Courtesy of InterestingEngineering
Lomarlabs dan Newlight Uji Teknologi Mesin Kapal Hidrogen-Diesel untuk Kurangi Emisi
20 Mar 2025, 22.44 WIB
117 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Kolaborasi antara Lomar Shipping dan Newlight bertujuan untuk mengembangkan teknologi retrofit yang ramah lingkungan.
- Teknologi retrofit hidrogen-diesel dapat mengurangi emisi tanpa perlu mengganti sistem propulsi secara keseluruhan.
- Industri maritim perlu mengambil langkah-langkah segera untuk mencapai target dekarbonisasi dan meningkatkan efisiensi energi.
Lomar Shipping, melalui inovasi lomarlabs, akan mulai menguji teknologi retrofit mesin hidrogen-diesel di dunia nyata pada musim panas 2025. Mereka bekerja sama dengan Newlight, perusahaan teknologi yang mengkhususkan diri dalam retrofit mesin hidrogen-diesel. Kerja sama ini bertujuan untuk membantu industri maritim memenuhi target pengurangan emisi yang ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO). Teknologi ini memungkinkan kapal yang sudah ada untuk menggunakan campuran hidrogen dan diesel, sehingga mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi energi tanpa perlu mengganti seluruh sistem propulsi.
Proyek pilot ini akan melibatkan retrofitting salah satu kapal Lomar dengan teknologi Newlight, dan setelah pemasangan, kapal tersebut akan menjalani uji coba di pelabuhan dan laut. Dengan teknologi ini, diharapkan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 20%. Lomar dan Newlight percaya bahwa langkah-langkah praktis seperti ini penting untuk mengurangi emisi dan membuat kapal lebih efisien, sambil tetap mempertimbangkan kebutuhan jangka panjang untuk mencapai emisi nol di industri maritim.
--------------------
Analisis Kami: Teknologi retrofit dual-fuel hidrogen-diesel ini menawarkan jalan tengah yang realistis dan segera untuk mengurangi emisi tanpa beban investasi besar yang biasanya menghambat modernisasi armada kapal. Pendekatan ini menunjukkan bahwa dekarbonisasi tidak harus menunggu teknologi baru yang sempurna, tapi dapat dilakukan dengan menggunakan inovasi yang praktis dan terjangkau sekarang juga.
--------------------
Analisis Ahli:
Stylianos Papageorgiou: Dekarbonisasi harus segera dilakukan dengan memanfaatkan solusi yang realistis dan praktis, bukan menunggu bahan bakar sempurna.
Haran Cohen Hillel: Mengubah armada kapal satu per satu dengan retrofit hidrogen adalah langkah nyata dan langsung untuk mengurangi emisi secara signifikan.
--------------------
What's Next: Implementasi teknologi retrofit hidrogen-diesel akan membantu banyak armada kapal mempercepat transisi ke emisi yang lebih rendah dan mendorong adopsi lebih luas di industri maritim, sekaligus memperkuat pasar retrofit mesin sebagai solusi dekarbonisasi jangka menengah.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/transportation/new-hydrogen-diesel-engine-retrofits
[1] https://interestingengineering.com/transportation/new-hydrogen-diesel-engine-retrofits
Pertanyaan Terkait
Q
Apa tujuan kolaborasi antara Lomar Shipping dan Newlight?A
Tujuan kolaborasi antara Lomar Shipping dan Newlight adalah untuk mempercepat adopsi solusi rendah emisi yang hemat biaya untuk industri pelayaran.Q
Apa yang dimaksud dengan teknologi retrofit hidrogen-diesel?A
Teknologi retrofit hidrogen-diesel adalah teknologi yang memungkinkan mesin diesel yang ada untuk beroperasi dengan campuran hidrogen dan diesel, mengurangi emisi.Q
Mengapa dekarbonisasi penting bagi industri maritim?A
Dekarbonisasi penting bagi industri maritim untuk memenuhi target yang ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO) dan mengurangi dampak lingkungan.Q
Apa yang diharapkan dari proyek percontohan yang akan dilakukan?A
Dari proyek percontohan yang akan dilakukan, diharapkan dapat mengumpulkan data dan menilai kinerja kapal setelah retrofit.Q
Siapa yang mengungkapkan pentingnya tindakan segera dalam dekarbonisasi?A
Stylianos Papageorgiou mengungkapkan pentingnya tindakan segera dalam dekarbonisasi.