NASA Uji Pesawat Supersonik X-59 dengan Teknologi Penerbangan Hening
Courtesy of InterestingEngineering

NASA Uji Pesawat Supersonik X-59 dengan Teknologi Penerbangan Hening

Menguji kesiapan pesawat X-59 untuk penerbangan pertama sekaligus menunjukkan teknologi penerbangan supersonik yang hening dan ramah lingkungan terhadap kebisingan.

18 Jul 2025, 16.27 WIB
253 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Pesawat X-59 dirancang untuk penerbangan supersonik yang tenang, mengurangi bising ledakan.
  • Uji taksi merupakan langkah penting sebelum penerbangan perdana untuk memastikan keselamatan dan kinerja pesawat.
  • Kolaborasi antara NASA dan JAXA dalam penelitian suara adalah langkah penting dalam pengembangan teknologi penerbangan supersonik.
Palmdale, Amerika Serikat - NASA baru saja melakukan uji coba penting pertama dari pesawat supersonik eksperimental mereka yang dinamakan X-59. Uji coba ini dilakukan dengan menggerakkan pesawat di landasan pacu pada kecepatan rendah yang disebut taxi test. Tujuan dari uji ini adalah untuk memastikan bahwa semua sistem pesawat, termasuk kemudi dan rem, bekerja dengan baik dan stabil sebelum pesawat benar-benar terbang.
X-59 dirancang untuk dapat terbang supersonik dengan kecepatan Mach 1.4 atau sekitar 1488.64 km/jam (925 mph) pada ketinggian hingga 55.000 kaki. Yang istimewa dari pesawat ini adalah kemampuannya untuk mengurangi suara ledakan sonic boom yang biasanya sangat keras dan mengganggu menjadi suara yang jauh lebih lembut, sekitar 75 desibel, seperti suara petir samar atau pintu mobil yang tertutup pelan.
Dengan desain hidung yang ramping dan sayap yang sangat tipis, X-59 mampu memecah gelombang kejut supersonik agar tidak bergabung menjadi ledakan keras. Teknologi ini bisa menjadi terobosan besar dalam penerbangan supersonik komersial di masa depan, memungkinkan pesawat terbang dengan kecepatan tinggi tanpa mengganggu orang yang ada di bawah jalur penerbangannya.
Selain uji taxi di California, NASA dan badan antariksa Jepang, JAXA, juga melakukan pengujian kebisingan dengan model pesawat X-59 pada terowongan angin supersonik di Jepang. Data dari uji ini sangat penting untuk menetapkan standar kebisingan baru terkait penerbangan supersonik yang aman dan diterima di wilayah daratan.
Jika teknologi quiet supersonic flight ini berhasil, kita bisa melihat era baru penerbangan yang jauh lebih cepat tanpa harus mengorbankan kenyamanan masyarakat. Hal ini dapat memangkas waktu perjalanan jauh dan memberi manfaat besar untuk penerbangan komersial di masa depan.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/innovation/nasa-x-59-supersonic-jet-begins-taxi-tests

Analisis Kami

"Pengembangan X-59 menunjukkan kemajuan besar dalam teknologi aerodinamika dan pengurangan kebisingan yang bisa mengubah aturan penerbangan supersonik. Namun, tantangan integrasi teknologi ini dalam pesawat komersial masih membutuhkan banyak uji coba dan regulasi yang ketat sebelum dapat benar-benar digunakan secara luas."

Analisis Ahli

Dr. John Anderson, ahli aerodinamika
"Pendekatan NASA dengan hidung panjang dan sayap tipis merupakan inovasi cerdas yang secara efektif mengurangi gelombang kejut supersonik, memungkinkan potensi penerbangan yang lebih tenang dan efisien."
Prof. Yuki Nakamura, peneliti aeronautika JAXA
"Kolaborasi internasional dengan pengujian suara di Jepang sangat krusial untuk memahami dampak suara supersonik dan memastikan teknologi ini sesuai untuk standar global."

Prediksi Kami

Jika berhasil, teknologi X-59 akan membuka era baru penerbangan komersial supersonik yang dapat melintas di atas daratan tanpa menimbulkan gangguan kebisingan, mempercepat perjalanan udara secara signifikan.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan dari pesawat X-59?
A
Tujuan dari pesawat X-59 adalah untuk mencapai penerbangan supersonik tanpa suara ledakan yang mengganggu.
Q
Kapan uji taksi pertama X-59 dilakukan?
A
Uji taksi pertama X-59 dilakukan pada 10 Juli 2025.
Q
Apa yang dimaksud dengan uji taksi dalam konteks penerbangan?
A
Uji taksi adalah latihan dasar di darat untuk mempersiapkan pesawat dan kru untuk penerbangan perdana, memastikan kinerja dan sistem berfungsi dengan baik.
Q
Bagaimana X-59 mengurangi suara ledakan saat terbang?
A
X-59 mengurangi suara ledakan dengan mendesain pesawat yang dapat memecah gelombang kejut yang terbentuk saat terbang lebih cepat dari suara.
Q
Apa yang diharapkan dari misi Quesst NASA?
A
Misi Quesst NASA diharapkan untuk menunjukkan teknologi penerbangan supersonik yang tenang dan menetapkan ambang kebisingan baru untuk penerbangan komersial di atas tanah.

Artikel Serupa

NASA dan Industri Inggris Hidupkan Kembali Pesawat Supersonik dengan Suara Booming Lebih PelanInterestingEngineering
Sains
3 bulan lalu
30 dibaca

NASA dan Industri Inggris Hidupkan Kembali Pesawat Supersonik dengan Suara Booming Lebih Pelan

Comac C949 Cina: Jet Supersonik Jarak Jauh dan Senyap untuk Masa DepanInterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
53 dibaca

Comac C949 Cina: Jet Supersonik Jarak Jauh dan Senyap untuk Masa Depan

Terobosan XM-1: Pesawat Sipil Supersonik Amerika Pertama Tanpa Sonic BoomInterestingEngineering
Bisnis
6 bulan lalu
202 dibaca

Terobosan XM-1: Pesawat Sipil Supersonik Amerika Pertama Tanpa Sonic Boom

Boomless Cruise: Terobosan Baru Supersonik Tanpa Sonic Boom untuk Masa DepanInterestingEngineering
Sains
7 bulan lalu
44 dibaca

Boomless Cruise: Terobosan Baru Supersonik Tanpa Sonic Boom untuk Masa Depan

XB-1 Baby Boom Mencetak Rekor Penerbangan Supersonik Pertama Setelah ConcordeInterestingEngineering
Sains
7 bulan lalu
263 dibaca

XB-1 Baby Boom Mencetak Rekor Penerbangan Supersonik Pertama Setelah Concorde

Lingkong Tianxing Kembangkan Drone Supersonik Mach 4.2 untuk Masa Depan KomersialInterestingEngineering
Teknologi
7 bulan lalu
293 dibaca

Lingkong Tianxing Kembangkan Drone Supersonik Mach 4.2 untuk Masa Depan Komersial