Courtesy of InterestingEngineering
Kenapa Mesin Pesawat Listrik Masa Depan Bisa Bikin Suara Iritasi dan Cara Mengatasinya
Menjelaskan penyebab suara mengganggu pada mesin pesawat BLI dan memberikan panduan desain untuk mengurangi kebisingan tersebut sehingga mesin bisa lebih senyap secara nyata bagi pendengar.
18 Mei 2025, 20.47 WIB
124 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Mesin BLI menawarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik namun menghasilkan kebisingan yang mengganggu.
- Penelitian ini mengidentifikasi pola kebisingan yang dapat digunakan untuk merancang mesin pesawat yang lebih tenang.
- Desain mesin yang lebih baik sangat penting untuk penerbangan perkotaan yang bersih dan ramah lingkungan.
Bristol, Inggris - Beberapa mesin pesawat listrik yang sedang dikembangkan memiliki masalah suara yang sangat mengganggu, bahkan lebih dari mesin pesawat tradisional. Kebisingan ini menjadi salah satu kendala utama untuk penggunaan pesawat listrik, terutama yang dirancang untuk taksi udara di kota-kota besar.
Penelitian terbaru dari Universitas Bristol dan Universitas Salford fokus pada mesin tipe Boundary Layer Ingesting (BLI), yang menggunakan udara turbulen yang melekat pada permukaan pesawat untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi. Sayangnya, udara turbulen ini juga menyebabkan suara berdengung yang keras dan tidak nyaman.
Dengan menggunakan berbagai alat canggih di wind tunnel, para peneliti mengidentifikasi dua pola kebisingan utama: duct haystacking saat mesin beroperasi dengan daya rendah dan fan haystacking pada daya tinggi. Kedua pola ini memengaruhi bagaimana suara dihasilkan dan mengapa suara terdengar sangat menyebalkan bagi pendengar.
Temuan ini membantu insinyur untuk memahami dan memetakan hubungan antara aliran udara turbulen di dalam mesin dengan kebisingan yang dirasakan manusia. Dengan begitu, mesin masa depan dapat didesain untuk tidak hanya lebih senyap berdasarkan angka desibel, tapi juga terasa lebih nyaman didengar secara subjektif.
Penelitian ini akan mendukung pengembangan pesawat listrik dan eVTOL yang tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga bisa diterima oleh masyarakat perkotaan tanpa menyebabkan polusi suara yang mengganggu, sehingga membuat transportasi udara urban menjadi lebih praktis dan nyaman.
--------------------
Analisis Kami: Penemuan ini menandai kemajuan penting dalam teknologi aeroakustik, karena tidak sekadar fokus pada tingkat kebisingan tapi juga pada kualitas dan persepsi suara manusia. Dengan pemahaman yang lebih dalam tentang pola kebisingan dari turbulensi, industri dapat menciptakan solusi yang efektif dan ramah lingkungan tanpa mengorbankan kenyamanan pengguna maupun masyarakat di sekitar.
--------------------
Analisis Ahli:
Feroz Ahmed: Dengan menghubungkan pola turbulen dan persepsi manusia terhadap suara, kami memberdayakan para insinyur untuk merancang pesawat yang tidak hanya tertulis senyap di kertas, tapi juga terasa senyap di telinga manusia.
--------------------
What's Next: Dalam waktu dekat, produsen pesawat listrik dan mobilitas udara perkotaan akan mulai mengimplementasikan teknologi dan desain baru berdasarkan hasil penelitian ini untuk menghasilkan pesawat yang jauh lebih senyap, sehingga meningkatkan kenyamanan dan penerimaan masyarakat terhadap transportasi udara masa depan.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/transportation/flying-taxi-engines-weird-sound-solved
[1] https://interestingengineering.com/transportation/flying-taxi-engines-weird-sound-solved
Pertanyaan Terkait
Q
Apa itu mesin BLI dan mengapa penting untuk penerbangan berkelanjutan?A
Mesin BLI adalah jenis mesin pesawat yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi, penting untuk penerbangan berkelanjutan.Q
Apa masalah utama yang ditemukan dalam suara mesin BLI?A
Masalah utama adalah suara aneh yang dihasilkan oleh mesin BLI yang dianggap lebih mengganggu daripada mesin tradisional.Q
Bagaimana penelitian ini membantu merancang mesin pesawat yang lebih tenang?A
Penelitian ini memberikan pemahaman tentang bagaimana aliran turbulen berkontribusi pada kebisingan, memungkinkan insinyur untuk merancang mesin yang lebih tenang.Q
Apa dua jenis pola kebisingan yang diidentifikasi oleh peneliti?A
Dua jenis pola kebisingan yang diidentifikasi adalah duct haystacking dan fan haystacking, masing-masing terjadi pada kondisi penerbangan yang berbeda.Q
Siapa yang terlibat dalam penelitian ini dan apa kontribusi mereka?A
Peneliti utama Feroz Ahmed dan tim dari Universitas Bristol dan Universitas Salford terlibat dalam penelitian ini, memberikan wawasan tentang desain mesin.