Courtesy of YahooFinance
Meta Hapus Targeting Detail, Dorong Iklan Otomatis Berbasis AI 2026
Mengedukasi pembaca bahwa Meta sedang beralih ke sistem iklan lebih otomatis dan berbasis AI, mengurangi opsi targeting manual, dan mendorong pengiklan untuk mempercayai teknologi AI Meta demi hasil iklan yang lebih efektif dan efisien.
18 Agt 2025, 03.59 WIB
52 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Meta sedang berupaya untuk mengotomatiskan proses periklanan dengan bantuan AI.
- Penghapusan opsi targeting yang lebih detail dapat meningkatkan kinerja iklan.
- Pengiklan disarankan untuk mempercayai sistem targeting Meta untuk hasil yang lebih baik.
tidak disebutkan - Meta sedang menghentikan beberapa opsi targeting iklan manual yang sangat detail dan mengubah fokus ke sistem iklan otomatis berbasis kecerdasan buatan (AI). Mereka percaya pendekatan ini akan memberikan hasil yang lebih baik dan efisien dalam menampilkan iklan kepada audiens yang tepat.
CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengatakan bahwa penggunaan AI sudah membantu meningkatkan efisiensi iklan hingga 5% di Instagram dan 3% di Facebook dengan sistem rekomendasi baru yang menggunakan banyak sinyal dan konteks yang lebih panjang.
Meta menghilangkan opsi targeting yang dianggap terlalu granular dan sensitif karena dinilai jarang digunakan dan bisa membatasi performa iklan. Ini bertujuan agar AI dapat bekerja secara optimal dengan opsi targeting yang lebih luas.
Para ahli seperti Jon Loomer menyarankan pengiklan lebih percaya pada AI Meta ketimbang memberi banyak input targeting manual karena sistem otomatis Meta lebih mampu menemukan audiens yang sesuai dan meningkatkan hasil kampanye.
Perubahan ini akan diberlakukan mulai 15 Januari 2026, dan semua iklan yang masih menggunakan opsi targeting lama akan berhenti berjalan. Pengiklan disarankan mulai mencoba opsi targeting lebih luas dan fitur Advantage+ Meta sebelum masa liburan untuk mendapatkan hasil terbaik.
--------------------
Analisis Kami: Perubahan ini menandai pergeseran besar dalam digital marketing, di mana pengiklan harus mulai melepaskan kontrol granular demi efisiensi yang ditingkatkan dari AI. Meski ada risiko kehilangan kendali spesifik, pendekatan ini akan membawa hasil yang lebih konsisten dan menghemat waktu dalam manajemen iklan.
--------------------
Analisis Ahli:
Jon Loomer: Menganjurkan pengiklan untuk mengurangi fokus pada targeting minat dan perilaku karena sistem AI Meta sudah cukup canggih untuk menemukan audiens yang tepat dengan lebih efektif daripada targeting manual.
--------------------
What's Next: Pengiklan akan semakin mengandalkan sistem otomatisasi berbasis AI milik Meta untuk mengelola kampanye iklan mereka dan perlahan meninggalkan metode targeting manual yang sangat spesifik, sehingga iklan akan lebih efisien namun kurang bisa dikustomisasi secara detail oleh pengiklan.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/meta-consolidating-more-detailed-ad-205954371.html
[1] https://finance.yahoo.com/news/meta-consolidating-more-detailed-ad-205954371.html
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang diumumkan oleh Meta terkait dengan iklan?A
Meta mengumumkan akan mengotomatiskan semua iklan, sehingga pengiklan hanya perlu memberikan URL.Q
Bagaimana AI berperan dalam iklan di Meta?A
AI berperan dalam meningkatkan efisiensi dan kinerja sistem iklan di Meta dengan menemukan audiens yang tepat.Q
Apa dampak dari penghapusan opsi targeting yang lebih detail?A
Dampak dari penghapusan opsi targeting yang lebih detail adalah untuk meningkatkan kinerja iklan dengan memungkinkan sistem Meta menemukan audiens yang lebih luas.Q
Siapa yang memberikan penjelasan tentang pentingnya targeting yang lebih luas?A
Jon Loomer adalah yang memberikan penjelasan tentang pentingnya mengutamakan targeting yang lebih luas.Q
Kapan konsolidasi opsi targeting ini akan mulai berlaku?A
Konsolidasi opsi targeting ini akan mulai berlaku pada 15 Januari 2026.