Ilmuwan Jerman Ciptakan Simulasi Baru untuk Redaman Getaran Pesawat Ringan
Courtesy of InterestingEngineering

Ilmuwan Jerman Ciptakan Simulasi Baru untuk Redaman Getaran Pesawat Ringan

Mengembangkan alat simulasi baru yang mampu memprediksi dan mengukur efek redaman getaran pada berbagai skala untuk meningkatkan keamanan dan keandalan mesin pesawat dan struktur ringan.

25 Jul 2025, 23.28 WIB
11 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Penelitian ini berfokus pada pengembangan alat simulasi baru untuk meningkatkan keamanan mesin pesawat.
  • Damping adalah proses penting yang diperlukan untuk mengendalikan osilasi ekstrem pada struktur ringan.
  • Kolaborasi dengan peneliti muda diharapkan dapat menghasilkan inovasi dan kemajuan dalam bidang rekayasa dirgantara.
Stuttgart, Jerman - Para ilmuwan Jerman dari University of Stuttgart yang dipimpin oleh Profesor Malte Krack mengembangkan alat simulasi yang bisa memprediksi cara mengendalikan getaran ekstrem pada mesin pesawat dan struktur ringan melalui redaman, terutama dengan memanfaatkan gesekan dan penyerapan kejut. Ini penting untuk menjaga keamanan dan keandalan sistem penerbangan dan turbin angin.
Masalah utama yang dihadapi adalah perbedaan skala yang besar antara getaran yang harus diredam (dalam milimeter) dan gerakan kecil di titik kontak antar komponen (seratus kali lebih kecil dari rambut manusia). Perbedaan skala ini menyulitkan simulasi konvensional dalam merepresentasikan sistem dengan akurat.
Untuk mengatasi tantangan ini, tim peneliti mengembangkan metode pengukuran dan pemodelan multi-skala, termasuk penggunaan tribometer yang dapat mengukur gesekan di kondisi nyata sesuai kebutuhan industri dirgantara. Pendekatan ini memungkinkan prediksi yang lebih tepat mengenai interaksi komponen dan redaman getaran.
Aplikasi nyata dari metode ini sudah mulai digunakan dalam pembuatan mesin dan turbin yang lebih ringan dan efisien. Struktur yang semakin tipis dan ringan justru lebih rentan terhadap getaran, sehingga model yang mampu menangani efek nonlinear sangat dibutuhkan agar struktur lebih aman dan stabil.
Profesor Krack juga membuka kesempatan bagi peneliti muda untuk bergabung dalam tim yang fokus pada fisika gesekan, mekanika fluida, dan pemanenan energi. Mereka tertarik mengembangkan ide menyimpan energi gesekan untuk mengoperasikan sensor kecil, yang akan membantu riset dengan teknologi baru yang lebih maju.
Sumber: https://interestingengineering.com/innovation/germany-simulation-tech-boosts-aircraft-safety

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tantangan utama dalam rekayasa dirgantara yang dibahas dalam artikel?
A
Tantangan utama adalah mengendalikan osilasi ekstrem yang dapat merusak struktur seperti fairings dan bilah mesin.
Q
Siapa yang memimpin tim penelitian di Universitas Stuttgart?
A
Tim penelitian dipimpin oleh Malte Krack, seorang profesor di Universitas Stuttgart.
Q
Apa tujuan dari metode simulasi baru yang dikembangkan?
A
Tujuannya adalah untuk memodelkan dan memprediksi bagaimana osilasi ekstrem dapat dikendalikan melalui friksi dan penyerapan guncangan.
Q
Mengapa efek nonlinier menjadi penting dalam konstruksi ringan?
A
Efek nonlinier penting karena struktur yang lebih tipis dan ringan lebih rentan terhadap osilasi dan perilaku fisik yang tidak dapat ditangkap dengan model linier tradisional.
Q
Apa yang ingin dicapai Malte Krack dengan mencari peneliti muda?
A
Malte Krack ingin bekerja dengan peneliti muda untuk memperluas penelitiannya dan menjelajahi ide-ide baru.

Artikel Serupa

Mengungkap Penyebab Suara Mengganggu pada Mesin Pesawat Listrik Masa DepanInterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
106 dibaca

Mengungkap Penyebab Suara Mengganggu pada Mesin Pesawat Listrik Masa Depan

Bahan Sintetis Berlapis Terinspirasi Kerang untuk Perlindungan Adaptif Masa DepanInterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
102 dibaca

Bahan Sintetis Berlapis Terinspirasi Kerang untuk Perlindungan Adaptif Masa Depan

Mengungkap Penyebab Kebisingan Mesin Pesawat Listrik Generasi Baru untuk Masa Depan SenyapInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
61 dibaca

Mengungkap Penyebab Kebisingan Mesin Pesawat Listrik Generasi Baru untuk Masa Depan Senyap

Matematika Membuktikan Cara Partikel Menyebar Cepat dalam Fluida TurbulenQuantaMagazine
Sains
2 bulan lalu
88 dibaca

Matematika Membuktikan Cara Partikel Menyebar Cepat dalam Fluida Turbulen

Algoritma Baru CMU Ciptakan Struktur Pintar dengan Gerak dan Kekakuan yang Bisa DiaturInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
29 dibaca

Algoritma Baru CMU Ciptakan Struktur Pintar dengan Gerak dan Kekakuan yang Bisa Diatur

Teknologi Baru Membuat Lubang di Struktur Seolah Hilang dari StresInterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
93 dibaca

Teknologi Baru Membuat Lubang di Struktur Seolah Hilang dari Stres