Kapal Canopée Buktikan Tenaga Angin Hemat Bahan Bakar di Lautan
Courtesy of InterestingEngineering

Kapal Canopée Buktikan Tenaga Angin Hemat Bahan Bakar di Lautan

Memperlihatkan keberhasilan teknologi propulsi angin hibrida yang menggabungkan tenaga listrik dan termal dalam pengurangan konsumsi bahan bakar dan emisi karbon di industri pelayaran.

23 Jun 2025, 21.49 WIB
76 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Canopée menunjukkan potensi besar teknologi propulsi angin dalam industri pelayaran.
  • Sistem OceanWings dapat secara signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi karbon.
  • Kerjasama antara berbagai organisasi menunjukkan pentingnya inovasi dalam mencapai keberlanjutan di sektor maritim.
Eropa dan Guyana Prancis - Canopée adalah kapal kargo industri pertama di dunia yang menggunakan tenaga hibrida listrik dan termal dengan empat sayap otomatis yang memanfaatkan kekuatan angin untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Kapal ini dibangun khusus untuk mengangkut komponen roket Ariane 6 dari Eropa ke Guyana Prancis.
Teknologi OceanWings yang digunakan di kapal Canopée efektif dalam menghemat rata-rata 5,2 ton bahan bakar setiap harinya, yang setara dengan penghematan energi mesin sampai 1.200 kW. Setiap sayap membantu mengurangi 1,3 ton bahan bakar dan 300 kW tenaga mesin, serta mengurangi lebih dari 20 ton emisi CO2 per hari.
Dalam dua tahun beroperasi, sistem sayap otomatis ini menunjukkan keandalan tinggi dengan ketersediaan sistem 99,6 persen. Selain itu, teknologi ini terus ditingkatkan dengan bantuan perangkat lunak dan kecerdasan buatan untuk efisiensi yang lebih baik.
Pada pelayaran terakhir, Canopée mencatat penghematan bahan bakar yang lebih tinggi lagi, yakni 2,2 ton per sayap per hari. Kapal bahkan mampu berlayar dengan kecepatan 13,7 knot hanya menggunakan tenaga angin, menunjukkan kemajuan teknologi propulsi angin di dunia pelayaran.
Alizés, perusahaan yang mengoperasikan kapal ini, bersama dengan berbagai pihak yang terlibat seperti OceanWings, VPLP Design, dan ArianeGroup, telah mendapatkan penghargaan dari Académie de Marine atas inovasi mereka dalam teknologi maritim yang rendah karbon. Ini menunjukkan masa depan cerah dalam upaya mendekarbonisasi industri transportasi laut.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa itu Canopée dan untuk apa kapal ini digunakan?
A
Canopée adalah kapal kargo industri hybrid pertama yang digunakan untuk mengangkut komponen roket Ariane 6 dari Eropa ke Guyana Prancis.
Q
Bagaimana sistem OceanWings membantu mengurangi emisi karbon?
A
Sistem OceanWings membantu mengurangi emisi karbon dengan menghemat bahan bakar hingga 5,2 ton per hari, berkat penggunaan sayap otomatis yang memanfaatkan tenaga angin.
Q
Siapa yang mengoperasikan kapal Canopée?
A
Kapal Canopée dioperasikan oleh Alizés, sebuah usaha patungan antara Jifmar dan Zéphyr & Borée.
Q
Apa yang dicapai Canopée selama dua tahun operasinya?
A
Selama dua tahun operasinya, Canopée mencapai penghematan bahan bakar yang signifikan dan memiliki ketersediaan sistem 99,6 persen.
Q
Mengapa teknologi propulsi angin dianggap penting bagi industri pelayaran?
A
Teknologi propulsi angin dianggap penting karena membantu mengurangi jejak karbon dan meningkatkan efisiensi dalam industri pelayaran yang semakin menghadapi tekanan untuk mengurangi emisi.

Artikel Serupa

Wasaline Tingkatkan Kapasitas Baterai Aurora Botnia untuk Kurangi Emisi Gas Rumah KacaInterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
33 dibaca

Wasaline Tingkatkan Kapasitas Baterai Aurora Botnia untuk Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Proyek balon kargo terbesar di dunia maju dengan kesepakatan tabung serat karbon sepanjang 46 mil.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
108 dibaca

Proyek balon kargo terbesar di dunia maju dengan kesepakatan tabung serat karbon sepanjang 46 mil.

Kapal lepas pantai sepenuhnya listrik pertama di dunia dengan baterai 25MWh akan diluncurkan pada tahun 2027.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
120 dibaca

Kapal lepas pantai sepenuhnya listrik pertama di dunia dengan baterai 25MWh akan diluncurkan pada tahun 2027.

Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
165 dibaca

Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.

Gills buatan robot laut dalam membuka kekuatan berenang tanpa batas dengan oksigen dari air laut.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
47 dibaca

Gills buatan robot laut dalam membuka kekuatan berenang tanpa batas dengan oksigen dari air laut.

Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
60 dibaca

Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.