Courtesy of SCMP
JD.com Luncurkan Rencana Besar Setelah Pesanan Harian Pengiriman Capai 200 Juta
Meningkatkan penjualan dan posisi JD.com sebagai penyedia layanan pengiriman lokal teratas di China melalui dukungan intensif bagi merek unggulan dan bersaing dengan kompetitor utama seperti Meituan dan Alibaba.
09 Jul 2025, 20.00 WIB
39 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- JD.com meluncurkan Rencana Double Hundred untuk mendukung merek-merek terpilih.
- Persaingan antara JD.com, Meituan, dan Alibaba semakin ketat di sektor pengiriman lokal.
- Diskon dan promosi memicu lonjakan besar dalam pesanan, menunjukkan tingginya permintaan konsumen.
Beijing, China - Sektor layanan pengiriman instan di China sedang mengalami persaingan ketat dengan pesanan harian yang mencapai rekor lebih dari 200 juta. Perusahaan-perusahaan seperti JD.com, Meituan, dan Alibaba berlomba untuk menarik perhatian para konsumen lewat strategi khusus.
Baca juga: Alibaba Luncurkan Program Super Saturdays, Perang Harga Pengantaran di Tiongkok Makin Panas
JD.com mengumumkan rencana ambisius bernama "Double Hundred Plan" dengan investasi lebih dari 10 miliar yuan untuk mendukung merek-merek unggulan di berbagai kategori. Tujuannya adalah meningkatkan penjualan merek tertentu hingga lebih dari satu juta barang di platform mereka.
Rencana JD.com ini juga bertujuan untuk menggantikan posisi Meituan sebagai penyedia layanan pengiriman lokal terbesar di daratan China. Sementara itu, mereka juga berusaha menghadapi persaingan ketat dari Alibaba yang meluncurkan program subsidi besar di platform Taobao Instant Commerce.
Persaingan di pasar ini semakin intensif setelah adanya perang harga antara Alibaba dan Meituan yang menawarkan diskon besar seperti kupon minuman yang menyebabkan lonjakan pesanan. Lonjakan ini membuat para pengantar makanan harus bekerja lebih keras dan menyebabkan gangguan teknis pada server Meituan di beberapa wilayah.
Selain itu, Alibaba melaporkan peningkatan tajam dalam pesanan baik di kategori makanan maupun non-makanan di platform mereka dengan program subsidi 50 miliar yuan dalam setahun untuk mendukung konsumen dan penjual, sebagai langkah untuk meningkatkan konsumsi di platform mereka.
Sumber: https://www.scmp.com/tech/big-tech/article/3317584/jdcoms-us14-billion-plan-heats-demand-delivery-battle-meituan-alibaba?module=top_story&pgtype=section
Pertanyaan Terkait
Q
Apa itu Rencana Double Hundred yang diluncurkan oleh JD.com?A
Rencana Double Hundred adalah inisiatif yang diluncurkan oleh JD.com untuk mendukung merek-merek terpilih dan meningkatkan penjualannya.Q
Apa tujuan dari Rencana Double Hundred?A
Tujuan Rencana Double Hundred adalah untuk meningkatkan penjualan merek tertentu menjadi lebih dari satu juta item di platform JD.com.Q
Bagaimana JD.com bersaing dengan Meituan dan Alibaba?A
JD.com bersaing dengan Meituan dan Alibaba dengan memberikan insentif pemasaran dan layanan purna jual yang lebih baik.Q
Apa dampak dari diskon yang diberikan oleh Alibaba dan Meituan?A
Diskon yang diberikan oleh Alibaba dan Meituan menyebabkan lonjakan permintaan yang mengakibatkan masalah teknis pada server Meituan.Q
Berapa banyak pesanan harian yang dicatat oleh industri e-commerce?A
Industri e-commerce mencatat lebih dari 200 juta pesanan harian.