Roblox Perluas Model Pendapatan Lewat Iklan dan Lisensi IP
Courtesy of YahooFinance

Roblox Perluas Model Pendapatan Lewat Iklan dan Lisensi IP

Artikel ini bertujuan untuk menginformasikan bahwa Roblox Corporation berusaha mendiversifikasi sumber pendapatan melalui iklan dan lisensi IP, sehingga bisa memperkuat pertumbuhan jangka panjang dan mengurangi ketergantungan pada pendapatan dari mata uang virtual.

03 Sep 2025, 20.48 WIB
159 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Roblox sedang memperluas model monetisasinya dengan iklan dan lisensi IP.
  • Kemitraan dengan merek terkenal dapat meningkatkan keterlibatan pengguna di platform.
  • Saham RBLX telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, tetapi masih menghadapi tantangan dalam proyeksi laba jangka pendek.
Roblox Corporation mulai mencari sumber pendapatan baru selain sistem mata uang virtual tradisional mereka. Pada kuartal kedua 2025, mereka meluncurkan dua inisiatif utama: iklan video berhadiah yang dijalankan bersama Google dan platform pengelola lisensi IP yang menghubungkan kreator dengan merek besar seperti Lionsgate, Netflix, dan Sega.
Iklan video berhadiah ini dirancang agar sangat ringan dan mudah berjalan di berbagai perangkat, termasuk perangkat dengan performa rendah, sehingga dapat diakses oleh basis pengguna global Roblox. Hampir 100 penerbit sudah mengadopsi format iklan ini, memberikan opsi monetisasi baru bagi para pengembang game di platform Roblox.
Dengan platform lisensi IP baru mereka, Roblox memberikan kesempatan bagi kreator untuk berkolaborasi dengan pemilik merek ternama, meningkatkan daya tarik dan keterlibatan pengguna dengan konten yang sudah dikenali luas. Aktivasi merek dengan FIFA dan Google Play juga menunjukkan potensi Roblox sebagai saluran pemasaran dan distribusi.
Meski saham Roblox telah naik lebih dari 100% dalam enam bulan terakhir, para analis masih berhati-hati karena estimasi kerugian per saham perusahaan pada tahun 2025 malah melebar dari Rp 22.69 miliar ($1,38 m) enjadi Rp 2.81 juta ($1,71) . Bandingkan dengan perusahaan sejenis seperti Take-Two Interactive dan Electronic Arts yang diproyeksikan mengalami pertumbuhan laba yang signifikan.
Secara keseluruhan, langkah ini menunjukkan bahwa Roblox sedang fokus mengurangi ketergantungan pada mata uang virtual dan mencoba membangun pilar pertumbuhan baru melalui iklan dan lisensi kekayaan intelektual. Meskipun potensi sudah terlihat, masih banyak tantangan yang perlu dilalui agar inisiatif ini sukses tanpa merusak pengalaman pengguna.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/roblox-expands-revenue-streams-ads-134800293.html

Analisis Kami

"Roblox membuat langkah strategis yang pintar dengan mendiversifikasi model pendapatannya, terutama dengan mengintegrasikan iklan dan IP yang sangat menarik bagi basis pengguna mereka. Namun, penerimaan pasar dan kemampuan menjaga pengalaman pengguna tetap positif menjadi kunci utama agar upaya ini tidak berbalik merugikan pertumbuhan mereka."

Analisis Ahli

Matthew Kanterman, Analis Zacks
"Langkah Roblox dalam mengembangkan model monetisasi menunjukkan potensi jangka panjang, tetapi perlu waktu untuk realisasi keuntungan sehingga rekomendasi saat ini konservatif mengingat risiko kinerja laba yang lebih lemah."

Prediksi Kami

Jika Roblox berhasil menskalakan adopsi iklan dan lisensi IP tanpa mengorbankan pengalaman pengguna, mereka dapat membuka jalur pendapatan baru yang signifikan dan memperkuat posisi pasar dalam jangka panjang, meskipun risiko penurunan laba jangka pendek masih membayangi.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa inisiatif baru yang dilakukan Roblox untuk memperluas model monetisasinya?
A
Roblox memperkenalkan iklan dan lisensi kekayaan intelektual sebagai inisiatif baru untuk memperluas model monetisasinya.
Q
Siapa saja mitra yang terlibat dalam kemitraan lisensi IP Roblox?
A
Mitra yang terlibat dalam kemitraan lisensi IP Roblox antara lain Lionsgate, Netflix, Sega, dan Kodansha.
Q
Apa tujuan dari iklan video yang dihargai yang diperkenalkan Roblox?
A
Iklan video yang dihargai dirancang untuk menjadi ringan dan berjalan lancar, sehingga dapat diakses oleh basis pengguna global Roblox.
Q
Mengapa saham RBLX mengalami kenaikan yang signifikan dalam enam bulan terakhir?
A
Saham RBLX mengalami kenaikan yang signifikan karena investor melihat potensi pertumbuhan dari diversifikasi sumber pendapatan perusahaan.
Q
Apa yang bisa menjadi hambatan bagi Roblox dalam mengadopsi inisiatif baru ini?
A
Hambatan bagi Roblox bisa termasuk kesulitan dalam mengadopsi inisiatif baru tanpa mengganggu pengalaman pengguna.

Artikel Serupa

Roblox: Peluang Besar Metaverse Namun Risiko Keuangan Tetap MengintaiYahooFinance
Finansial
29 hari lalu
187 dibaca

Roblox: Peluang Besar Metaverse Namun Risiko Keuangan Tetap Mengintai

Roblox: Peluang Besar di Industri Game dengan Potensi Pendapatan Miliaran DollarYahooFinance
Teknologi
1 bulan lalu
192 dibaca

Roblox: Peluang Besar di Industri Game dengan Potensi Pendapatan Miliaran Dollar

Roblox Kembangkan Ekosistem Developer dan AI untuk Dorong Pertumbuhan Game GlobalYahooFinance
Teknologi
1 bulan lalu
174 dibaca

Roblox Kembangkan Ekosistem Developer dan AI untuk Dorong Pertumbuhan Game Global

Roblox Naik Terus, Apakah Masih Waktu Tepat untuk Investasi Saham Ini?YahooFinance
Teknologi
2 bulan lalu
157 dibaca

Roblox Naik Terus, Apakah Masih Waktu Tepat untuk Investasi Saham Ini?

Apakah Saham Roblox Masih Layak Dibeli Setelah Melonjak ke Rp 1.64 juta ($100) ?YahooFinance
Finansial
2 bulan lalu
69 dibaca

Apakah Saham Roblox Masih Layak Dibeli Setelah Melonjak ke Rp 1.64 juta ($100) ?

Kemitraan Roblox dengan Google Bisa Mengubah Bisnis Iklan Digital secara BesarYahooFinance
Teknologi
3 bulan lalu
56 dibaca

Kemitraan Roblox dengan Google Bisa Mengubah Bisnis Iklan Digital secara Besar