Courtesy of YahooFinance
Roblox vs Take-Two: Siapa Raja Pertumbuhan Industri Game Saat Ini?
Menganalisis dan membandingkan potensi pertumbuhan serta kekuatan finansial Roblox dan Take-Two untuk membantu investor memahami peluang investasi terbaik di industri game yang terus berkembang.
27 Sep 2025, 00.20 WIB
15 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Roblox memiliki potensi pertumbuhan yang besar tetapi masih menghadapi tantangan dalam hal profitabilitas.
- Take-Two Interactive menunjukkan stabilitas pendapatan berkat portofolio yang kuat dan strategi monetisasi yang efektif.
- Kedua perusahaan memiliki pendekatan yang berbeda dalam industri game, dengan Roblox fokus pada konten yang dibuat oleh pengguna dan Take-Two pada franchise terkenal.
global - Industri game mengalami perubahan besar dengan pergeseran ke platform yang lebih imersif dan monetisasi digital. Roblox dan Take-Two adalah dua pemain utama yang menawarkan strategi berbeda dalam menghadapi tren ini. Roblox membangun pertumbuhan dari ekosistem kreator dan pengalaman metaverse yang menarik bagi pengguna muda. Sementara itu, Take-Two mengandalkan kesuksesan dari franchise besar seperti Grand Theft Auto dan NBA 2K yang menghasilkan pendapatan stabil dan layanan langsung.
Roblox mengalami lonjakan pengguna aktif harian sebesar 41% menjadi 111,8 juta pada kuartal kedua 2025, dengan waktu keterlibatan mencapai 27,4 miliar jam—peningkatan 58%. Pendapatan naik 51% menjadi 1,4 miliar dolar, terutama di Asia Pasifik yang tumbuh 75%. Perusahaan juga mencatat 23,4 juta pembayar unik per bulan, meningkat 42%. Meskipun demikian, mereka belum mencapai profitabilitas dan menghadapi tantangan dari persaingan dan volatilitas konten viral.
Di sisi lain, Take-Two memulai tahun fiskal 2026 dengan kuat, menghasilkan net bookings 1,42 miliar dolar pada kuartal pertama dan menaikkan proyeksi tahunan hingga 6,15 miliar. Franchise seperti NBA 2K25 dan Grand Theft Auto V terus menjadi pilar pendapatan dengan penjualan tinggi dan layanan konten tambahan. Perusahaan juga menguasai segmen mobile dengan game populer yang memperluas basis pendapatan berulang.
Take-Two memiliki pipeline rilis yang ambisius dengan judul baru seperti Mafia: The Old Country, NBA 2K26, dan Borderlands 4 yang diharapkan memperkuat kinerja tahun ini. Mereka juga mengandalkan franchise jangka panjang seperti Red Dead Redemption dan Civilization untuk menjaga pertumbuhan yang berkesinambungan. Namun, risiko tetap ada terkait kemungkinan keterlambatan dan performa produk baru, serta dampak makroekonomi terhadap pengeluaran konsumen.
Investor dihadapkan pada pilihan antara potensi pertumbuhan tinggi tapi berisiko dari Roblox versus kestabilan dan profitabilitas lebih pasti dari Take-Two. Roblox unggul dalam inovasi platform dan pertumbuhan pengguna global, sedangkan Take-Two lebih solid dalam keuangan dengan portofolio produk kuat dan layanan langsung. Kedua saham saat ini bernilai hold tapi menunjukkan tren berbeda yang perlu dipertimbangkan sesuai profil risiko investor.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/roblox-vs-two-gaming-stock-172000208.html
[1] https://finance.yahoo.com/news/roblox-vs-two-gaming-stock-172000208.html
Analisis Ahli
Michael Pachter
"Roblox memiliki potensi jangka panjang yang menarik, tapi harus fokus pada penguatan monetisasi dan pengendalian biaya agar bisa bersaing dengan publisher besar lainnya."
Strauss Zelnick
"Take-Two berfokus pada kualitas judul dan pendekatan layanan langsung yang berhasil menciptakan pendapatan berkelanjutan yang stabil bagi perusahaan."
Analisis Kami
"Roblox adalah pionir dalam pendekatan platform dengan ekosistem kretor yang inovatif, tetapi tantangan profitabilitas dan volatilitas viralitas membuat investasinya berisiko tinggi saat ini. Sebaliknya, Take-Two dengan portofolio franchise ikonik dan model layanan langsungnya lebih siap menghadapi ketidakpastian pasar dan menunjukkan peluang keuntungan yang lebih konsisten untuk investor konservatif."
Prediksi Kami
Kedua perusahaan diprediksi akan terus bertumbuh, namun Take-Two kemungkinan akan menawarkan stabilitas dan profitabilitas lebih baik dalam jangka pendek, sedangkan Roblox punya potensi jangka panjang yang tinggi jika berhasil mengatasi tantangan profitabilitas dan persaingan.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang menjadi fokus utama dari Roblox Corporation?A
Roblox Corporation fokus pada ekosistem permainan yang dipimpin oleh pengguna dan pengalaman metaverse.Q
Bagaimana kinerja Take-Two Interactive di awal tahun fiskal 2026?A
Take-Two Interactive mencatatkan net bookings sebesar $1,42 miliar, lebih tinggi dari ekspektasi perusahaan.Q
Apa yang menjadi tantangan utama bagi Roblox saat ini?A
Tantangan utama bagi Roblox adalah ketidakprofitabilitasan dan risiko volatilitas dari ketergantungan pada hit viral.Q
Bagaimana Take-Two Interactive menjaga pendapatan yang stabil?A
Take-Two menjaga pendapatan yang stabil melalui franchise blockbuster dan layanan langsung yang teratur.Q
Apa yang ditunjukkan oleh pertumbuhan pengguna Roblox dalam kuartal kedua 2025?A
Pertumbuhan pengguna Roblox menunjukkan peningkatan signifikan dengan 111,8 juta pengguna aktif harian, serta lonjakan keterlibatan.