Mesin Kapal Bertenaga Amonia Pertama di Dunia untuk Pelayaran Ramah Lingkungan
Courtesy of InterestingEngineering

Mesin Kapal Bertenaga Amonia Pertama di Dunia untuk Pelayaran Ramah Lingkungan

Meluncurkan mesin kapal komersial berteknologi amonia pertama di dunia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendukung transisi energi bersih dalam industri pelayaran.

01 Sep 2025, 22.43 WIB
73 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • J-ENG meluncurkan mesin kapal amonia pertama di dunia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.
  • Mesin ini dapat beroperasi dengan dua jenis bahan bakar: amonia dan minyak berat.
  • Pengujian mendalam dan sertifikasi oleh ClassNK menunjukkan kinerja dan keamanan mesin yang luar biasa.
Akashi, Jepang - Japan Engine Corporation (J-ENG) dari Jepang telah memperkenalkan mesin kapal komersial pertama di dunia yang dapat menggunakan bahan bakar amonia. Teknologi ini dikembangkan untuk membantu mengurangi emisi gas rumah kaca di industri pelayaran, yang merupakan salah satu penyumbang emisi terbesar di dunia.
Mesin yang diberi nama 7UEC50LSJA-HPSCR ini memiliki kemampuan dual-fuel, artinya dapat menggunakan bahan bakar tradisional berupa minyak berat dan amonia. Ini memudahkan kapal untuk bertransisi menuju penggunaan bahan bakar yang lebih bersih tanpa perlu mengganti mesin secara langsung.
Setelah melewati berbagai uji performa dan keselamatan selama ratusan jam, mesin ini telah mendapatkan sertifikasi dari ClassNK, organisasi klasifikasi kapal terbesar di dunia. Mesin ini diperkirakan akan mulai dipasang pada kapal pada Oktober 2025 dan kapal tersebut akan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2026.
Pengujian menunjukkan bahwa mesin ini mampu mengurangi emisi nitrogen oksida sebanyak 50 persen dan hampir tidak menghasilkan emisi amonia yang tidak terbakar. Selain itu, efisiensi mesin saat menggunakan amonia setara atau bahkan lebih tinggi dibandingkan saat menggunakan minyak berat.
J-ENG juga sedang mengembangkan mesin dengan diameter bore yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan kapal berukuran lebih besar. Proyek ini didukung oleh organisasi Jepang seperti NEDO dan diharapkan dapat membantu industri pelayaran Indonesia dan global mencapai target netral karbon pada 2050.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/energy/worlds-first-ammonia-powered-commercial-ship

Analisis Kami

"Langkah J-ENG ini menunjukkan bahwa inovasi teknologi di bidang mesin kapal benar-benar dapat membawa perubahan besar dalam pengurangan emisi. Walaupun teknologi amonia masih menghadapi tantangan terkait keamanan bahan bakar, komitmen jangka panjang dan uji coba ekstensif menjadi kunci keberhasilan komersialisasi teknologi ini."

Analisis Ahli

Dr. Hirotaka Saito
"Penggunaan amonia sebagai bahan bakar kapal adalah terobosan penting menuju pelayaran ramah lingkungan, namun tantangan terkait infrastruktur dan keamanan harus diatasi untuk implementasi luas."
Prof. Yuki Tanaka
"Mesin dual-fuel seperti yang dikembangkan J-ENG memudahkan transisi energi tanpa mengorbankan performa, sehingga ini dapat menjadi model bagi pabrikan mesin kapal lain."

Prediksi Kami

Pengembangan dan adopsi mesin berbahan bakar amonia akan mempercepat transisi industri pelayaran menuju emisi rendah, yang memicu inovasi tambahan serta peningkatan penggunaan bahan bakar amonia di seluruh dunia pada dekade mendatang.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang diungkapkan oleh Japan Engine Corporation?
A
Japan Engine Corporation mengungkapkan mesin kapal amonia pertama di dunia untuk transportasi maritim yang lebih bersih.
Q
Apa fitur utama dari mesin amonia yang diluncurkan?
A
Mesin ini memiliki tujuh silinder dan sistem SCR bertekanan tinggi untuk mengurangi emisi nitrogen.
Q
Kapan mesin ini dijadwalkan untuk dikirim?
A
Mesin ini dijadwalkan untuk dikirim pada Oktober 2025.
Q
Bagaimana mesin ini mengurangi emisi gas rumah kaca?
A
Mesin ini menghasilkan emisi nitrous oxide yang sangat rendah dan memotong emisi nitrogen oxide hingga setengah dibandingkan mesin minyak konvensional.
Q
Apa rencana J-ENG untuk pengembangan mesin amonia di masa depan?
A
J-ENG berencana untuk mengembangkan mesin amonia dengan bore yang lebih besar untuk memenuhi permintaan kapal berbahan bakar amonia yang meningkat.

Artikel Serupa

Allseas Rencanakan Penggunaan Reaktor Modular Kecil untuk Kapal Lepas PantaiInterestingEngineering
Sains
3 bulan lalu
166 dibaca

Allseas Rencanakan Penggunaan Reaktor Modular Kecil untuk Kapal Lepas Pantai

NYK Line Luncurkan Kapal Kerja Listrik Pertama untuk Kurangi Emisi KarbonInterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
279 dibaca

NYK Line Luncurkan Kapal Kerja Listrik Pertama untuk Kurangi Emisi Karbon

Lomarlabs dan Newlight Uji Teknologi Mesin Kapal Hidrogen-Diesel untuk Kurangi EmisiInterestingEngineering
Sains
5 bulan lalu
218 dibaca

Lomarlabs dan Newlight Uji Teknologi Mesin Kapal Hidrogen-Diesel untuk Kurangi Emisi

Mesin Metanol Raksasa WinGD Dorong Pelayaran Lebih Ramah LingkunganInterestingEngineering
Sains
6 bulan lalu
157 dibaca

Mesin Metanol Raksasa WinGD Dorong Pelayaran Lebih Ramah Lingkungan

Kapal Kontainer Bertenaga Nuklir SMR: Masa Depan Pelayaran Ramah LingkunganInterestingEngineering
Teknologi
6 bulan lalu
303 dibaca

Kapal Kontainer Bertenaga Nuklir SMR: Masa Depan Pelayaran Ramah Lingkungan

Inovasi Kapal Clipper Eris, Sistem Penangkap Karbon Onboard Pertama di DuniaInterestingEngineering
Sains
7 bulan lalu
74 dibaca

Inovasi Kapal Clipper Eris, Sistem Penangkap Karbon Onboard Pertama di Dunia