Huawei Luncurkan Stasiun Supercharger 100 MW Pertama untuk Truk Listrik Berat
Courtesy of InterestingEngineering

Huawei Luncurkan Stasiun Supercharger 100 MW Pertama untuk Truk Listrik Berat

Memperkenalkan fasilitas supercharger inovatif berkapasitas 100 MW khusus untuk truk listrik berat yang memadukan teknologi pengisian cepat, energi terbarukan, dan sistem mikrogrid agar mempercepat elektrifikasi transportasi berat secara efisien dan ramah lingkungan.

24 Agt 2025, 18.41 WIB
43 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Fasilitas pengisian super cepat Huawei menandai era baru teknologi pengisian untuk truk listrik.
  • Infrastruktur ini memadukan energi terbarukan dengan teknologi pengisian untuk meningkatkan efisiensi energi.
  • Proyek ini berpotensi mengurangi emisi karbon secara signifikan dan mempromosikan keberlanjutan dalam logistik.
Beichuan, China - Huawei telah meluncurkan fasilitas pengisian daya supercharger berkapasitas 100 MW pertama di dunia yang dirancang khusus untuk truk listrik berat. Fasilitas ini berlokasi di Beichuan, China dan dibangun untuk mendukung logistik pengangkutan material di area pertambangan pasir dan kerikil.
Stasiun pengisian ini memiliki 18 tempat pengisian supercharging masing-masing berkapasitas 1,44 MW serta 108 tempat pengisian dengan kapasitas 600 kW. Dengan kemampuan melayani hingga 700 truk listrik per hari, fasilitas ini mampu menyediakan lebih dari 300.000 kWh energi setiap harinya.
Teknologi Megawatt Supercharging memungkinkan pengemudi menambah 99.78 km (62 mil) jarak tempuh hanya dalam waktu lima menit pengisian, sehingga mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan efisiensi operasional kendaraan berat. Ini juga memberi penghematan energi sekitar 0,21 USD per0.00 km (mil) atau sekitar 21.000 USD per tahun untuk setiap kendaraan.
Fasilitas ini juga dilengkapi dengan sistem mikrogrid yang menggabungkan energi surya dan penyimpanan energi cerdas. Sistem ini memungkinkan stasiun beroperasi dengan stabil dan andal, mendukung independensi dari jaringan listrik utama dan mengurangi tekanan pada jaringan saat beban puncak.
Selain itu, fitur Virtual Power Plant (VPP) yang diintegrasikan memungkinkan optimalisasi konsumsi energi terbarukan dan pengelolaan jadwal pengisian yang efisien secara biaya. Secara keseluruhan, proyek ini berkontribusi besar dalam mengurangi emisi karbon sekitar 45.000 ton setiap tahunnya dan menciptakan ekosistem energi yang lebih berkelanjutan.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/energy/china-huawei-worlds-first-100mw-charging

Analisis Kami

"Peluncuran fasilitas ini menandai lompatan besar dalam infrastruktur pengisian truk listrik yang sering kali tertinggal dibandingkan kendaraan ringan. Implementasi sistem mikrogrid yang cerdas dengan integrasi VPP adalah langkah paling maju yang bisa menginspirasi model pengisian ramah lingkungan di industri berat secara global."

Analisis Ahli

Dr. Li Wei (Ahli Energi Terbarukan)
"Integrasi energi terbarukan dengan supercharging berkapasitas tinggi menjadi kunci utama dalam mengurangi beban puncak pada jaringan listrik sekaligus mempercepat elektrifikasi kendaraan berat."
Prof. Zhang Ming (Spesialis Transportasi Listrik)
"Kecepatan pengisian dalam lima menit dengan kapasitas tinggi memungkinkan operasional armada kendaraan berat menjadi jauh lebih efisien dan bersaing dengan bahan bakar konvensional."

Prediksi Kami

Dengan kemajuan teknologi supercharging dan integrasi energi terbarukan ini, diperkirakan akan terjadi percepatan adopsi kendaraan listrik berat di seluruh China, yang akan memicu pembangunan lebih banyak fasilitas serupa dan berkontribusi signifikan terhadap pengurangan emisi karbon di sektor transportasi logistik.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang diluncurkan oleh Huawei?
A
Huawei meluncurkan fasilitas pengisian super cepat dengan kapasitas kelas 100 MW untuk truk listrik.
Q
Berapa kapasitas total fasilitas pengisian ini?
A
Kapasitas total fasilitas pengisian ini adalah 100 MW, dengan 18 bay pengisian super cepat dan 108 bay pengisian biasa.
Q
Bagaimana teknologi megawatt dapat menguntungkan pemilik truk?
A
Teknologi megawatt memungkinkan pemilik truk untuk menghemat sekitar $0.21 per mile, yang dapat menghasilkan penghematan tahunan sekitar $21,000 per kendaraan.
Q
Apa fungsi dari teknologi Virtual Power Plant (VPP) di stasiun ini?
A
Teknologi VPP memungkinkan stasiun ini untuk berinteraksi secara cerdas dengan jaringan listrik, mengoptimalkan konsumsi energi terbarukan dan menjadwalkan pengisian.
Q
Berapa banyak emisi karbon yang diperkirakan dapat dihemat setiap tahun?
A
Diperkirakan fasilitas ini dapat mengurangi emisi karbon sekitar 45,000 ton per tahun.

Artikel Serupa

SEVB Hadirkan Baterai EV Dengan Pengisian Ultra Cepat 5 MenitInterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
108 dibaca

SEVB Hadirkan Baterai EV Dengan Pengisian Ultra Cepat 5 Menit

China Luncurkan Truk Tambang Listrik Otonom Terbesar untuk Revolusi PertambanganInterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
74 dibaca

China Luncurkan Truk Tambang Listrik Otonom Terbesar untuk Revolusi Pertambangan

China Luncurkan Armada Truk Tambang Listrik Otonom Terbesar DuniaSCMP
Teknologi
3 bulan lalu
123 dibaca

China Luncurkan Armada Truk Tambang Listrik Otonom Terbesar Dunia

Xpeng Buka Stasiun Pengisian Supercepat Pertama di Hong Kong Bersaing dengan TeslaSCMP
Teknologi
5 bulan lalu
112 dibaca

Xpeng Buka Stasiun Pengisian Supercepat Pertama di Hong Kong Bersaing dengan Tesla

BYD Perkenalkan Teknologi Pengisian Baterai EV Terkencang di DuniaSCMP
Teknologi
5 bulan lalu
193 dibaca

BYD Perkenalkan Teknologi Pengisian Baterai EV Terkencang di Dunia

BYD Perkenalkan Teknologi Pengisian Cepat, Tantang Tesla di Dunia EVInterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
163 dibaca

BYD Perkenalkan Teknologi Pengisian Cepat, Tantang Tesla di Dunia EV