Courtesy of CNBCIndonesia
Teknologi Digital Memperkuat Sekolah Rakyat untuk Masa Depan Pendidikan Inklusif
Mendorong pemanfaatan teknologi digital dalam Sekolah Rakyat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan digital para pelajar, khususnya bagi kelompok masyarakat yang sebelumnya terpinggirkan.
22 Agt 2025, 18.54 WIB
50 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Sekolah Rakyat berperan penting dalam pendidikan masyarakat terpinggirkan.
- Teknologi digital diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan pelajar.
- Akses internet yang baik menjadi salah satu tantangan utama dalam transformasi pendidikan digital.
Jakarta, Indonesia - Sekolah Rakyat hadir sebagai solusi pendidikan bagi masyarakat yang selama ini kurang terjangkau oleh sistem formal. Program ini menjadi salah satu langkah strategis pemerintah untuk memberikan ruang belajar yang lebih inklusif dan memberdayakan kelompok marjinal.
Menurut ekonom Gundi Cahyadi, penting untuk mengintegrasikan teknologi digital dalam Sekolah Rakyat agar proses belajar lebih efisien dan menghasilkan kompetensi yang sesuai kebutuhan zaman, seperti menggunakan aplikasi Microsoft Office dan Canva.
Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) turut mendukung dengan menyediakan internet berkecepatan tinggi dan mengembangkan kurikulum digital yang mencakup pengenalan perangkat, coding, dan etika digital demi mendukung transformasi di Sekolah Rakyat.
Selain mendukung belajar tatap muka, teknologi juga membantu pembelajaran jarak jauh melalui Learning Management System (LMS), yang memungkinkan pelajar belajar mandiri dan terus berinteraksi secara digital.
Meski ada tantangan seperti ketimpangan akses internet di daerah terpencil, pemerintah optimis dengan pengawasan tata kelola yang baik, sistem pembayaran digital, dan dukungan teknologi akan meningkatkan kualitas dan inklusivitas pendidikan bagi semua anak Indonesia.
Referensi:
[1] https://www.cnbcindonesia.com/tech/20250822184845-37-660689/sekolah-rakyat-jadi-momentum-kemkomdigi-dorong-inklusivitas-digital
[1] https://www.cnbcindonesia.com/tech/20250822184845-37-660689/sekolah-rakyat-jadi-momentum-kemkomdigi-dorong-inklusivitas-digital
Analisis Kami
"Penerapan teknologi digital di Sekolah Rakyat sangat krusial untuk mengatasi kesenjangan pendidikan yang selama ini terjadi di Indonesia. Namun, tantangan utama ada pada akses internet yang belum merata, jadi pemerintah perlu terus fokus pada infrastruktur agar transformasi digital benar-benar inklusif dan efektif."
Analisis Ahli
Gundi Cahyadi
"Digitalisasi pendidikan adalah modal penting untuk masa depan para pelajar, asalkan tata kelola dan pengawasan transaksi digital diterapkan dengan baik agar tidak menimbulkan masalah."
Nezar Patria
"Transformasi digital harus menyertakan keterampilan praktis seperti coding dan etika digital agar generasi muda tidak hanya paham teknologi, tetapi juga bertanggung jawab."
Prediksi Kami
Dengan semakin kuatnya integrasi teknologi digital di Sekolah Rakyat, di masa depan kualitas pendidikan bagi kelompok marjinal akan meningkat signifikan, sehingga mereka dapat lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di era digital.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa itu Sekolah Rakyat?A
Sekolah Rakyat adalah lembaga pendidikan yang ditujukan untuk masyarakat yang terpinggirkan dari sistem pendidikan formal.Q
Mengapa teknologi digital penting untuk Sekolah Rakyat?A
Teknologi digital penting untuk meningkatkan efisiensi proses belajar-mengajar dan keterampilan pelajar.Q
Siapa Gundi Cahyadi dan apa pendapatnya tentang pendidikan?A
Gundi Cahyadi adalah seorang ekonom yang menganggap penerapan teknologi digital sebagai kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan.Q
Apa langkah yang diambil oleh Kementerian Komunikasi dan Digital untuk meningkatkan pendidikan?A
Kementerian Komunikasi dan Digital berencana menyediakan koneksi internet berkecepatan tinggi dan kurikulum keterampilan digital.Q
Apa tantangan yang dihadapi dalam penerapan teknologi digital di pendidikan Indonesia?A
Tantangan utama adalah belum meratanya akses internet, terutama di daerah terpencil.