Ronin Network Bangkit Berkat Game Baru Meski Pasar GameFi Lesu
Courtesy of YahooFinance

Ronin Network Bangkit Berkat Game Baru Meski Pasar GameFi Lesu

Menjelaskan kenaikan aktivitas dan pendapatan transaksi Ronin Network berkat permainan Angry Dynomites yang berhasil menarik pengguna di tengah penurunan pasar GameFi secara luas.

14 Agt 2025, 23.33 WIB
291 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Ronin Network menunjukkan pertumbuhan pendapatan yang signifikan berkat permainan Angry Dynomites.
  • Axie Infinity mengalami penurunan drastis dalam jumlah pemain sejak puncaknya.
  • Sektor GameFi secara keseluruhan mengalami penurunan meskipun ada usaha untuk memanfaatkan pasar permainan online yang besar.
Nigeria - Ronin Network, sebuah blockchain khusus game, mengalami peningkatan pendapatan transaksi yang signifikan meski pasar GameFi secara keseluruhan sedang mengalami penurunan tajam. Pendapatan transaksi mingguan mereka meningkat lebih dari 4.000% dari titik terendahnya pada tahun 2023, menandakan adanya peningkatan aktivitas pengguna di jaringan tersebut.
Peningkatan ini terutama didorong oleh peluncuran Angry Dynomites, sebuah permainan crypto yang menarik banyak pengguna sejak mainnet diluncurkan pada 29 Juli. Game ini memungkinkan pemain untuk menambang token bertema sumber daya yang bisa digunakan untuk membangun dunia atau memperdagangkannya dalam bursa terdesentralisasi yang ada di dalam game.
Meskipun Ronin pernah menghadapi masalah besar termasuk peretasan sebesar Rp 9.87 triliun ($600 juta) dan penurunan nilai TVL sampai 95%, Angry Dynomites memberikan harapan baru untuk jaringan itu. Sayangnya, game populernya sebelumnya, Axie Infinity, telah kehilangan banyak penggunanya sejak puncaknya di tahun 2022, yang juga mencerminkan tren lesunya pasar GameFi secara luas.
Meta dari Angry Dynomites yang berbeda adalah penggunaan hadiah dalam game sebagai token yang dapat diperdagangkan dengan sistem yang membuat pemain tetap terlibat dalam permainan. Model ini berbeda dengan peluncuran game crypto biasanya yang sering menggunakan airdrop token dan kemudian kehilangan pengguna setelahnya.
Secara keseluruhan, meski pasar GameFi menurun hampir 60% dalam enam bulan terakhir, kesuksesan Ronin dengan Angry Dynomites memberikan secercah harapan bagi masa depan teknologi blockchain dalam dunia game yang masih sangat besar dengan nilai pasar mencapai Rp 3.04 quadriliun ($185 miliar) .
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/ronin-network-bucking-60-crypto-163326556.html

Analisis Kami

"Ronin Network menunjukkan bahwa inovasi gameplay dengan token in-game sebagai insentif yang dapat diperdagangkan dapat menjadi model yang efektif untuk menjaga partisipasi pengguna. Ini berbeda dari model airdrop biasa yang cepat kehilangan minat, sehingga memberikan harapan baru bagi ekosistem GameFi yang sedang menurun."

Analisis Ahli

Osato Avan-Nomayo
"Pendekatan Ronin dengan Angry Dynomites melewati pendekatan tradisional GameFi yang gagal, menunjukkan potensi untuk inovasi dalam mekanisme insentif guna meremajakan pasar game berbasis blockchain."

Prediksi Kami

Jika Angry Dynomites terus mempertahankan dan meningkatkan keterlibatan pengguna, Ronin Network dapat pulih secara finansial dan menjadi pelopor kebangkitan pasar GameFi meskipun tren pasar saat ini sedang lesu.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang menyebabkan lonjakan pendapatan mingguan Ronin Network?
A
Lonjakan pendapatan mingguan Ronin Network disebabkan oleh meningkatnya aktivitas pengguna yang tertarik pada permainan Angry Dynomites.
Q
Apa itu Angry Dynomites dan bagaimana pengaruhnya terhadap Ronin Network?
A
Angry Dynomites adalah permainan kripto yang memungkinkan pemain menambang token sumber daya, dan telah menarik perhatian pengguna sejak diluncurkan, meningkatkan aktivitas di jaringan Ronin.
Q
Bagaimana keadaan Axie Infinity saat ini dibandingkan dengan puncaknya?
A
Axie Infinity mengalami penurunan signifikan, dengan jumlah pemain harian turun menjadi kurang dari 200.000 dari 2,7 juta saat puncaknya.
Q
Mengapa sektor GameFi mengalami penurunan meskipun ada upaya untuk memanfaatkan teknologi blockchain?
A
Sektor GameFi mengalami penurunan meskipun ada upaya untuk memanfaatkan blockchain karena volume GameFi turun hampir 60% dalam enam bulan terakhir.
Q
Apa yang membedakan Angry Dynomites dari peluncuran permainan kripto lainnya?
A
Angry Dynomites menggunakan sistem penghargaan dalam permainan yang dapat diperdagangkan, berbeda dari banyak permainan kripto lainnya yang mengandalkan airdrop token.

Artikel Serupa

Pendapatan Kraken Turun Meski Harga Kripto Naik, Ini SebabnyaYahooFinance
Finansial
1 bulan lalu
146 dibaca

Pendapatan Kraken Turun Meski Harga Kripto Naik, Ini Sebabnya

Robinhood Alami Penurunan Pendapatan Crypto, Dorong Inovasi TokenisasiYahooFinance
Finansial
1 bulan lalu
248 dibaca

Robinhood Alami Penurunan Pendapatan Crypto, Dorong Inovasi Tokenisasi

Biaya Tinggi Menjalankan Blockchain dan Transformasi Gnosis Menyambut Era Baru EthereumYahooFinance
Finansial
1 bulan lalu
287 dibaca

Biaya Tinggi Menjalankan Blockchain dan Transformasi Gnosis Menyambut Era Baru Ethereum

Kenapa Token Komputasi Terdistribusi Kurang Dihargai Dibanding CoreWeave?YahooFinance
Finansial
2 bulan lalu
235 dibaca

Kenapa Token Komputasi Terdistribusi Kurang Dihargai Dibanding CoreWeave?

Mengapa Token Jaringan Komputasi Terdistribusi Kurang Dihargai Dibanding CoreWeave dan GameFi?YahooFinance
Finansial
2 bulan lalu
215 dibaca

Mengapa Token Jaringan Komputasi Terdistribusi Kurang Dihargai Dibanding CoreWeave dan GameFi?

Tokenisasi Aset Dunia Nyata Dorong Pemulihan dan Inovasi Pasar Kripto GlobalCoinDesk
Finansial
7 bulan lalu
271 dibaca

Tokenisasi Aset Dunia Nyata Dorong Pemulihan dan Inovasi Pasar Kripto Global