

Kapal angkat berat terbesar di dunia dengan crane 5.000 ton sedang dibangun di Jepang.InterestingEngineering
Sains
5 bulan lalu
183 dibaca

Kapal angkat berat terbesar di dunia dengan crane 5.000 ton sedang dibangun di Jepang.