Courtesy of InterestingEngineering
Mesin Kapal Bertenaga Amonia Pertama di Dunia untuk Pelayaran Ramah Lingkungan
Meluncurkan mesin kapal komersial berteknologi amonia pertama di dunia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendukung transisi energi bersih dalam industri pelayaran.
01 Sep 2025, 22.43 WIB
73 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- J-ENG meluncurkan mesin kapal amonia pertama di dunia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.
- Mesin ini dapat beroperasi dengan dua jenis bahan bakar: amonia dan minyak berat.
- Pengujian mendalam dan sertifikasi oleh ClassNK menunjukkan kinerja dan keamanan mesin yang luar biasa.
Akashi, Jepang - Japan Engine Corporation (J-ENG) dari Jepang telah memperkenalkan mesin kapal komersial pertama di dunia yang dapat menggunakan bahan bakar amonia. Teknologi ini dikembangkan untuk membantu mengurangi emisi gas rumah kaca di industri pelayaran, yang merupakan salah satu penyumbang emisi terbesar di dunia.
Mesin yang diberi nama 7UEC50LSJA-HPSCR ini memiliki kemampuan dual-fuel, artinya dapat menggunakan bahan bakar tradisional berupa minyak berat dan amonia. Ini memudahkan kapal untuk bertransisi menuju penggunaan bahan bakar yang lebih bersih tanpa perlu mengganti mesin secara langsung.
Setelah melewati berbagai uji performa dan keselamatan selama ratusan jam, mesin ini telah mendapatkan sertifikasi dari ClassNK, organisasi klasifikasi kapal terbesar di dunia. Mesin ini diperkirakan akan mulai dipasang pada kapal pada Oktober 2025 dan kapal tersebut akan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2026.
Pengujian menunjukkan bahwa mesin ini mampu mengurangi emisi nitrogen oksida sebanyak 50 persen dan hampir tidak menghasilkan emisi amonia yang tidak terbakar. Selain itu, efisiensi mesin saat menggunakan amonia setara atau bahkan lebih tinggi dibandingkan saat menggunakan minyak berat.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/energy/worlds-first-ammonia-powered-commercial-ship
[1] https://interestingengineering.com/energy/worlds-first-ammonia-powered-commercial-ship
Analisis Kami
"Langkah J-ENG ini menunjukkan bahwa inovasi teknologi di bidang mesin kapal benar-benar dapat membawa perubahan besar dalam pengurangan emisi. Walaupun teknologi amonia masih menghadapi tantangan terkait keamanan bahan bakar, komitmen jangka panjang dan uji coba ekstensif menjadi kunci keberhasilan komersialisasi teknologi ini."
Analisis Ahli
Dr. Hirotaka Saito
"Penggunaan amonia sebagai bahan bakar kapal adalah terobosan penting menuju pelayaran ramah lingkungan, namun tantangan terkait infrastruktur dan keamanan harus diatasi untuk implementasi luas."
Prof. Yuki Tanaka
"Mesin dual-fuel seperti yang dikembangkan J-ENG memudahkan transisi energi tanpa mengorbankan performa, sehingga ini dapat menjadi model bagi pabrikan mesin kapal lain."
Prediksi Kami
Pengembangan dan adopsi mesin berbahan bakar amonia akan mempercepat transisi industri pelayaran menuju emisi rendah, yang memicu inovasi tambahan serta peningkatan penggunaan bahan bakar amonia di seluruh dunia pada dekade mendatang.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang diungkapkan oleh Japan Engine Corporation?A
Japan Engine Corporation mengungkapkan mesin kapal amonia pertama di dunia untuk transportasi maritim yang lebih bersih.Q
Apa fitur utama dari mesin amonia yang diluncurkan?A
Mesin ini memiliki tujuh silinder dan sistem SCR bertekanan tinggi untuk mengurangi emisi nitrogen.Q
Kapan mesin ini dijadwalkan untuk dikirim?A
Mesin ini dijadwalkan untuk dikirim pada Oktober 2025.Q
Bagaimana mesin ini mengurangi emisi gas rumah kaca?A
Mesin ini menghasilkan emisi nitrous oxide yang sangat rendah dan memotong emisi nitrogen oxide hingga setengah dibandingkan mesin minyak konvensional.Q
Apa rencana J-ENG untuk pengembangan mesin amonia di masa depan?A
J-ENG berencana untuk mengembangkan mesin amonia dengan bore yang lebih besar untuk memenuhi permintaan kapal berbahan bakar amonia yang meningkat.