Courtesy of YahooFinance
Roblox Tumbuh Pesat, Namun Kerugian Masih Membayang
Memberikan gambaran tentang pertumbuhan pengguna, pendapatan, serta tantangan profitabilitas Roblox Corporation, serta bagaimana upaya monetisasi dan investasi ke depan dapat memengaruhi kinerja keuangan dan posisi pasar perusahaan.
12 Agt 2025, 23.42 WIB
3 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Roblox menunjukkan pertumbuhan pengguna yang signifikan, dengan lonjakan pengguna aktif harian dan jam keterlibatan.
- Monetisasi meningkat melalui peningkatan pengeluaran per pengguna dan inisiatif iklan, meskipun profitabilitas masih tertekan.
- Strategi jangka panjang Roblox berfokus pada keseimbangan antara pertumbuhan pengguna dan efisiensi monetisasi.
Tidak disebutkan secara eksplisit, kemungkinan berbasis di Amerika Serikat - Roblox Corporation melaporkan pertumbuhan jumlah pengguna harian hingga 41% pada kuartal kedua tahun 2025, mencapai 111,8 juta pengguna aktif harian. Waktu bermain total juga naik 58%, menunjukkan bahwa pengguna semakin sering terlibat dalam platform ini. Pertumbuhan ini tersebar luas di berbagai negara dan kelompok usia, khususnya di kawasan Asia-Pasifik dan di kalangan pengguna di atas 13 tahun.
Di sisi pendapatan, Roblox berhasil meningkatkan total pendapatan kuartal sebesar 51% menjadi 1,4 miliar dolar AS. Jumlah pengguna yang membayar juga naik ke rekor 23,4 juta, dengan 4,6 juta pelanggan baru. Pendapatan rata-rata per pengguna yang membayar juga sedikit meningkat, dan berbagai model monetisasi seperti langganan premium dan iklan imersif terus diperluas.
Namun, perusahaan masih mencatat hasil operasional negatif karena mereka memilih untuk berinvestasi besar-besaran ke dalam ekosistem kreator mereka. Pembayaran kepada developer melejit hingga 52% menjadi 316,4 juta dolar AS, ini mendukung konten baru tetapi menekan margin keuntungan jangka pendek. Strategi ini dianggap penting guna menjaga konten tetap segar dan menarik bagi pengguna dalam jangka panjang.
Dalam hal valuasi, saham Roblox naik lebih dari 100% dalam enam bulan terakhir, jauh lebih tinggi dibanding pemain industri lain seperti Take-Two Interactive dan Electronic Arts. Meski begitu, harga saham Roblox diperdagangkan dengan valuasi yang premium dengan price-to-sales ratio jauh di atas rata-rata industri, mencerminkan ekspektasi pertumbuhan yang tinggi di masa depan.
Estimasi kerugian per saham untuk tahun 2025 juga diperlebar menjadi 1,71 dolar, menandakan bahwa investasi dan strategi monetisasi mereka belum menghasilkan profitabilitas. Roblox perlu terus mengembangkan model monetisasi yang kuat sambil menjaga pengalaman pengguna agar pertumbuhan jumlah pengguna dapat berkontribusi signifikan pada pendapatan dan laba perusahaan di masa depan.
--------------------
Analisis Kami: Pertumbuhan pengguna dan pendapatan yang kuat menunjukkan potensi Roblox sebagai platform utama dalam dunia metaverse dan hiburan imersif, namun profitabilitas yang masih negatif menunjukkan bahwa model bisnis mereka belum sempurna. Untuk menarik investor lebih luas, Roblox harus menemukan keseimbangan antara ekspansi pengguna dan efisiensi monetisasi tanpa mengorbankan pengalaman pengguna.
--------------------
Analisis Ahli:
Daniel Ives (Wedbush Securities): Roblox memiliki potensi jangka panjang yang besar dalam membangun dunia virtual yang menarik, tapi investor harus sabar menunggu profitabilitas yang lebih stabil seiring dengan pengembangan platform dan ekosistem kreatornya.
Gene Munster (Loup Ventures): Ekosistem pengembang yang kuat adalah kunci utama Roblox, dan investasi mereka saat ini akan membantu mempertahankan posisi sebagai platform metaverse terdepan di masa depan.
--------------------
What's Next: Roblox kemungkinan akan terus mengalami pertumbuhan pengguna dan pendapatan melalui inovasi monetisasi, tetapi profitabilitas jangka pendek akan tetap tertahan karena investasi besar pada ekosistem kreator dan pengembangan platform.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/robloxs-dau-momentum-builds-monetization-164200645.html
[1] https://finance.yahoo.com/news/robloxs-dau-momentum-builds-monetization-164200645.html
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang terjadi pada jumlah pengguna aktif harian Roblox pada kuartal kedua 2025?A
Jumlah pengguna aktif harian Roblox meningkat 41% tahun ke tahun menjadi 111,8 juta.Q
Bagaimana pertumbuhan monetisasi Roblox pada kuartal kedua 2025?A
Monetisasi Roblox meningkat 51% tahun ke tahun menjadi $1,4 miliar, dengan peningkatan dalam pembayaran unik bulanan.Q
Apa dampak dari pembayaran DevEx pada laba jangka pendek Roblox?A
Pembayaran DevEx yang tinggi dapat menekan margin laba jangka pendek meskipun meningkatkan konten jangka panjang.Q
Mengapa Roblox menghadapi tantangan dalam profitabilitas meskipun ada pertumbuhan pengguna?A
Roblox berinvestasi besar-besaran dalam ekosistem kreator, yang membatasi profitabilitas meskipun ada pertumbuhan pengguna.Q
Apa peringkat Zacks untuk saham Roblox saat ini?A
Saham Roblox saat ini memiliki peringkat Zacks #4 (Jual).