Mengapa GEO Lebih Penting daripada SEO Tradisional di Era AI Generatif
Courtesy of SCMP

Mengapa GEO Lebih Penting daripada SEO Tradisional di Era AI Generatif

Menjelaskan pentingnya optimisasi konten untuk meningkatkan keterlihatan dalam jawaban yang dihasilkan oleh model AI, sehingga merek dapat lebih dikenal dan direkomendasikan oleh mesin AI generatif.

09 Agt 2025, 08.00 WIB
9 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Optimisasi generatif (GEO) semakin penting dalam strategi pemasaran digital.
  • Perusahaan perlu mengadaptasi konten mereka untuk mendapatkan visibilitas di platform AI.
  • Rekomendasi dari platform AI dapat meningkatkan kredibilitas dan jangkauan suatu produk atau layanan.
Shenzhen, China - Saat ini, teknologi chatbot canggih seperti ChatGPT semakin populer, yang menyebabkan munculnya pendekatan baru dalam pemasaran digital yang disebut Generative Engine Optimisation atau GEO. Pendekatan ini dirancang untuk memastikan konten perusahaan tidak hanya muncul dalam hasil pencarian biasa, tetapi juga disarankan dan digunakan oleh model-model AI yang membuat jawaban singkat dan informatif.
Yuan Yong, seorang ahli SEO yang telah berpengalaman sejak 2014 dan bekerja di Big Fish Marketing di Shenzhen, menjelaskan bahwa GEO berbeda dari SEO tradisional karena fokusnya adalah pada bagaimana konten bisa dirangkum, dikutip, atau direkomendasikan oleh AI, sehingga perusahaan bisa lebih terlihat dalam jawaban yang diberikan oleh chatbot AI.
Konsep ini mulai diterapkan setelah munculnya perusahaan AI baru bernama DeepSeek yang mengubah banyak perusahaan lokal di China untuk mulai mengubah strategi digital mereka. Cara kerja GEO melibatkan pengoptimalan konten yang ada di website agar menjadi sumber informasi yang dipercaya oleh berbagai media online dan platform pengetahuan seperti Wikipedia.
Contoh yang sukses diterapkan adalah platform pendidikan online bernama Nuoyun, yang setelah tim Big Fish melakukan perbaikan dan memperbaiki konten serta menyebarkan artikel ke beberapa situs, mendapatkan rekomendasi sebagai salah satu sumber terbaik dari DeepSeek. Hal ini menunjukkan pentingnya memperbaiki dan memperluas eksposur sebuah konten agar bisa direkomendasikan AI.
Namun, keuntungan dari GEO ini tidak bertahan lama jika tidak ada pembaruan dan pemeliharaan konten secara konsisten. Oleh karena itu, perusahaan harus terus memperhatikan kualitas dan relevansi konten agar tetap mendapat perhatian dari model AI yang terus berkembang.
Referensi:
[1] https://www.scmp.com/tech/article/3321194/ai-chatbots-gain-popularity-china-so-does-business-inserting-ads-results?module=top_story&pgtype=section

Analisis Ahli

Yuan Yong
"GEO adalah langkah penting untuk strategi pemasaran modern karena AI menjadi sumber utama informasi baru, sehingga optimisasi harus diarahkan agar konten mudah ditemukan dan dipakai oleh AI."

Analisis Kami

"GEO merupakan evolusi alami dari SEO yang menyesuaikan diri dengan perubahan lanskap pencarian yang didorong oleh AI. Kunci keberhasilannya adalah kemampuan perusahaan untuk dinamis memperbarui konten agar tetap bisa dipercaya dan direkomendasikan oleh AI yang terus berubah."

Prediksi Kami

Di masa depan, perusahaan akan semakin fokus pada pengelolaan dan pemeliharaan konten yang dioptimalkan untuk AI agar tetap relevan dan mendapatkan rekomendasi dari mesin AI generatif secara berkelanjutan.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa itu optimisasi generatif (GEO)?
A
Optimisasi generatif (GEO) adalah pendekatan untuk memastikan konten dikutip, diringkas, atau direkomendasikan oleh model AI.
Q
Mengapa perusahaan mulai mempertimbangkan GEO?
A
Perusahaan mulai mempertimbangkan GEO karena meningkatnya penggunaan chatbot seperti ChatGPT yang membuat visibilitas dalam jawaban AI menjadi penting.
Q
Siapa yang mendirikan DeepSeek?
A
DeepSeek adalah startup AI asal Tiongkok yang muncul baru-baru ini.
Q
Apa yang dilakukan tim Big Fish Marketing untuk Nuoyun?
A
Tim Big Fish Marketing membantu Nuoyun dengan memoles konten di situs webnya dan menerbitkan artikel di situs lain.
Q
Mengapa penting untuk terus memperbarui konten?
A
Penting untuk terus memperbarui konten agar visibilitas yang diperoleh tetap bertahan.