Kapal Pengangkut LNG Pertama Dunia Tenaga Molten Salt Reactor untuk Masa Depan Bersih
Courtesy of InterestingEngineering

Kapal Pengangkut LNG Pertama Dunia Tenaga Molten Salt Reactor untuk Masa Depan Bersih

Memperkenalkan kapal pengangkut LNG bertenaga reaktor molten salt modular kecil sebagai langkah besar menuju propulsi laut bersih tanpa emisi karbon, yang menunjukkan kemajuan teknologi berkelanjutan di industri maritim.

09 Sep 2025, 20.37 WIB
45 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Kapal LNG pertama di dunia yang menggunakan reaktor garam cair telah diluncurkan.
  • Reaktor garam cair menawarkan efisiensi energi dan keamanan tinggi serta mengurangi kebutuhan akan penggantian bahan bakar.
  • Proyek ini didukung oleh pemerintah Korea untuk mencapai tujuan keberlanjutan lingkungan.
Milan, Italia - Para insinyur Korea telah membuat terobosan besar dalam teknologi propulsi laut bersih dengan meluncurkan kapal pengangkut LNG pertama di dunia yang menggunakan reaktor molten salt modular kecil sebagai sumber tenaga. Ini merupakan langkah penting dalam mengimplementasikan teknologi nuklir generasi baru untuk mengurangi emisi karbon di sektor maritim.
Kapal tersebut mendapatkan sertifikasi Approval in Principle (AiP) pada 9 September dari American Bureau of Shipping dan negara bendera Liberia, yang menandakan desain dan teknologi kapal ini telah memenuhi standar keselamatan dan regulasi internasional.
Reaktor molten salt berkapasitas 100 megawatt thermal menggabungkan bahan bakar nuklir dan pendingin dalam bentuk cair yang memiliki efisiensi energi lebih tinggi dan keamanan lebih baik. Keunggulan utamanya adalah tidak membutuhkan penggantian bahan bakar selama masa pakai kapal.
Kerjasama antara Korea Atomic Energy Research Institute dan Samsung Heavy Industries telah dimulai sejak 2023 dengan dukungan kementerian terkait di Korea. Tujuannya adalah menyelesaikan desain konseptual reaktor molten salt untuk kapal pada tahun berikutnya serta memperkenalkan kapal ini dalam pameran Gastech 2025 di Milan, Italia.
Teknologi ini diyakini akan menjadi solusi unggul untuk propulsi kapal di masa depan yang mengarah pada pengoperasian laut yang lebih ramah lingkungan dan mendukung target netralitas karbon dalam industri maritim yang sangat membutuhkan inovasi untuk mengurangi dampak perubahan iklim.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/energy/worlds-first-nuclear-powered-lng-carrier

Analisis Kami

"Teknologi MSR yang diterapkan pada kapal LNG ini menandai revolusi dalam pengembangan propulsi kapal yang sangat diperlukan untuk mengurangi emisi karbon di sektor maritim. Meskipun masih butuh pengembangan, jika berhasil, teknologi ini bisa menjadi standar baru yang menggantikan bahan bakar fosil secara signifikan."

Analisis Ahli

Jin Young Cho
"Penggunaan MSR pada kapal dapat memberikan kontribusi besar dalam mencapai netralitas karbon di industri maritim dengan operasi yang aman dan efisien tanpa perlu penggantian bahan bakar."

Prediksi Kami

Dalam beberapa tahun ke depan, kapal berbahan bakar reaktor molten salt modular akan mulai beroperasi secara komersial, membuka era baru propulsi kapal jauh lebih bersih dan efisien dengan potensi besar mendominasi sektor pengangkutan maritim global.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang diluncurkan oleh insinyur Korea terkait propulsi maritim?
A
Insinyur Korea meluncurkan kapal LNG yang ditenagai oleh reaktor garam cair kecil.
Q
Apa itu reaktor garam cair dan bagaimana cara kerjanya?
A
Reaktor garam cair adalah reaktor fusi nuklir yang menggunakan garam cair sebagai bahan bakar atau pendingin, menawarkan keamanan tinggi dan efisiensi energi.
Q
Siapa yang memberikan Persetujuan Prinsip untuk kapal LNG ini?
A
Persetujuan Prinsip diberikan oleh American Bureau of Shipping dan negara bendera Liberia.
Q
Apa keuntungan dari sistem propulsi menggunakan reaktor garam cair?
A
Keuntungan dari sistem propulsi ini termasuk kemampuan untuk beroperasi tanpa penggantian bahan bakar sepanjang umur kapal dan efisiensi energi yang tinggi.
Q
Apa tujuan proyek ini dalam konteks keberlanjutan lingkungan?
A
Proyek ini bertujuan untuk berkontribusi pada pencapaian netralitas karbon di sektor maritim.

Artikel Serupa

HD Hyundai Raih Sertifikasi Teknologi Terobosan untuk Sistem Propulsi Kapal ListrikInterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
175 dibaca

HD Hyundai Raih Sertifikasi Teknologi Terobosan untuk Sistem Propulsi Kapal Listrik

Inovasi WindWings: Solusi Angin untuk Mengurangi Emisi di Kapal Tanker Kelas LR2InterestingEngineering
Sains
1 bulan lalu
159 dibaca

Inovasi WindWings: Solusi Angin untuk Mengurangi Emisi di Kapal Tanker Kelas LR2

Copenhagen Atomics Dapat Dana Besar untuk Reaktor Nuklir Thorium InovatifInterestingEngineering
Bisnis
2 bulan lalu
113 dibaca

Copenhagen Atomics Dapat Dana Besar untuk Reaktor Nuklir Thorium Inovatif

Allseas Rencanakan Penggunaan Reaktor Modular Kecil untuk Kapal Lepas PantaiInterestingEngineering
Sains
3 bulan lalu
172 dibaca

Allseas Rencanakan Penggunaan Reaktor Modular Kecil untuk Kapal Lepas Pantai

Kapal Kontainer Bertenaga Nuklir SMR: Masa Depan Pelayaran Ramah LingkunganInterestingEngineering
Teknologi
6 bulan lalu
308 dibaca

Kapal Kontainer Bertenaga Nuklir SMR: Masa Depan Pelayaran Ramah Lingkungan

Reaktor Nuklir Modul Kecil di Texas: Energi Bersih dan Air Desalinasi SekaligusInterestingEngineering
Teknologi
7 bulan lalu
98 dibaca

Reaktor Nuklir Modul Kecil di Texas: Energi Bersih dan Air Desalinasi Sekaligus