Courtesy of YahooFinance
Meta Hapus Targeting Detail, AI Ambil Alih Segalanya untuk Iklan Lebih Efisien
Mengedukasi pembaca tentang perubahan signifikan dalam sistem targeting iklan Meta menuju otomatisasi penuh berbasis AI dan alasan di balik penghapusan opsi targeting detail manual untuk memperbaiki performa iklan.
18 Agt 2025, 03.59 WIB
64 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Meta akan mengotomatiskan penargetan iklan, meminimalkan opsi penargetan manual.
- Penggunaan AI dalam iklan dapat meningkatkan kinerja dan konversi.
- Pengiklan disarankan untuk lebih mempercayai sistem penargetan otomatis daripada penargetan manual.
global, Amerika Serikat - Meta, perusahaan besar di balik platform sosial media seperti Facebook dan Instagram, sedang memodernisasi cara iklan online mereka berfungsi. Mereka mengurangi opsi targeting detail yang biasa digunakan pengiklan untuk memilih audiens tertentu. Hal ini dilakukan agar iklan bisa lebih efektif dengan mempercayakan sistem AI Meta yang semakin pintar dalam memilih audiens secara otomatis.
Perubahan ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun lalu dan akan semakin besar pada tahun 2026, di mana opsi targeting manual yang sangat spesifik akan dihapus atau digabungkan. Meta ingin agar pengiklan lebih mengandalkan fitur otomatis yang disebut Advantage+ dan teknologi AI mereka yang terus diperbarui untuk memilih audiens terbaik tanpa perlu memilih manual.
Menurut data dari Meta, menggunakan AI untuk targeting iklan ini terbukti meningkatkan hasil iklan di Instagram dan Facebook dengan kenaikan konversi hingga 5% dan 3%. Selain itu, pengujian juga menunjukkan bahwa biaya per konversi iklan bisa turun hingga 22,6% ketika opsi targeting detail dihilangkan.
Ahli periklanan seperti Jon Loomer pun menyarankan agar pengiklan mulai mempercayakan sistem AI Meta daripada membuang waktu membuat pilihan targeting manual yang detail. Ini karena AI memiliki kapasitas untuk memahami dan menemukan audiens yang paling cocok secara lebih efisien dan tepat waktu.
Walaupun perubahan ini mungkin terasa menantang bagi mereka yang terbiasa mengatur iklan secara manual, Meta menegaskan bahwa sistem otomatis ini akan terus berkembang dan menjadi lebih andal. Pengiklan disarankan untuk mencoba menggunakan opsi targeting lebih luas serta alat otomatis yang disediakan Meta sebelum musim liburan guna memaksimalkan hasil iklan mereka.
--------------------
Analisis Kami: Peralihan ini menunjukkan bagaimana AI akhirnya mengambil alih aspek yang dulu dianggap memerlukan keahlian manusia dalam pemasaran digital. Namun, ada risiko bahwa pengiklan yang terlalu bergantung pada AI mungkin kehilangan kontrol dan pemahaman mendalam pada segmentasi pasar yang sangat spesifik.
--------------------
Analisis Ahli:
Jon Loomer: Meta’s evolving automated ad targeting process is likely to drive better performance for your ads than your own manual targeting, so you should trust Meta’s system to find the right audience for your promotions, even if you’re confident that you know these specifics.
--------------------
What's Next: Di masa depan, otomatisasi penuh dalam penargetan iklan oleh AI Meta akan membuat pengiklan semakin mengandalkan sistem AI tanpa perlu campur tangan manual, yang akan mengubah strategi pemasaran digital secara menyeluruh.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/meta-consolidating-more-detailed-ad-205954371.html
[1] https://finance.yahoo.com/news/meta-consolidating-more-detailed-ad-205954371.html
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang diumumkan oleh Meta mengenai iklan beberapa bulan yang lalu?A
Meta mengumumkan bahwa mereka akan sepenuhnya mengotomatisasi iklan, di mana pengguna hanya perlu memberikan URL.Q
Mengapa Meta menghapus opsi penargetan iklan yang lebih detail?A
Meta menghapus opsi penargetan yang lebih detail karena tidak banyak digunakan dan untuk meningkatkan kinerja iklan.Q
Siapa yang merekomendasikan untuk mengesampingkan minat dan perilaku dalam iklan?A
Jon Loomer merekomendasikan untuk mengesampingkan minat dan perilaku dalam penargetan iklan.Q
Apa hasil yang dilaporkan Meta terkait kinerja iklan setelah penggunaan AI?A
Meta melaporkan bahwa penggunaan AI meningkatkan konversi iklan sebesar 5% di Instagram dan 3% di Facebook.Q
Kapan perubahan penargetan iklan ini akan mulai diberlakukan?A
Perubahan penargetan iklan ini akan mulai berlaku pada 15 Januari 2026.